5 Fakta Kesuksesan Promosi FC Heidenheim ke Bundesliga 2023/2024

Keluar sebagai juara pada laga terakhir

Bundesliga 2 2022/2023 tak disangka menyajikan persaingan yang tak kalah ketat dibanding liga kasta tertinggi. Perengkuh gelar juara di kasta kedua Liga Jerman ini baru dapat ditentukan hingga pertandingan terakhir selesai digelar.

Semua pihak pun dikejutkan dengan keluarnya FC Heidenheim 1846 sebagai pemenang Bundesliga 2, menyalip dua tim hebat, Darmstadt dan Hamburger SV. Raihan ini membuat klub asal kota kecil di negara bagian Baden-Wuerttemberg itu mengantongi tiket emas ke Bundesliga.

Di balik keberhasilan FC Heidenheim promosi ke kasta tertinggi. Rupanya terdapat lima fakta menarik dalam perjalanan klub tersebut selama mengarungi kompetisi 2022/2023. Berikut faktanya!

1. Meraih gelar juara Bundesliga 2 untuk pertama kalinya

5 Fakta Kesuksesan Promosi FC Heidenheim ke Bundesliga 2023/2024Pemain Heidenheim saat merayakan kemenangan. (instagram.com/timk_34)

Pertarungan sengit Bundesliga 2 ditampilkan oleh tiga tim: Heidenheim, Darmstadt, dan Hamburger SV. Bahkan, perolehan poin Heidenheim dan Darmstad tercatat sama, sehingga peringkat harus ditentukan oleh margin gol. Sedangkan, Hamburger SV hanya terpaut satu poin di posisi ketiga.

Gelar juara Bundesliga 2 2022/2023 ini merupakan perolehan perdana Heidenheim sejak pertama kali promosi ke kasta kedua pada 2014. Namun, mereka tidak pernah naik kasta ke Bundesliga. Heidenheim punya catatan baik lantaran mampu bertahan dan tidak pernah terdegradasi ke kasta ketiga.

Pada 2019/2020, Heidenheim hampir saja promosi ke kasta tertinggi usai duduk di peringkat ke-3. Sayangnya, harapan mereka kandas usai kalah dari Werder Bremen di playoff degradasi. Kekalahan itu pun hanya karena agregat gol tandang usai seri 2-2 di Voith-Arena.

2. Heidenheim mampu tampil konsisten sejak awal musim

Penampilan gemilang sudah ditunjukkan Heidenheim sejak awal 2022/2023. Klub asal Baden-Wuerttemberg ini mampu duduk di papan atas klasemen sejak pekan kedua Bundesliga 2 usai menang atas Eintracht Braunschweig. Sejak itu, peringkat lima adalah posisi terendah mereka.

Menjelang akhir musim, tim asuhan Frank Schmidt ini makin serius ingin merebut tiket promosi ke Bundesliga. Pelan, tetapi pasti, FCH mampu menggeser Hamburger SV yang sempat mengisi posisi runner-up. Pada laga terakhir, mereka pun diuntungkan dengan kekalahan Darmstadt dan memastikannya sebagai perengkuh gelar juara.

Dilansir Opta Analyst, Heidenheim memiliki perkembangan yang cukup baik. Mereka memulai perjalanannya naik ke kasta keenam atau Verbansliga pada 1998. Pada 2004, mereka naik kasta ke Oberliga. Tanpa berlama-lama, mereka melejit dari kasta kelima ke kasta ketiga hanya dalam 2 musim. Pada 2014, mereka pun memastikan diri sebagai peserta Bundesliga 2.

Baca Juga: 3 Pertandingan Bundesliga 2022/2023 dengan Gol Terbanyak, Seru!

3. Tim Kleindienst sukses jadi pemuncak top skor Bundesliga 2

5 Fakta Kesuksesan Promosi FC Heidenheim ke Bundesliga 2023/2024Tim Kleindienst saat meraih penghargaan. (instagram.com/timk_34)

Kesuksesan Heidenheim tidak bisa dipisahkan dari peran pemain andalannya. Sang juru gedor, Tim Kleindienst sukses menjadi pemuncak top skor Bundesliga 2 2022/2023 dengan torehan 25 gol dan 7 assist dalam 32 pertandingan. Berkat itu, ia punya koefisien mencetak gol sebesar 0,78.

Selain Kleindienst, Jan-Niklas Beste masuk dalam daftar sepuluh besar top skor Bundesliga 2 2022/2023. Ia berhasil mempersembahkan 12 gol untuk timnya. Padahal, pemain sayap itu masih berstatus debutan di Heidenheim.

Di samping pencetak gol, kiper Heidenheim, Kevin Mueller juga mampu mencatatkan diri sebagai pemuncak top clean sheet Bundesliga 2. Sepanjang 2022/2023, Mueller mampu mencatatkan 15 pertandingan tanpa kebobolan dalam total 34 laga. Ia punya persentase clean sheet mencapai 44,1 persen.

4. Frank Schmidt ada di balik kesuksesan Heidenheim

5 Fakta Kesuksesan Promosi FC Heidenheim ke Bundesliga 2023/2024Pelatih Heidenheim, Frank Schmidt. (twitter.com/FCH1846)

Frank Schmidt bisa dibilang sebagai sosok di balik keberhasilan Heidenheim mewujudkan impiannya tampil di Bundesliga. Bahkan, kepiawaian dan kesabarannya dalam menukangi Heidenheim membuatnya masuk dalam film dokumenter Trailer! (2013). Film itu memberikan makna bagaimana pelatih muda dalam mengatur timnya.

Pada 2007/2008, Schmidt resmi mengambil alih kursi kepelatihan Heidenheim ketika usianya masih 33 tahun. Di bawah asuhannya, Heidenheim mampu tampil mengejutkan dengan melompat dari kasta kelima ke Bundesliga 3 hanya dalam waktu 2 musim. Pada 2014, ia mengantarkan Heidenheim ke kasta kedua Liga Jerman untuk kali pertama.

Hampir 16 tahun menakhodai Heidenheim, Schmidt pun layak didapuk sebagai pelatih terlama hampir di seluruh kasta kedua Liga Jerman, Inggris, Spanyol, Italia, dan Prancis. Namun, 10 tahun lalu, ia belum memiliki ambisi besar membawa FCH ke Bundesliga. Perlahan, ia akhirnya mewujudkannya.

5. Heidenheim jadi salah satu tim kota kecil yang bertanding di Bundesliga

5 Fakta Kesuksesan Promosi FC Heidenheim ke Bundesliga 2023/2024Pemain FC Heidenheim saat menyapa pendukungnya. (twitter.com/FCH1846)

FC Heidenheim merupakan tim yang berasal dari kota kecil, Heidenheim an der Brenz di perbatasan Baden-Wuerttemberg-Bavaria. Kota tersebut hanya dihuni 58 ribu penduduk. Ini artinya mereka akan menjadi salah satu tim dari kota kecil akan tampil di Bundesliga 2023/2024 setelah TSG Hoffenheim. 

Dikutip laman Bundesliga, Voith-Arena akan menjadi stadion terkecil yang menyelenggarakan pertandingan Bundesliga musim depan. Stadion milik Heidenheim hanya memiliki kapasitas 15 ribu kursi penonton. Jumlah itu lebih kecil dibanding Stadion An der Alten Försterei milik Union Berlin dengan 22 ribu kursi.

Proses pencapaian Heidenheim untuk merengkuh gelar Bundesliga 2 tidaklah didapat sekejap mata. Mereka membutuhkan lebih dari 2 dekade untuk naik dari kasta keenam ke Bundesliga. Heidenheim memberikan pelajaran bahwa perlahan, tetapi pasti impian yang didambakan pasti akan terwujud.

Baca Juga: 5 Pemain Jerman Tertajam di Bundesliga 2022/2023, Termasuk Musiala!

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya