6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022

Mayoritas ada di Italia dan Jerman

Israel punya beberapa bakat di dunia sepak bola. Namun, sepak bola dari negara asal Timur Tengah itu seakan tidak pernah tampak. Tim nasionalnya tidak pernah ikut serta dalam turnamen besar seperti Euro atau Piala Dunia. 

Meskipun tidak banyak dikenal, bukan berarti tidak ada pemain berbakat asal Israel yang bermain di Liga Eropa. Bahkan, sudah ada beberapa pesepak bola terkenal yang kini merumput di Eropa dan menjadi andalan timnya. 

Buat kamu yang belum mengenal beberapa pemain Israel di Liga Eropa, harus simak daftarnya berikut ini, nih!

1. Dor Peretz (Venezia)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Dor Peretz saat masih membela Maccabi Tel Aviv. (instagram.com/dorperetz10)

Dor Peretz merupakan pesepak bola Israel yang kini merumput di klub Italia, Venezia, sejak 2021/2022. Sebelumnya, pemuda berusia 26 tahun itu membela klub Maccabi Tel Aviv sejak 2017. Ia berhasil mengantarkan klub asal ibu kota Israel itu menjuarai Liga Israel 2020/2021. 

Peretz yang berposisi sebagai gelandang bertahan kini diandalkan sebagai pengisi lini tengah Venezia dan timnas Israel. Bahkan, Peretz sudah membela timnas Israel sejak 2015. Ketika itu, ia masih berusia 20 tahun.

2. Suf Podgoreanu (Spezia Calcio)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Suf Podgoreanu saat berseragam Spezia. (instagram.com/scusamammasefaccioilcalciatore)

Berikutnya ada pemain muda bernama Suf Podgoreanu yang saat ini tengah membela Spezia Calcio. Pesepak bola berusia 19 tahun itu sebelumnya didatangkan AS Roma dari Maccabi Haifa pada 2020. Namun, ia hanya bertahan semusim bersama Serigala Roma setelah Spezia bersedia membeli pemain muda itu. 

Pemain yang memiliki peran sebagai sayap kanan ini menjadi andalan klub Spezia musim ini. Bahkan, meski usianya masih belia, ia sudah dipanggil ke timnas Israel dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Penampakan Jersey Venezia di Musim 2021/22, Elegan dan Mewah

3. Shon Zalman Weissman (Real Valladolid)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Shon Zalman Weissman saat membela Real Valladolid. (instagram.com/shonweissman9)

Shon Zalman Weissman adalah pemain Israel yang saat ini membela klub divisi dua Liga Spanyol, Real Valladolid. Pemain jebolan akademi Maccabi Haifa ini sempat dipinjamkan ke klub Israel lain, seperti Kiryat Shmona dan Maccabi Netanya. 

Setelah kontraknya bersama Maccabi Haifa habis, ia dipinang klub Austria, Wolfsberger AC, pada 2019. Kemudian, ia didatangkan Real Valladolid pada 2020/2021. 

Striker berusia 25 tahun itu juga mendapatkan tempat utama dalam skuad Real Valladolid. Ia sekaligus menjadi juru gedor andalan timnas Israel.

4. Munas Dabbur (Hoffenheim)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Munas Dabbur saat membela Hoffenheim. (twitter.com/Bundesliga_EN)

Tak ketinggalan, ada Munas Dabbur yang kini membela klub Jerman, Hoffenheim, sejak Januari 2020. Pemain berusia 29 tahun itu sebelumnya didatangkan dari Sevilla lantaran tidak mendapatkan tempat di skuad utama klub Spanyol itu. Dabbur diketahui pernah membela Red Bull Salzburg dan Grasshopper. 

Dabbur merupakan sosok penting di timnas Israel. Ia menjadi andalan negara asal Timur Tengah itu dalam ajang kualifikasi Euro dan Piala Dunia. Sementara, di level klub, ia menjadi andalan lini serang Hoffenheim.

5. Omer Hanin (FSV Mainz 05)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Omer Hanin saat membela Mainz. (instagram.com/omer_hanin)

Omer Hanin merupakan pesepak bola muda Israel yang saat ini bermain di Bundesliga Jerman bersama klub FSV Mainz 05. Sebelum bergabung bersama Mainz 05, ia sempat membela klub Hapoel Hadera sejak 2018. 

Penjaga gawang berusia 23 tahun ini masih membela tim Mainz II dan belum masuk skuad utama. Sedangkan, di level timnas, ia belum mendapatkan kesempatan penuh untuk masuk timnas senior Israel.

6. Yonas Malede (KAA Gent)

6 Pesepak Bola Israel yang Merumput di Klub Eropa Musim 2021/2022Yonas Malede saat membela KAA Gent. (twitter.com/KAAGent)

Terakhir, ada pemain muda bernama Yonas Malede yang saat ini membela klub Belgia, KAA Gent. Pemain berusia 22 tahun itu baru didatangkan KAA Gent dari klub Maccabi Netanya pada awal 2021 lalu. 

Malede diketahui memiliki darah Ethiopia dari kedua orangtuanya, tetapi lahir dan besar di Kiryat Bialik, Israel. Sementara itu, pemain yang memiliki posisi second striker ini juga ikut dipanggil dalam skuad Israel dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Pastinya kamu sudah tahu keenam pemain Israel yang pada musim ini membela klub-klub Eropa sekarang. Kira-kira, di antara pesepak bola di atas, adakah pemain yang bakal jadi favoritmu?

Baca Juga: Unik, 5 Pemain Sepak Bola Ini Mengalami Perubahan Karier yang Ajaib

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya