Comscore Tracker

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkok

Demi gaji besar, mereka rela bermain di Tiongkok

Chinese Super League atau Liga Super Tiongkok merupakan kompetisi sepakbola kasta teratas di Tiongkok. Liga Super Tiongkok mulai bergulir sejak tahun 2004 silam. Mereka ingin menyaingi kompetisi yang lebih matang seperti J-League di Jepang.

Salah satu cara agar Liga Super Tiongkok bisa bersaing adalah dengan mendatangkan pemain-pemain hebat yang berasal dari klub-klub di benua Eropa. Tentunya harga pemain tersebut tidaklah murah. Di bawah ini adalah 5 transfer pemain dengan nilai termahal di Liga Super Tiongkok.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memilih Pindah ke Liga Super Tiongkok Usai Meredup

1. Oscar (60 Juta Euro)

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkoksportytell.com

Rekor transfer pemain termahal di Liga Super Tiongkok saat ini masih dipegang oleh Oscar. Gelandang serang asal Brasil tersebut pindah dari klub London, Chelsea.

Oscar hijrah ke Tiongkok dengan mahar sebesar 60 juta euro pada Januari 2017 silam menuju klub Shanghai SIPG. Di Shanghai SIPG, Oscar menerima gaji sebesar 29 juta dolar tiap musimnya.

2. Hulk (55,8 Juta Euro)

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkokgivemesport.com

Givanildo Vieira de Souza, mungkin nama yang cukup asing. Akan tetapi kamu pasti mengenal dia sebagai Hulk karena memiliki tubuh yang besar dan kekar. Hulk pernah bersinar bersama klub Rusia, Zenit Saint Petersburg, sebelum ia memutuskan hijrah ke negeri Tiongkok.

Hulk dibeli oleh Shanghai SIPG dengan banderol sebesar 55,8 juta euro. Hulk kini menyisakan kontrak hingga 31 Desember 2020 mendatang.

3. Alex Teixeira (50 Juta Euro)

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkoksempreinter.com

Alex Teixeira merupakan mantan pemain Shakhtar Donetsk. Kini, Alex Teixeira bermain di Liga Super Tiongkok untuk klub Jiangsu Suning.

Teixeira pindah dari Shakhtar Donetsk ke Jiangsu Suning pada Februari 2016 lalu dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro.

4. Paulinho (42 Juta Euro)

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkokthe-afc.com

Pada Agustus 2017 lalu, Barcelona membeli Paulinho dari Guangzhou Evergrande Taobao sebesar 40 juta euro. Kemudian pada musim 2018, Paulinho dipinjamkan ke Guangzhou Evergrande Taobao dengan nilai pinjaman sebesar 5 juta euro dengan masa pinjaman 6 bulan.

Pada Januari 2019, Guangzhou Evergrande Taobao mempermanenkan status Paulinho dengan mahar sebesar 42 juta euro.

5. Jackson Martinez (42 Juta Euro)

Inilah 5 Pemain Dengan Nilai Transfer Termahal di Liga Super Tiongkoken.as.com

Jackson Martinez didatangkan Atletico Madrid sebagai pengganti Diego Costa yang hijrah ke Chelsea. Martinez dibeli Atletico dari Porto dengan harga sebesar 37,1 juta euro. Namun, ia gagal memenuhi ekspektasi. Ia hanya bermain di 15 laga dengan hanya mencatatkan 2 gol.

Hanya bermain setengah musim untuk Atletico, Jakcson Martinez dilego ke Guangzhou Evergrande Taobao dengan nilai transfer sebesar 42 juta euro. Kontrak Martinez bersama Guangzhou Evergrande Taobao berakhir pada 1 Januari 2020 lalu. Kemudian ia pindah ke Portimonense di Liga Portugal. Kini Jackson Martinez tak memiliki klub setelah Portimonense mengakhiri kontraknya pada Agustus 2020 lalu. 

Nah, itulah 5 transfer pemain dengan nilai termahal di Liga Super Tiongkok. Menurut kamu, apakah mereka masih layak bermain di Liga Eropa bersama klub-klub besar?

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Chelsea, Gak Cuma Jago Beli!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya