7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor Terbaru

Sayangnya, mayoritas kurang sukses di Italia

Nama Red Bull Salzburg—biasa disingkat RB Salzburg—di sepak bola Eropa mungkin tidak setenar Bayern Munich, Juventus, atau Real Madrid. Namun, di Austria, klub berjuluk Die Roten Bullen tersebut termasuk tim raksasa. Tidak cuma itu, mereka juga dikenal sering mengorbitkan pemain-pemain muda berbakat.

Banyak penggawa RB Salzburg yang akhirnya dilirik klub Eropa. Tidak hanya dari Jerman dan Inggris, sejumlah klub Italia pun kepincut dengan pesepak bola asal tim yang bermarkas di Red Bull Arena tersebut. Nah, berikut deretan pemain RB Salzburg yang pindah ke Serie A Italia.

1. Noah Okafor bergabung dengan AC Milan pada musim panas 2023

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruNoah Okafor (instagram.com/noah.arinze)

AC Milan melalui laman resminya mengumumkan kedatangan Noah Okafor dari RB Salzburg pada 22 Juli 2023. Penyerang berpaspor Swiss tersebut diikat dengan kontrak berdurasi 5 tahun. Bersama I Rossoneri, pemain yang bisa dijadikan striker dan winger ini akan mengenakan jersey bernomor punggung 17.

Lahir pada 2000, Okafor debut profesional bersama FC Basel pada 2018. Sempat memenangi Swiss Cup 2018/2019, ia melanjutkan karier dengan RB Salzburg pada Januari 2020. Bersama klub asal Austria ini, pemain Timnas Swiss tersebut empat kali menjuarai liga domestik, termasuk pada 2022/2023 lalu.

2. Jerome Onguene sempat dipinjamkan ke Genoa

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruJerome Onguene (instagram.com/j_onguene20)

Mengawali karier bersama Sochaux, Jerome Onguene sempat menjadi pemain pinjaman RB Salzburg pada 2017/2018. Setelah itu, ia dikontrak permanen klub asal Austria tersebut pada Juni 2018. Namun, pada Januari 2021, manajemen memutuskan meminjamkannya ke Genoa yang berlaga di Serie A.

Hanya tampil empat kali di Italia, Onguene balik ke RB Salzburg, tetapi gagal menembus tim inti. Pada Maret 2022, bek asal Kamerun sepakat hengkang ke Eintracht Frankfurt dengan durasi kontrak 5 tahun. Uniknya, pada Januari 2023, RB Salzburg memboyong kembali Onguene dengan stasus pinjaman.

3. Valon Berisha pernah bermain untuk Lazio di Serie A Italia

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruValon Berisha (instagram.com/valon.berisha14_official)

Valon Berisha sempat menjadi salah satu pemain penting bagi RB Salzburg. Ia membela Die Roten Bullen pada 2012—2018. Dalam kurun waktu tersebut, gelandang Timnas Kosovo ini lima kali memenangi Bundesliga Austria dan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik liga pada 2017/2018.

Setelah sukses di Austia, Berisha menerima pinangan Lazio pada Juli 2018 dan dikontrak 5 tahun. Sayangnya, ia kesulitan beradaptasi dengan permainan I Biancocelesti di Serie A. Walau sempat menjuarai Coppa Italia dan Supercoppa Italiana, Berisha akhirnya dilepas ke Reins pada Juli 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Bayern Munich Terakhir yang Dilepas ke Serie A sebelum Sommer

4. Ezequiel Carboni dipinang Catania

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruEzequiel Carboni (facebook.com/AAAJOficial)

RB Salzburg merupakan persinggahan pertama Ezequiel Carboni saat menjajal karier di Eropa. Ia bergabung dengan klub tersebut pada 2005 dari Lanus. Gelandang asal Argentina ini menjadi bagian integral RB Salzburg, memainkan lebih dari 100 pertandingan dan menjuarai 2 kali liga domestik.

Sayangnya, Carboni cuma bertahan 3 musim bareng Die Rotten Bullen. Pada Juni 2008, ia dipinang Catania yang berkiprah di Serie A. Seperti di tim sebelumnya, kariernya bersama I Rossazzurri pun berlangsung singkat. Sempat membela Banfield sebelum pensiun, Carboni sekarang menjadi seorang pelatih.

5. Djordje Rakic membela Reggina

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruDjordje Rakic (kiri) (twitter.com/crvenazvezdafk)

Djordje Rakic bergabung dengan RB Salzburg dari OFK Beograd pada Agustus 2007. Cuma semusim, pemain asal Serbia ini dipinjamkan ke klub Serie A, Reggina, pada Agustus 2008. Sayangnya, ia gagal menyelamatkan klub berjuluk Gli Amaranto itu dari jurang degradasi dan harus turun kasta ke Serie B Italia.

Sempat kembali ke RB Salzburg, Rakic akhirnya dilepas permanen ke 1860 Munich pada Agustus 2010. Setelah itu, ia berkelana ke sejumlah tim seperti Al Arabi, Red Star Belgrade, dan Qingdao Huanghai. Sepanjang karier profesionalnya, Rakic pernah memenangi Serbian Super Liga 2013/2014.

6. Robert Ibertsberger

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruRobert Ibertsberger (instagram.com/ried1912)

RB Salzburg merupakan klub pertama yang dibela Robert Ibertsberger pada 1996 (dahulu masih bernama Austria Salzburg). Tiga musim bersama tim tersebut, ia pindah ke Venezia pada 2000 dan berkiprah di Serie A. Sayangnya, Ibertsberger gagal bermain reguler untuk Gli Arancioneroverdi dan klubnya harus terdegradasi.

Sempat bergabung dengan Sturm Graz dan Tirol Innsbruck, Ibertsberger akhirnya memutuskan pensiun pada 2004 lantaran dilanda cedera serius. Ia pun pindah haluan menjadi pelatih. Sepanjang karier kepelatihannya, Ibertsberger pernah menukangi St Polten dan SV Ried, dua klub asa negaranya.

7. Oliver Bierhoff

7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor TerbaruOliver Bierhoff (twitter.com/UEFAcom_de)

Dikenal saat berseragam Udinese dan AC Milan, Oliver Bierhoff ternyata pernah berkarier bareng RB Salzburg. Penyerang asal Jerman itu bergabung dengan raksasa Austria pada 1990. Cuma bertahan semusim, pemenang Piala Eropa 1996 ini hengkang ke Ascoli sekaligus klub pertamanya berkiprah di Serie A.

Bermain cukup baik untuk Ascoli, Bierhoff dipinang Udinese pada 1995. Tiga musim di Friuli, ia lantas pindah ke AC Milan dan langsung memenangi gelar juara Serie A 1998/1999. Sepanjang musim tersebut, Bierhoff membuat 15 gol lewat sundulan sekaligus menjadi rekor di kasta teratas sepak bola Italia.

Selain nama-nama di atas, ada Jorge Vargas, bek asal Chile yang didatangkan Empoli dari RB Salzburg pada 2008/2009. Namun, kala itu Empoli cuma berkiprah di Serie B. Sebelumnya, Vargas juga memperkuat Empoli pada 2003/2004 saat masih berkompetisi di Serie A.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Tim Serie A dari MLS

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya