Mengenal Sosok Calum Scanlon, Debutan Teranyar Liverpool

Mendapat pujian dari Jurgen Klopp

Liverpool kerap mengorbitkan beberapa lulusan terbaik akademinya di kompetisi Liga Europa dan Piala Liga. Pemain-pemain seperti Jarell Quansah, Luke Chambers, dan Ben Doak mendapat kesempatan tampil bersama skuad utama di dua kompetisi tersebut. Terbaru, manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memberikan debut kepada pemain berusia 18 tahun, Calum Scanlon, saat menang 5-1 atas Toulouse dalam laga babak grup Liga Europa pada 26 Oktober 2023.

Scanlon biasa bermain di posisi bek kiri. Ia saat ini bermain di tim junior Liverpool U-21 yang berlaga di kompetisi Premier League 2. Scanlon tampil selama 24 menit ketika pertandingan melawan Toulouse.

Lalu, seperti apa sosok Scanlon? Berikut tiga hal unik seputar Calum Scanlon. Ia disebut-sebut akan menjadi aset berharga Liverpool untuk jangka panjang.

1. Sempat menimba ilmu di akademi Birmingham City

Mengenal Sosok Calum Scanlon, Debutan Teranyar LiverpoolCalum Scanlon (instagram.com/calumscanlon)

Scanlon mengawali perjalanannya sebagai pemain sepak bola dari akademi Birmingham City. Bahkan, ia sudah menjalani pendidikan di akademi Birmingham City sejak level U-10. Scanlon lalu mulai berlatih dengan tim U-18 saat usianya baru 14 tahun.

Dilansir The Athletic, staf akademi Birmingham City terkesan dengan sikap Scanlon. Ia dikenal sebagai anak muda yang selalu menunjukkan sopan santun serta menghormati siapapun baik kepada staf pelatih maupun rekan satu timnya. Scanlon juga digambarkan sebagai pemain yang mudah untuk dilatih dan memiliki semangat belajar tinggi. 

2. Liverpool membelinya dengan harga Rp966 juta

Mengenal Sosok Calum Scanlon, Debutan Teranyar LiverpoolCalum Scanlon (liverpoolfc.com)

Sikap, etos kerja, dan bakat yang Scanlon tunjukkan di akademi Birmingham City membuat beberapa klub tertarik untuk merekrutnya. Liverpool menjadi klub yang berhasil mendapatkan talenta muda kelahiran Birmingham pada 14 Februari 2005 itu. The Reds bahkan membayar Birmingham City untuk membeli Scanlon dengan harga sebesar 50 ribu pound sterling atau Rp966 juta pada Februari 2021.

Scanlon mengawali perjalanannya di Liverpool dengan masuk ke tim U-16 pada 2020/2021. Ia kemudian menandatangani kontrak profesional pertamanya saat bermain di tim U-21 pada Maret 2022. Manajemen Liverpool menilai performa Scanlon cukup impresif selama tampil reguler di FA Youth Cup dan UEFA Youth League 2021/2022.

3. Mendapatkan pujian dari Jurgen Klopp dalam laga debutnya

Mengenal Sosok Calum Scanlon, Debutan Teranyar LiverpoolCalum Scanlon (instagram.com/calumscanlon)

Scanlon akhirnya melakoni debutnya di tim senior Liverpool saat pertandingan babak grup Liga Europa melawan Toulouse pada 26 Oktober 2023. Ia masuk menggantikan Darwin Nunez pada babak kedua menit ke-66. Dilansir Goal dan 90min, Scanlon mendapatkan nilai 6/10 atas performanya selama tampil sebagai bek kiri di laga tersebut.

Penampilan Scanlon mendapatkan pujian dari manajer Liverpool, Jurgen Klopp, saat melakukan konferensi pers usai laga melawan Toulouse. Klopp menilai Scanlon sebagai pemain yang menarik dan sangat berbakat terutama saat bermain sebagai bek kiri. Ia berharap Scanlon bersama rekan-rekannya yang juga jebolan akademi Liverpool bisa menjadi ikon klub pada kemudian hari.

Perjalanan karier Scanlon masih cukup panjang. Ia saat ini masih berusia 18 tahun. Akan tetapi, pengalaman bermain bersama skuad utama Liverpool akan sangat berharga dalam mengasah kualitas permainannya. Scanlon cukup mempertahankan sikap rendah hati dan etos kerjanya yang sudah ia tunjukkan sejak di akademi Birmingham City. Dengan begitu, ia pelan-pelan akan mendapatkan kesempatan lagi untuk tampil di tim utama setidaknya dalam pertandingan piala domestik atau Liga Europa.

Baca Juga: Sesal Klopp Usai Liverpool Tekuk Union di Liga Europa

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya