3 Pencetak Gol Termuda Prancis di Laga Kompetitif Usai Perang Dunia II

Salah satunya berhasil menjadi juara Piala Dunia

Timnas Prancis selalu memiliki talenta muda yang mampu menciptakan rekor mentereng. Misalnya, Kylian Mbappe yang menorehkan rekor sebagai pemain termuda Prancis yang mencetak gol di final Piala Dunia. Pemain Paris Saint-Germain itu mencetak satu gol saat Les Blues menjuarai turnamen tersebut pada 2018.

Baru-baru ini, salah satu wonderkid Prancis memecahkan rekor dalam kemenangan Prancis 14-0 atas Gibraltar pada 18 November 2023. Warren Zaïre-Emery menjadi pencetak gol termuda Timnas Prancis usai Perang Dunia II saat mencetak satu gol ke gawang Gibraltar dalam laga Kualifikasi Euro 2024.

Penampilan impresif Zaïre-Emery di PSG mampu ia tunjukkan saat bermain untuk Les Bleus. Pencapaiannya itu membuat publik sepak bola Prancis optimistis akan masa depan tim nasional. Apalagi, dengan hadirnya pemain muda seperti Zaïre-Emery sebagai pencetak gol termuda.

Tercatat, ada tiga pemain Timnas Prancis yang menjadi pemain termuda yang menorehkan gol di pertandingan kompetitif usai Perang Dunia II.

1. Nicolas Anelka mencetak gol perdana untuk Les Bleus saat usianya 19 tahun

3 Pencetak Gol Termuda Prancis di Laga Kompetitif Usai Perang Dunia IINicolas Anelka (uefa.com)

Nicolas Anelka merupakan salah satu striker berbakat Prancis era pertengahan 2000-an. Ia sempat menduduki peringkat pertama sebagai pemain termuda yang mencetak gol di laga kompetitif usai Perang Dunia II. Ia berhasil menorehkan rekor tersebut saat Les Bleus mengalahkan Timnas Rusia 3-2 dalam laga Kualifikasi Euro 2000 pada Oktober 1998. Anelka yang bermain sejak menit awal membuka keunggulan Prancis dengan mencetak gol pada babak pertama menit ke-13. Jebolan akademi PSG itu menorehkan rekor tersebut saat usianya masih 19 tahun 6 bulan 26 hari.

Anelka total mencetak 14 gol dari 69 pertandingan di semua kompetisi bersama Timnas Prancis. Akan tetapi, ia memiliki catatan buruk dalam karier internasionalnya. Anelka pernah dikeluarkan dari Timnas Prancis saat bermain di Piala Dunia 2010. Sebab, ia terlibat konflik dengan manajer Les Bleus saat itu, Raymond Domenech.

Baca Juga: 5 Pemain Elite yang Pernah Gagal dalam Uji Coba, Ada Mbappe!

2. Kylian Mbappe memecahkan rekor Anelka dengan mencetak gol saat berusia 18 tahun

3 Pencetak Gol Termuda Prancis di Laga Kompetitif Usai Perang Dunia IIKylian Mbappe (uefa.com)

Kylian Mbappe sukses menggeser Nicolas Anelka sebagai pencetak gol termuda Timnas Prancis di laga kompetitif usai Perang Dunia II. Jebolan akademi AS Monaco itu menyumbang satu gol saat Les Bleus menang 4-0 atas Belanda dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Agustus 2017. Mbappe mencetak gol tersebut saat usianya baru 18 tahun 8 bulan 11 hari.

Mbappe lalu menorehkan rekor sebagai pemain termuda kedua setelah Pele yang merobek gawang lawan saat Piala Dunia. Ia turut menyumbang satu gol ketika Les Bleus mengalahkan Kroasia 4-2 dan meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Mbappe juga sukses menyabet penghargaan sebagai pemain muda terbaik dalam turnamen tersebut.

3. Warren Zaïre-Emery menjadi pencetak gol termuda Prancis ketika berumur 17 tahun

3 Pencetak Gol Termuda Prancis di Laga Kompetitif Usai Perang Dunia IIWarren Zaïre-Emery (fff.fr))

Warren Zaïre-Emery berhasil memecahkan dua rekor sekaligus. Ia mencetak satu gol ketika Prancis membantai Gibraltar dengan skor 14-0 di laga Kualifikasi Euro 2024 pada 18 November 2023. Zaïre-Emery masih berusia 17 tahun 8 bulan dan 10 hari saat menyumbang sebiji gol pada babak pertama di laga tersebut. Jebolan akademi PSG itu sukses menjadi pemain termuda yang mencetak gol di pertandingan kompetitif usai Perang Dunia II, menggeser rekan setimnya, Kylian Mbappe. 

Ia juga menjadi pemain termuda yang melakukan debut untuk Les Bleus usai Perang Dunia II. Zaïre-Emery memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Eduardo Camavinga saat pertama kali bermain untuk Timnas Prancis ketika usianya 17 tahun 9 bulan 29 hari. Sayangnya, Zaïre-Emery mengalami cedera tidak lama setelah menorehkan gol pertamanya itu.

Dari tiga pemain di atas, hanya Kylian Mbappe dan Warren Zaïre-Emery yang kini masih aktif bermain. Mbappe sudah membawa Les Bleus meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Sedangkan, Zaïre-Emery digadang-gadang akan menjadi bintang Timnas Prancis dan penerus Paul Pogba yang mendapatkan hukuman akibat kasus doping. Mbappe dan Zaïre-Emery juga diprediksi mampu membangun kemitraan apik di Euro 2024 karena sama-sama membela PSG pada 2023/2024. Mereka akan menjadi pemain kunci dalam perjuangan Les Bleus merengkuh gelar juara Euro yang ke-3.

Baca Juga: 11 Potret Warren Zaire-Emery, Wonderkid Potensial Paris Saint-Germain

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya