8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020

Greatest of all Time!

Cristiano Ronaldo telah menunjukkan kelasnya di Piala Eropa 2020 sejauh ini. Pria berusia 36 tahun itu hampir seorang diri berhasil membawa Portugal melaju ke babak 16 besar. Dari 3 laga yang sudah dilalui, sang pemain telah membukukan 5 gol yang membuatnya memimpin daftar top skor untuk sementara.

Selain itu, ada juga beberapa catatan istimewa yang dibuat oleh CR7 di babak fase grup. Berikut ini 8 rekor yang berhasil diciptakan sang penyerang di Piala Eropa 2020.

1. Berhasil bermain di 5 edisi Piala Eropa 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (90min.com)

Pemain berusia 36 tahun ini berhasil menjadi pesepak bola pertama yang mampu tampil di lima edisi Piala Eropa berbeda. Ia sudah melakoni Piala Eropa tahun 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020. Pencapaian terbaik sang pemain adalah berhasil mengantarkan Portugal juara pada edisi 2016.

2. Mampu mencetak gol di 5 edisi Piala Eropa  

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (goal.com)

Selain mampu tampil di 5 ajang Piala Eropa yang berbeda, Cristiano Ronaldo juga sukses menjadi pemain pertama yang berhasil mengemas gol di lima edisi tersebut. Ia mampu membukukan 2 gol pada tahun 2004, 1 gol pada tahun 2008, 3 gol pada tahun 2012, 3 gol lagi pada tahun 2016, dan 5 gol di Piala Eropa 2020 sejauh ini.

3. Pemain tertua yang mencetak 2 gol sekaligus 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (beinsports.com)

Meski usianya sudah menginjak 36 tahun, Ronaldo ternyata masih sangat produktif di depan gawang lawan. Buktinya, ia mampu membukukan 2 gol sekaligus ketika melawan Hungaria dalam kemenangan 3-0. Catatan tersebut membuat dirinya menjadi pesepak bola tertua yang mampu mencetak 2 gol sekaligus pada satu pertandingan di Piala Eropa.

4. Pertandingan terbanyak di Piala Eropa 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (tribune.com)

Karena sudah tampil di Piala Eropa sejak tahun 2004, tentu saja tidak mengherankan jika Ronaldo saat ini berstatus sebagai pemain dengan penampilan terbanyak. Sejauh ini ia sudah menciptakan 24 pertandingan di turnamen antarnegara Benua Biru itu. Terbaru, sang pemain membela Portugal ketika melawan Prancis di pertandingan ketiga grup.

Baca Juga: Dasar Iseng, Cristiano Ronaldo Siram Kepala Pepe Pakai Air Dingin

5. Pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (skysports.com)

Dua gol yang diciptakan Ronaldo ketika berjumpa dengan Prancis semakin mempertegas bahwa ia merupakan penyerang yang sangat hebat. Dengan tambahan 2 gol tersebut, sang pemain total sudah mencetak 14 gol. Catatan itu membuat Ronaldo melewati torehan dari legenda Prancis, Michel Platini, yang mengoleksi 9 gol.

6. Meraih kemenangan terbanyak di Piala Eropa 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (90min.com)

Selain berhasil mencatatkan pertandingan terbanyak di Piala Eropa, Ronaldo juga sukses membuat rekor lain, yaitu meraih kemenangan terbanyak. Dari 24 laga yang sudah dijalani bersama Portugal, ia berhasil meraih kemenangan sebanyak 14 kali. Sementara itu, 4 laga berakhir dengan imbang dan 6 kali menderita kekalahan.

7. Berhasil menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dan Piala Eropa 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (90min.com)

Jika gol Cristiano Ronaldo dijumlah pada ajang Piala Dunia dan Piala Eropa, ia sudah menciptakan total 21 gol. Catatan itu menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Ia juga berhasil melewati torehan dari legenda Jerman, Miroslav Klose, yang membukukan 19 gol.

8. Pencetak gol terbanyak di level internasional 

8 Rekor yang Berhasil Diciptakan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo. (skysports.com)

Cristiano Ronaldo akhirnya bisa menyamai rekor milik legenda Iran, Ali Daei, dengan menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional, yaitu 109 gol. Rekor itu diciptakan sang pemain ketika membukukan 2 gol saat melawan Prancis di pertandingan ketiga Piala Eropa 2020. Catatan tersebut tentu sangat istimewa, terlebih lagi Ronaldo bermain di level Eropa yang jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Asia.

 

Itulah 8 rekor yang berhasil dipecahkan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020. Jadi, rekor apa lagi yang bakal diciptakan oleh sang pemain?

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Momen Reuni Cristiano Ronaldo

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya