4 Pemain Inggris yang Pensiun Dini sebelum Usia 30 Tahun

Perjalanan karier mereka penuh lika-liku

Baru-baru ini, Danny Drinkwater mengumumkan secara resmi bahwa dirinya pensiun dari sepak bola di usianya yang masih 33 tahun. Eks gelandang Leicester City dan Chelsea itu mengatakan bahwa dirinya berada dalam ketidakpastian setelah belum mendapatkan klub sejak kontraknya bersama Chelsea habis pada musim panas 2022. Ia juga jarang mendapatkan menit bermain dalam 5 tahun terakhir.

Pengumuman tersebut membuat media dan fans sepak bola Inggris terkejut. Pasalnya, usia Drinkwater masih 33 tahun dan secara fisik masih prima untuk bermain 2 sampai 3 tahun ke depan. Akan tetapi, Drinkwater merasa sudah waktunya ia mengundurkan diri dari sepak bola.

Drinkwater bukanlah satu-satunya pemain asal Inggris yang pensiun muda. Ada empat pemain Inggris yang gantung sepatu bahkan sebelum usianya 30 tahun. Kebanyakan dari mereka mengalami suatu masalah seperti cedera dan kehilangan hasrat dalam bermain sepak bola.

1. David Bentley kehilangan minat kepada sepak bola

https://www.youtube.com/embed/2V9rGjkyHbA

David Bentley menangis saat mengumumkan dirinya pensiun dari sepak bola di usianya yang ke-29 ketika wawancara bersama Sky Sports. Ia mengungkapkan bahwa sepak bola menjadi membosankan dan melelahkan baginya, terutama setelah adanya media sosial. Bentley juga ingin fokus kepada keluarganya serta bisnis kulinernya.

Bentley sempat dianggap sebagai salah satu gelandang berbakat terbaik yang dimiliki oleh Inggris. Ia merupakan jebolan akademi Arsenal, tetapi namanya mulai dikenal saat bermain untuk Blackburn Rovers setelah menorehkan 21 gol dan 22 assist dari 140 pertandingan. Sayangnya, performanya menurun saat membela Tottenham Hotspur dengan mencatat 5 gol dan 11 assist dari 62 laga di semua kompetisi.

2. Fabrice Muamba merelakan karier sepak bola demi kesehatan

4 Pemain Inggris yang Pensiun Dini sebelum Usia 30 TahunFabrice Muamba (arsenal.com)

Fabrice Muamba harus melepas karier sepak bolanya setelah mengalami masalah jantung. Pasalnya, ia pernah pingsan saat bermain untuk Bolton Wanderers dalam laga perempat final Piala FA 2009/2010. Muamba menerima saran dari dokter agar tidak lagi bermain sepak bola jika ingin memiliki kualitas hidup yang lebih baik dengan masalah jantungnya. Ia kemudian memutuskan gantung sepatu di usianya yang masih 24 tahun pada Agustus 2012.

Muamba merupakan pemain Inggris keturunan Kongo yang mengawali kariernya bersama akademi Arsenal. Ia mulai menunjukkan peningkatan performa saat membela Birmingham City pada 2006/2007. Muamba lalu pindah kepada Bolton Wanderers pada musim panas 2008. Klub tersebut menjadi yang terakhir bagi Muamba.

Baca Juga: Horor Christian Eriksen Mirip Tragedi Fabrice Muamba

3. Ryan Mason pensiun setelah mengalami cedera kepala

4 Pemain Inggris yang Pensiun Dini sebelum Usia 30 TahunRyan Mason (twitter.com/HullCity)

Ryan Mason harus menerima kenyataan dirinya tidak bisa lagi bermain sepak bola setelah mengalami cedera kepala. Insiden tersebut berawal saat Mason yang tengah membela Hull City mengalami benturan keras di kepalanya saat beradu dengan eks pemain Chelsea, Gary Cahill, ketika situasi tendangan pojok. Mason yang berusaha untuk dapat kembali bermain akhirnya memilih pensiun setelah dokter menyarankannya demikian.

Mason merupakan jebolan akademi Tottenham Hotspur. Ia menjalani masa peminjaman selama 5 kali sebelum bermain secara reguler di skuad utama Tottenham Hotspur. Mason kini bekerja sebagai asisten Ange Postecoglu di Tottenham.

4. Dean Ashton gantung sepatu setelah cedera engkel yang tidak kunjung sembuh

https://www.youtube.com/embed/hhsSloZsn04

Dean Ashton mengumumkan dirinya pensiun dari sepak bola saat usianya masih 26 tahun pada Desember 2009. Keputusannya sempat membuat heboh sepak bola Inggris karena ia merupakan striker berbakat. Ia bahkan sempat tampil impresif saat mampu mencetak 11 gol dari 35 penampilan bersama West Ham United pada 2007/2008. 

Akan tetapi, cedera engkel kambuhan memaksanya absen cukup lama pada 2008/2009. Ashton lalu gantung sepatu pada Desember 2009. Dilansir Sportsmail, ia mengungkapkan bahwa hidupnya tidak pernah sama sejak menerima tekel keras pada 2006. Ashton mengaku bahwa untuk menjalani kegiatan sehari-harinya saja sudah cukup berat apalagi bermain sepak bola. Ia kini bekerja sebagai komentator sepak bola.

Keempat pemain di atas mengalami berbagai masalah dalam karier sepak bolanya sebelum memutuskan pensiun. Cedera parah, penyakit kronis, dan kehilangan passion menjadi beberapa faktor yang menyebabkan empat pemain di atas gantung sepatu. Meski begitu, mereka tetap diingat sebagai pemain berbakat yang pernah meramaikan sepak bola Inggris khususnya English Premier League (EPL).

Baca Juga: 4 Eks Real Madrid yang Pensiun sebelum Usia 35 Tahun, Termasuk Hazard!

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya