5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada Haaland

Apakah keputusan mereka tepat menolak The Three Lions?

Seperti halnya negara-negara lain, Inggris juga membuka pintu lebar-lebar bagi para pemain keturunan untuk bisa bermain di tim nasional. Sejauh ini, sudah ada beberapa pemain keturunan yang berseragam The The Lions, seperti Raheem Sterling (Jamaika) dan Jack Grealish (Republik Irlandia) yang keduanya bakal bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski begitu, ternyata ada beberapa pemain keturunan yang memilih jalan berbeda dengan kedua pemain tersebut. Berikut kelima pemain keturunan yang menolak membela Timnas Inggris.

1. Erling Haaland 

5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada HaalandErling Haaland (twitter.com/ManCity)

Erling Haaland sejatinya bisa membela Timnas Inggris. Pasalnya, ia lahir di Leeds ketika ayahnya, Alf-Inge Haaland, bermain untuk The Whites. Haaland kecil tinggal di Leeds hingga usianya tiga tahun.

Setelah itu, ia dan keluarga besarnya pindah ke Bryne, Norwegia. Karena merasa besar di sana, Haaland akhirnya memilih membela Timnas Norwegia ketimbang Inggris. Sayangnya, pada Piala Dunia 2022, kita tidak bisa melihat aksi Haaland karena Timnas Norwegia gagal lolos ke Qatar.

2. Gareth Bale 

5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada HaalandGareth Bale (lafc.com)

Gareth Bale lahir dan dibesarkan di Cardiff, Wales. Meski begitu, ia ternyata memiliki darah Inggris. Keturunan Inggris didapatkan Bale dari sang nenek yang lahir di Inggris.

Walau memiliki kesempatan membela Timnas Inggris, Bale tetap memilih Timnas Wales atas dasar cinta. Kini, berkat kontribusi besarnya, The Dragons berhasil menembus Piala Dunia 2022. Catatan tersebut sungguh luar biasa mengingat Wales terakhir kali tampil di ajang empat tahunan itu pada edisi 1958.

Baca Juga: 5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada Maguire

3. Simone Perrotta 

5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada HaalandSimone Perrotta (twitter.com/Azzurri_En)

Simone Perrotta dikenal sebagai salah satu pemain yang berhasil mengantarkan Timnas Italia juara Piala Dunia 2006. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Perrotta sebenarnya lahir di Inggris, tepatnya di Ashton-under-Lyne di sebelah timur Manchester.

Di kota tersebut, Perrotta bahkan dibuatkan patung di luar Stadion Tameside karena berhasil meraih gelar Piala Dunia. Patung Perrotta berjejer dengan patung Sir Geoff Hurst dan Jimmy Armfield. Mereka bertiga dibuatkan patung karena berjasa membuat kota kelahirannya, Ashton-under-Lyne, dikenal lebih banyak orang.

4. Mikel Arteta 

5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada HaalandMikel Arteta (twitter.com/Arsenal)

Mikel Arteta hampir menjadi bagian dari Timnas Inggris pada awal tahun 2000-an. Namun, aturan FIFA yang tidak jelas membuat Arteta pada akhirnya gagal berseragam The Three Lions.

Padahal, Arteta dan FA Inggris sudah bekerja sama dalam waktu yang cukup lama untuk mengubah status kewarganegaraannya. Di sisi lain, Arteta saat itu juga belum dilirik oleh Timnas Spanyol.

5. Jamal Musiala 

5 Bintang yang Seharusnya Bisa Membela Timnas Inggris, Ada HaalandJamal Musiala (twitter.com/DFB_Team_EN)

Jamal Musiala lahir di Stuttgart, Jerman, pada 26 Februari 2003. Ia memiliki ayah berdarah Nigeria dan ibu berdarah Jerman. Menariknya, Musiala menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di London, Inggris.

Sang pemain sempat menimba ilmu di akademi Southampton dan Chelsea. Performa impresif di tim akademi membuatnya masuk ke Timnas Inggris kelompok umur. Namun, Musiala pada akhirnya memutuskan membela Timnas Jerman senior pada Maret 2021 lalu.

Sederet pemain bintang tersebut tentu memiliki pertimbangan tersendiri untuk tidak memilih Timnas Inggris. Apakah keputusan mereka tepat menolak The Three Lions?

Baca Juga: 5 Pemain paling Senior di Skuad Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya