Comscore Tracker

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!

Beberapa fans berharap mereka bisa menjaga gawang lagi, lho!

Premier League merupakan format baru dalam kasta sepak bola teratas di Inggris. Format Premier League pertama kali digunakan pada musim 1992/1993 dan masih digunakan hingga saat ini. Premier League tiap musimnya selalu menghadirkan sajian sepak bola yang menarik, tak terkecuali aksi gemilang dari para pemain, khususnya penjaga gawang.

Kini kita mengenal nama-nama kiper terbaik di Premier League seperti David de Gea, Alisson Becker, dan Ederson Moraes. Namun, para kiper pendahulu mereka ini tak kalah mentereng hingga digadang-gadang sebagai deretan kiper terbaik di sepanjang sejarah perhelatan Premier League, lho!

Siapa sajakah mereka? Langsung kita simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Peter Schmeichel

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret Peter Schmeichel (extra.ie)

Kiper legendaris asal Denmark, Peter Schmeichel menghabiskan 7 musim bersama Manchester United. Salah satu musim terbaik Peter Schmeichel adalah pada musim 1998/1999, dimana ia membawa Manchester United meraih treble winners.

Legenda Liverpool, John Barnes menyebut Schmeichel sebagai salah satu penjaga gawang terhebat sepanjang masa dan ia layak mendapat pujian tinggi. Ayah dari Kasper Schmeichel ini mencatatkan 252 pertandingan Premier League bersama Manchester United dan berhasil meraih cleansheets dalam 113 pertandingan selama 7 musim kariernya di Premier League.

2. Petr Cech

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret Petr Cech (africatopsports.com)

Petr Cech bermain untuk Chelsea dan Arsenal di ajang Premier League. Ia juga menjadi penjaga gawang pertama yang memenangkan Golden Gloves Premier League bersama dua klub yang berbeda.

Cech pensiun pada akhir musim 2018/2019 lalu. Selama berkarier di Premier League, Cech berhasil meraih catatan 207 laga tanpa kebobolan. Cech juga memegang rekor degan 1.025 menit tanpa kebobolan saat The Blues memenangkan gelar Premier League pertama mereka.

3. David Seaman

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret David Seaman (dispensablesoccer.com)

David Seaman memenangkan Premier League sebanyak dua kali bersama Arsenal dan telah tampil bersama The Three Lions sebanyak 77 kali.

Catatan David Seaman di Premier League juga terbilang sangat baik. Dari 344 pertandingan yang ia jalani, baik bersama Arsenal dan Manchester City, Seaman sukses mencatatkan 145 cleansheets dan 290 kali kebobolan.

4. Edwin Van Der Sar

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret Edwin van der Sar (mirror.co.uk)

Sir Alex Ferguson sudah mengincar Van Der Sar sebagai pengganti Peter Schmeichel, bahkan saat Van Der Sar masih bermain untuk Fulham. Setelah bergabung dengan Manchester United pada 2005/2006, Van Der Sar memenangkan 4 gelar Premier League dan 1 gelar Liga Champions.Van Der Sar menjadi pemain tertua yang memenangkan Premier League yakni pada musim 2010/2011 lalu.

Di ajang Premier League, Van Der Sar membuat 313 penampilan, baik bersama Fulham dan Manchester United. Dari catatn tersebut, ia berhasil mencatatkan 136 laga tanpa kebobolan.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

5. David James

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret David James (independent.co.uk)

David James memegang rekor di Premier League dalam hal cleansheets terbanyak dengan 169 kali selama 17 tahun kariernya sebelum akhirnya dipecahkan oleh Petr Cech. David James memiliki keunggulan di postur tubuhnya yang tinggi, yakni 1,93 meter yang tentu membuatnya lebih mudah dalam memenangkan bola-bola udara.

Di ajang Premier League, James tampil dalam 572 laga untuk banyak klub, mulai dari Liverpool, Aston Villa, West Ham United, Manchester City, dan Portsmouth FC. Selama berkarier James sukses mencatatkan 172 laga tanpa kebobolan.

6. Pepe Reina

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret Pepe Reina (liverpoolecho.co.uk)

Pepe Reina adalah penjaga gawang pertama yang memenangkan penghargaan Golden Gloves Premier League untuk cleansheet terbanyak tiga kali berturut-turut. Reina memiliki ikatan yang erat dengan pelatih Rafel Benitez, yang sama-sama berasal dari Spanyol. Mereka pernah bekerja sama di Liverpool.

Khusus di ajang Premier League, Reina hanya memperkuat dua klub saja, yakni Liverpool dan Aston Villa. Reina mencatatkan 136 kali cleansheets selama 297 laga Premier League yang ia lakoni, baik bersama Liverpool dan Aston Villa.

7. Shay Given

7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Premier League, Deretan Legenda!potret Shay Given (eurosport.com)

Shay Given merupakan kiper ternama asal Irlandia. Given menutupi kekurangan postur tubuhnya dengan kelincahan dan refleksnya yang sangat cepat. Ia merupakan salah satu kiper terlama yang pernah berkiprah di Premier League. Given bermain untuk tim-tim kasta teratas sepak bola Inggris sejak musim 1994/1995 hingga 2016/2017. 

Given pernah membela Blackburn Rovers, Newcastle United, Manchester City, Aston Villa, dan Stoke City. Sepanjang kariernya di Premier Leaue, Given berhasil meraih 116 kali nirbobol dari 451 laga yang ia jalani.

Tak gampang untuk menjadi penjaga gawang terbaik di ajang sebesar Premier League. Satu kesalahan saja yang dibuat oleh seorang penjaga gawang bisa berakibat pada karier mereka ke depannya. Dari daftar di atas, adakah penjaga gawang idola kamu?

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang Terbaik yang Mendapat Julukan sebagai Sweeper Keeper

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya