8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022

Sebagian berstatus pinjaman

Olympique Marseille merupakan salah satu tim raksasa asal Prancis yang sudah meraih sembilan gelar juara Ligue 1. Bahkan, tim ini juga mampu menjuarai Liga Champions Eropa 1992/1993 setelah mengalahkan AC Milan di final. 

Pada 2021/2022 ini, Marseille juga berhasil menembus perempat final Liga Konferensi Europa. Tim berjuluk Les Olympiens ini digadang-gadang sebagai salah satu kandidat juara.

Penampilan Marseille musim ini terbilang cukup baik, terutama di kompetisi domestik. Pasalnya, tim ini mampu bertengger di posisi kedua klasemen Ligue 1 di bawah PSG. Mereka berpeluang besar masuk ke Liga Champions musim depan.  

Berbicara soal penampilan Marseille, pasti tidak dapat dilepaskan dari peran para pemainnya. Pada musim ini, ada beberapa pemain andalan Marseille yang sudah berkontribusi besar kepada timnya.

1. William Saliba

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022William Saliba saat membela Olympique Marseille di Liga Konferensi Eropa. (instagram.com/w.saliba4)

Pertama, ada William Saliba yang mengisi pos bek tengah Marseille. Pemain muda Prancis berusia 21 tahun ini dikenal sebagai bek yang tangguh. Ia sudah bermain bersama Marseille dalam 43 kali pertandingan sepanjang musim ini. 

Pemain yang memiliki keturunan Kamerun ini bergabung bersama Marseille pada musim panas 2021 dengan status pinjaman dari Arsenal. Pasalnya, di klub asalnya, ia tidak mendapat tempat utama setelah dibeli dari OGC Nice.

2. Duje Caleta-Car

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Duje Caleta-Car saat berlatih bersama Timnas Kroasia. (instagram.com/duje_caleta_car_fans_)

Duje Caleta-Car adalah pemain belakang andalan Olympique Marseille yang kerap diduetkan dengan William Saliba. Pesepak bola asal Kroasia ini sudah diturunkan dalam 29 pertandingan, baik di kompetisi domestik maupun Eropa. 

Bek bertubuh jangkung ini dikenal sebagai pesepak bola jebolan akademi klub lokal Kroasia, HNK Sibenik. Caleta-Car bergabung dengan Les Olympiens sejak 2018 usai diboyong dari Red Bull Salzburg.

3. Pol Lirola

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Pol Lirola saat membela Olympique Marseille di Ligue 1. (instagram.com/pollirola)

Pol Lirola adalah salah satu pemain berkebangsaan Spanyol yang merumput bersama Olympique Marseille. Pemain yang mengisi pos bek kanan ini sudah diturunkan dalam 41 pertandingan. Ia kerap membantu serangan Marseille. 

Lirola sudah merumput di beberapa liga besar, termasuk Spanyol, Italia, dan Prancis. Sebelum bergabung ke Orange Velodrome, ia pernah membela Fiorentina, Sassuolo, Juventus, dan Espanyol.

4. Luan Peres

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Luan Peres saat memperkuat Olympique Marseille. (instagram.com/luanperes94)

Berikutnya, ada nama Luan Peres yang dipercaya mengisi bek tengah dan kiri Marseille. Pemain berkebangsaan Brasil ini mampu menunjukkan kapabilitasnya. Ia diturunkan dalam 41 pertandingan untuk membela Marseille. 

Pemain berusia 27 tahun ini berlabuh ke Orange Velodrome sejak musim panas 2021 usai didatangkan dari Santos. Sebelumnya, ia merumput di Eropa bersama Club Brugge.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman Olympique Marseille yang Bersinar di Awal Musim Ini

5. Boubacar Kamara

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Boubacar Kamara saat membela Olympique Marseille di Ligue 1. (instagram.com/bouba_darkoss)

Kemudian, ada pemain berkewarganegaraan Prancis/Senegal bernama Boubacar Kamara. Pesepak bola berusia 22 tahun ini dipercaya mengisi pos gelandang bertahan. Ia sudah diterjunkan dalam 39 pertandingan Marseille musim ini. 

Kamara dikenal sebagai pemain jebolan akademi Marseille. Ia resmi bergabung dengan tim senior pada 2018. Penampilannya yang baik membuatnya dilirik sejumlah klub besar, seperti Manchester United, Atletico Madrid, Bayern Muenchen, dan Borussia Dortmund.

6. Matteo Guendouzi

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Matteo Guendouzi saat memperkuat Olympique Marseille. (instagram.com/matteoguendouzi)

Matteo Guendouzi masuk sebagai salah satu pemain andalan Olympique Marseille musim ini. Pemain berkebangsaan Prancis keturunan Maroko ini mampu tampil impresif. Ia diturunkan dalam 46 pertandingan dengan menyumbangkan 4 gol dan 13 assist

Pemain yang baru saja berulang tahun ke-23 ini masih berstatus sebagai pinjaman dari Arsenal pada musim panas 2021. Namun, sesuai rencana, ia akan dipermanenkan Marseille dengan banderol sebesar 11 juta euro (Rp171,7 miliar).

7. Dimitri Payet

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Dimitri Payet saat membela Olympique Marseille. (instagram.com/payetdimitri27)

Salah satu pemain terkenal di skuad Olympique Marseille musim ini adalah Dimitri Payet. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu mampu tampil impresif. Ia sudah diterjunkan dalam 39 pertandingan dengan sumbangan 13 gol dan 12 assist.

Payet sudah lama berkecimpung di dunia persepakbolaan Prancis. Ia sempat bergabung dengan Nantes, AS Saint Etienne, dan LOSC Lille. Ia juga merumput di Liga Inggris bersama West Ham United selama 1,5 musim.

8. Cengiz Uender

8 Pemain Andalan Olympique Marseille pada 2021/2022Cengiz Uender saat memperkuat Olympique Marseille. (instagram.com/cengizunder)

Terakhir, ada nama Cengiz Uender yang masuk dalam deretan pemain andalan Marseille pada 2021/2022. Pemain asal Turki berusia 24 tahun ini mampu tampil impresif bersama Marseille. Ia sudah diturunkan dalam 39 pertandingan dengan sumbangan 12 gol dan 5 assist

Uender berstatus pinjaman di Marseille musim ini. Ia didatangkan dari AS Roma sejak musim panas 2021 dan memungkinkan untuk dipermanenkan mengingat penampilan baiknya bersama Les Olympiens

Dari delapan pemain andalan Olympique Marseille di atas, ada nama lain yang sebenarnya masuk skuad utama tim ini. Mereka adalah Leonardo Balerdi dan Arkadiuz Milik. Sayangnya, kedua pemain itu mengalami cedera, sehingga tidak dapat berkontribusi banyak bagi timnya musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Berseragam Olympique Marseille

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya