Comscore Tracker

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? 

Angka 7 menjadi nomor andalan bagi sejumlah pemain 

Dalam permainan sepak bola, nomor 7 biasanya lebih identik dengan pemain yang berposisi sebagai penyerang atau sayap. Angka tersebut dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam sebuah tim. Karena biasanya, pemain yang menggunakan nomor tersebut memiliki peran dan skill yang menonjol dari pemain lain.

Sepanjang sejarahnya, terdapat sejumlah pemain hebat yang identik dengan nomor 7. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Cristiano Ronaldo 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? givemesport.com

Angka 7 dan Cristiano Ronaldo merupakan satu kesatuan yang hampir tidak bisa dipisahkan. Bisa dibilang, Ronaldo merupakan pemain terbaik yang pernah menggunakan nomor 7. Ia hanya 2 musim tidak menggunakan angka tersebut, yakni saat bermain dengan Sporting Lisbon dan di musim debutnya bersama Real Madrid.

Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions itu dikenal sebagai pemain yang mumpuni dalam menggiring bola dan tendangan bebas. Seiring kemajuan kariernya, ia pun sekarang bertransformasi sebagai penyerang tengah. Untuk torehan trofi, Ronaldo tak perlu diperdebatkan lagi. Hampir semua trofi bergengsi pernah ia raih, kecuali Piala Dunia FIFA.

2. Garrincha 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? goal.com

Manuel Francisco dos Santos, atau sering dikenal dengan nama Garrincha merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola yang menggunakan nomor 7. Bermain sebagai sayap kanan, ia sering kali memperdaya bek-bek lawan dengan serangkaian trik dan tipuan yang menakjubkan.

Dengan absennya Pele di Piala Dunia 1962, Garrincha memainkan peran penting dalam mempertahankan gelar tertinggi antarnegara itu. Di level klub, ia menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Botafogo. Namun, ia lebih terkenal karena menjadi duet yang baik bersama Pele.

3. George Best 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? footballandmusic.co.uk

Pemain satu ini mungkin tidak terlalu familier di kalangan penggemar sepak bola modern. Maklum, ia merupakan pemain terbaik era 70 hingga 80-an. Best terkenal sebagai salah satu pemain yang sering berganti klub.

Tim terbaik yang pernah dibelanya adalah raksasa Inggris, Manchester United. Di Old Trafford itu, ia menjadi salah satu pemain yang terbaik dengan nomor 7. Total, 6 gelar berhasil ia raih selama satu dekade bermain untuk Manchester United.

4. Bastian Schweinsteiger 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? skysports.com

Meski tak pernah menggunakan nomor 7 di Bayern Munchen, Bastian Schweinsteiger mampu tampil menjanjikan kala menggunakan angka itu bersama Timnas Jerman. Ia memiliki tugas yang sedikit berbeda dibandingkan para pemain lain yang menggunakan angka 7. Schweinsteiger merupakan pemain yang mengatur ritme permainan dan memutus serangan lawan.

Uniknya, ia selalu menggunakan nomor 31 ketika bermain untuk klub, baik bersama Bayern Munchen, Manchester United maupun Chicago Bulls. Hampir semua trofi bergengsi pernah Schweinsteiger raih, termasuk Piala Dunia FIFA dan Liga Champions.

5. Luis Figo 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? sportball.es

Sepanjang kariernya, Luis Figo selalu menggunakan nomor 7, kecuali saat bermain untuk Real Madrid. Ia memulai karier sepak bolanya di Sporting Lisbon dan menjadi pemain yang istimewa. Alhasil, ia pun diboyong oleh Barcelona di musim panas 1995.

Setelah tampil menjanjikan di Barca, ia membuat keputusan kontroversial dengan bergabung bersama sang rival, Real Madrid. Meski tak menggunakan nomor 7 di Madrid, ia tetap tampil apik dan mampu mengantarkan Los Blancos meraih beberapa trofi. Ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Inter Milan dan kembali menggunakan nomor 7.

Baca Juga: Daftar Pemain Terbaik Pemilik Nomor Punggung 7 Manchester United

6. Eric Cantona 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? premierleague.com

Karier Eric Cantona pertama kali meledak saat membela Leeds United. Ia menjadi bagian penting tim yang berhasil menjuarai Liga Inggris di musim 1991/92. Karena menjadi pemain paling menonjol, ia kemudian direkrut oleh Manchester United di musim berikutnya.

Bersama Manchester United, Cantona kembali menggunakan nomor punggung 7. Ia dengan cepat menjadi pemain yang diidolakan oleh pendukung Setan Merah. Total, 61 gol dan 81 assist berhasil ia persembahkan selama empat setengah musim. Tak hanya itu, Cantona juga mampu meraih 11 trofi.

7. David Beckham 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? bbc.co.uk

David Beckham dikenal sebagai pemain yang memiliki umpan ciamik dan tendangan bebas yang melengkung. Tak membingungkan jika ia dipercayai untuk menggunakan nomor punggung 7. Ia mewarisi angka tersebut saat usianya menginjak 21 tahun dari Eric Cantona.

Beckham memang tak menggunakan nomor 7 ketika bermain di Real Madrid. Namun kontribusinya juga sangat baik. Sepanjang kariernya, ia mampu menciptakan 65 gol dari tendangan bebas, di mana 29 gol untuk Manchester United dan 14 gol untuk  Real Madrid.

8. Kevin Keegan 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? liverpoolfc.com

Kevin Keegan menjadi salah satu pemain yang sangat berprestasi bersama Liverpool. Selama 6 musim bermain bersama The Reds, ia berhasil memenangi 11 gelar, termasuk 3 trofi Liga Inggris. Tak mengherankan jika sang pemain itu dianugerahi nomor punggung 7 di Liverpool.

Selain bermain sebagai ujung tombak tim, Keegan juga sering dimainkan di posisi sayap oleh Bill Shankly, pelatih legendaris Liverpool. Setelah meraih semuanya bersama Liverpool, Keegan melanjutkan kariernya bersama tim Jerman, Hamburger SV.

9. Franck Ribery 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? squadnumbers.com

Franck Ribery menjadi bagian Bayern Munchen pada musim panas 2007. Ia mewarisi nomor punggung 7 dari Mehmet Scholl yang pensiun. Sempat diragukan awal kedatangannya, pemain asal Prancis itu mampu menunjukkan kualitasnya di atas lapangan.

Di musim debutnya, ia berhasil mencatatkan 11 gol dan meraih gelar Bundesliga serta DFB Pokal. Ribery juga menjadi pemain non-Jerman kedua yang berhasil memenangi penghargaan pemain terbaik Jerman. Setahun setelahnya, Ribery dipertemukan dengan Arjen Robben dan sekaligus menjadikan mereka berdua sebagai salah satu duet sayap terbaik di dunia.

10. Raul Gonzalez 

10 Pemain Terbaik Pengguna Jersey Nomor 7 Sepanjang Masa, Siapa Saja? marca.com

Raul Gonzalez merupakan legenda Real Madrid sekaligus menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah menggunakan nomor punggung 7. Pemain asal Spanyol itu menjadi pewaris nomor 7 dari Emilio Butragueno yang meninggalkan tim pada tahun 1995. Saat pertama kali menggunakan angka tersebut, usia Raul masih sangat muda, yakni 17 tahun.

Selama satu setengah dekade, ia berhasil menciptakan 323 gol untuk Real Madrid. Capaian itu sempat menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak El Real sebelum akhirnya dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo. Raul berhasil meraih 6 trofi LaLiga dan 3 gelar Liga Champions selama kariernya di Madrid.

Dengan skill olah bola yang mumpuni, tak mengherankan jika para pemain tersebut diberi ‘hadiah’ dengan salah satu nomor punggung terbaik dalam sepak bola. Dari sekian nama tersebut, siapa lagi pemain lain yang mampu tampil baik dengan menggunakan nomor 7?

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik Portugal di Era Modern, Siapa Selain CR7?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya