Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier League

Ada dua nama yang masih aktif membela Liverpool

Liverpool merupakan salah satu klub terbesar dan terbaik di kompetisi Premier League. Tim yang bermarkas di Anfield itu telah memenangi banyak sekali gelar juara, baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Semua itu tidak terlepas dari kontribusi para pemain andalannya yang selalu memberikan performa terbaik setiap laga.

Khusus di ajang Premier League, Liverpool baru saja meraih trofi pada musim 2019/2020 setelah puasa gelar selama 30 tahun. Berkat prestasi yang gemilang itu, beberapa pemain aktif Liverpool saat ini dianggap sebagai sosok hebat yang memberikan pengaruh besar terhadap klub. Berikut ini lima pemain terbaik The Reds dalam sejarah Premier League.

1. Steven Gerrard 

Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier LeagueSteven Gerrard. (eurosport.com)

Steven Gerrard bisa dibilang sebagai salah satu legenda terbaik dalam sejarah Liverpool. Setelah lulus dari akademi pada tahun 1998, sang gelandang menghabiskan waktunya selama 17 musim di Anfield. Ia total membukukan 710 pertandingan dan menciptakan 186 gol serta 143 assist. Salah satu penampilan terbaik Gerrard bersama Liverpool tercipta pada musim 2004/2005.

Ketika itu ia berhasil mengantarkan Liverpool meraih gelar juara Liga Champions. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama bagi Liverpool dalam kompetisi tersebut dalam 20 tahun terakhir. Sayangnya, Gerrard gagal memenangi trofi Premier League selama berseragam The Reds. Meski demikian, ia setidaknya berhasil mempersembahkan total 9 trofi untuk Liverpool.

2. Mohamed Salah 

Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier LeagueMohamed Salah. (eurosport.com)

Mohamed Salah bergabung dengan Liverpool dari klub Serie A, AS Roma, pada tahun 2017. Di musim debutnya, pemain asal Mesir itu tampil sangat sensasional dengan membukukan 44 gol di semua kompetisi. Performanya yang impresif itu membuatnya memenangi sepatu emas Premier League.

Di musim-musim berikutnya, Salah selalu konsisten menciptakan 20 gol lebih setiap tahunnya. Sejauh ini ia sudah memenangi total empat trofi bersama Liverpool, termasuk 1 gelar Liga Champions dan 1 trofi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Top EPL yang Pernah Membela AS Roma, Ada Mohamed Salah!

3. Luis Suarez 

Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier LeagueLuis Suarez. (eurosport.com)

Luis Suarez telah membuktikan dirinya selama bertahun-tahun sebagai salah satu penyerang terbaik bagi Liverpool di Premier League. Pemain asal Uruguay itu memang hanya membela The Reds selama 3,5 musim, tetapi ia memberikan kontribusi yang sangat nyata. Di enam bulan pertamanya, Suarez terlihat kesulitan dengan hanya bisa mencetak 4 gol saja.

Namun, setelah itu sang penyerang berhasil menemukan performa terbaiknya. Musim 2013/2014 menjadi tahun terbaik Suarez bersama Liverpool karena ia sukses menciptakan 31 gol dan nyaris mengantarkan tim meraih gelar juara Premier League. Meskipun mencetak lebih dari 80 gol di semua kompetisi, Suarez meninggalkan Liverpool pada 2014 setelah hanya memenangi Piala Liga Inggris.

4. Robbie Fowler 

Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier LeagueRobbie Fowler. (sportsbeezer.com)

Robbie Fowler merupakan pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang sejarah di kompetisi Premier League. Melakukan debut pada usia 18 tahun, Fowler dengan cepat menunjukkan hal-hal yang luar biasa dan langsung digemari oleh para pendukung Liverpool. Fowler mencetak 18 gol di musim debutnya untuk Liverpool, hanya tertinggal satu gol dari legenda klub, Ian Rush, yang menjadi pencetak gol terbanyak.

Setelah itu, Fowler menciptakan 30 gol lebih selama tiga musim berturut-turut. Akan tetapi, masalah cedera membuat kariernya sempat terhambat. Selama bertugas di Liverpool, Fowler mencetak 183 gol untuk klub dengan 162 gol di antaranya datang di Premier League. Fowler memang tidak pernah berhasil meraih gelar Premier League di Liverpool, tetapi ia berhasil memenangi 1 Piala FA, 2 Piala Liga Inggris, 1 Liga Europa, 1 dan Piala Super UEFA.

5. Virgil van Dijk 

Legenda! 5 Pemain Terbaik Liverpool dalam Sejarah Premier LeagueVirgil van Dijk. (skysports.com)

Virgil van Dijk bergabung dengan Liverpool pada Januari 2018 dengan biaya yang sangat mahal, yaitu 85 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun. Nominal tersebut sempat membuat pemain asal Belanda itu menjadi bek termahal sedunia. Setelah kedatangannya, van Dijk berhasil mengubah lini pertahanan Liverpool menjadi sangat solid.

Ia langsung mampu mengantarkan tim mencapai laga final di Liga Champions pada musim pertamanya. Sayangnya, Liverpool saat itu harus kalah 1-3 dari Real Madrid. Van Dijk kemudian membantu Liverpool lagi mencapai final Liga Champions pada musim berikutnya, kali ini melawan Tottenham Hotspur. Liverpool menang 2-0 dengan van Dijk terpilih sebagai Man of the Match. Sejauh ini sang pemain sudah meraih total 4 trofi selama di Anfield.

 

Itulah lima pemain terbaik Liverpool dalam sejarah Premier League. Dari nama-nama tersebut, tercatat hanya menyisakan Mohamed Salah dan Virgil van Dijk yang masih bermain untuk Liverpool musim ini.

Baca Juga: Menakar Kehebatan Ibrahima Konate, Tandem Baru Van Dijk di Liverpool

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya