5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023

Debut Graham Potter yang kurang memuaskan 

Chelsea meraih hasil kurang memuaskan pada matchday kedua Grup E UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Bermain di Stamford Bridge, Kamis (15/9/2022) dini hari, Mason Mount dan kolega hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan RB Salzburg.

Sebagai tim tuan rumah, sudah selayaknya The Blues mendominasi pertandingan. Namun, mereka baru bisa mencetak gol melalui Raheem Sterling pada menit ke-48. Salzburg kemudian membalas berkat gol Noah Okafor pada menit ke-77.

Dari hasil imbang ini, hadir beberapa catatan menarik yang layak disimak. Berikut catatan Chelsea vs RB Salzburg pada matchday kedua UCL 2022/2023.

1. Chelsea torehkan catatan buruk 

5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023Skuad Chelsea berpose ketika menghadapi RB Salzburg pada matchday kedua Liga Champions 2022/2023. (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea memulai kompetisi Champions League 2022/2023 dengan performa yang buruk. Klub asal London Barat itu baru mengumpulkan 1 poin dari 2 pertandingan awal. Mereka kalah dari Dinamo Zagreb pada matchday pertama dan hanya mampu meraih hasil imbang menghadapi RB Salzburg pada laga berikutnya.

Dari performa buruk itu, The Blues untuk sementara waktu berada di dasar klasemen Grup E. Chelsea menyamai catatan buruk pada 1999/2000. Mereka saat itu juga gagal meraih kemenangan dalam dua pertandingan awal fase grup.

2. Raheem Sterling terlibat dalam 250 gol di level klub 

5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023Raheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Raheem Sterling tampil selama 84 menit saat Chelsea bersua RB Salzburg di UCL. Pemain asal Inggris itu tampil cukup baik sepanjang pertandingan dengan mampu menyumbang satu gol. Golnya itu sangat spesial karena menandai dirinya yang telah terlibat langsung dalam 250 gol di level klub.

Rinciannya, ia berhasil menorehkan 158 gol serta 92 assist. Sterling mencatatkan 23 gol dan 17 assist bersama Liverpool, 131 gol dan 74 assist untuk Manchester City, serta 4 gol dan 1 assist bersama Chelsea.

Baca Juga: Gol Debut Raheem Sterling untuk 3 Klub Berbeda

3. Raheem Sterling jadi pemain Inggris paling produktif kedua di Eropa

5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023Raheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Selain terlibat langsung dalam 250 gol di level klub, Raheem Sterling juga menorehkan rekor menarik lainnya setelah membobol gawang RB Salzburg. Ia kini menjadi pemain Inggris kedua yang paling produktif di kompetisi Eropa.

Pria berusia 27 tahun itu telah mencetak 25 gol di Champions League. Sterling hanya kalah dari legenda Manchester United, Wayne Rooney, yang mampu membukukan 30 gol di kompetisi Eropa.

4. Debut Graham Potter bersama Chelsea 

5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023Graham Potter (twitter.com/OfficialBHAFC)

Graham Potter menandai debutnya sebagai pelatih Chelsea dengan hasil yang kurang memuaskan. Bermain di kandang sendiri melawan RB Salzburg, pelatih berusia 47 tahun itu hanya mampu mempersembahkan satu poin untuk publik Stamford Bridge.

Ada hal menarik dari pertandingan debut Potter bersama The Blues di UCL. Ia memainkan pakem 4-3-3. Padahal pelatih asal Inggris ini dikenal selalu menggunakan skema 3-4-2-1 saat menangani Brighton & Hove Albion.

Tidak kalah mengejutkannya, Graham Potter memilih menduetkan dua bek gaek dalam laga tersebut, yakni Thiago Silva dan Cesar Azpilicueta. Ia mencadangkan dua bek baru, Kalidou Koulibaly dan Wesley Fofana.

5. Noah Okafor mulai mencuri perhatian 

5 Catatan Chelsea vs RB Salzburg pada Matchday Kedua UCL 2022/2023Noah Okafor (twitter.com/RedBullSalzburg)

Nama Noah Okafor mulai dikenal banyak orang sejak musim lalu. Ia tampil cukup baik bersama RB Salzburg di Champions League. Bahkan, sang striker sempat mencetak dua gol ke gawang VfL Wolfsburg musim lalu.

Pada 2022/2023 ini, performa Okafor masih impresif di kompetisi Eropa. Ia tercatat sudah menorehkan 2 gol dari 2 pertandingan awal fase grup. Golnya ke gawang Chelsea sangat penting karena menghindarkan Salzburg dari kekalahan.

Chelsea harus tampil lebih baik lagi pada pertandingan berikutnya jika masih ingin lolos ke babak gugur UCL. Namun, usaha mereka tidak akan mudah karena harus menghadapi AC Milan pada matchday ketiga. RB Salzburg sendiri akan menjamu Dinamo Zagreb.

Baca Juga: Graham Potter: Sebelumnya Saya Tak Pernah Hadiri Laga Liga Champions

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya