Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!

Dewasa ini Ronaldo dirumorkan kembali ke Sporting CP 

Sporting CP adalah salah satu klub kuat di Liga Portugal. Selain berprestasi secara trofi, banyak jebolan akademi Sporting CP yang berhasil menembus deretan-deretan liga sepak bola top Eropa, tak terkecuali LaLiga Spanyol. 

Sederet nama berikut bahkan sukses melejitkan namanya sebagai legenda ketika bermain di kasta tertinggi sepak bola Spanyol berikut. Termasuk Cristiano Ronaldo, intip beberapa namanya di bawah ini, yuk!

1. Simao Sabrosa

https://www.youtube.com/embed/ri7gLzZ-Q6E

Simao Sabrosa adalah pemain berposisi sayap kiri yang kini berusia 42 tahun. Pria asal Portugal ini merupakan produk akademi Sporting CP. Ia baru dipromosikan ke tim senior pada 1 Juli 1997.

Dua tahun berselang, tepatnya 1 Juli 1999, Simao hijrah ke klub raksasa LaLiga, Barcelona, dengan biaya transfer yang mencapai 14 juta euro atau sekitar Rp215 miliar. Selain Barca, Simao juga pernah membela klub LaLiga lain, Atletico Madrid dan Espanyol. 

2. Luis Figo

5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!Luis Figo (sportingnews.com)

Pria berusia 49 tahun asal Portugal ini sudah gantung sepatu sejak 1 Juli 2009 silam. Figo sendiri menimba ilmu di akademi Sporting CP selama 4 tahun (1987--1991) sebelum promosi ke tim senior pada 1 Juli 1991.

Pemain berposisi sayap kanan ini memulai kiprahnya di LaLiga setelah dibeli Barcelona pada 1 Juli 1995. Bikin geger bursa transfer, Figo sempat jadi orang yang paling dibenci pendukung Barcelona lantaran menyebrang ke rival abadi mereka, Real Madrid. Uniknya, Figo sendiri dinilai mampu menjadi sosok legendaris di LaLiga saat bersama Real Madrid.

Baca Juga: 5 Mantan Andalan Sporting Lisbon yang Kini Membela Klub Liga Inggris

3. Cristiano Ronaldo

5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!Cristiano Ronaldo (skysports.com)

Cristiano Ronaldo bisa dibilang salah satu jebolan terbaik akademi Sporting CP. Pecahkan pelbagai rekor fantastis dalam sepak bola, namanya digadang-gadang sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.  

Dewasa ini, Ronaldo masih sanggup tampil kompetitif di usianya yang sudah menginjak 37 tahun. Menimba ilmu di akademi Sporting, ia naik ke tim senior sejak 1 Juli 2002. Belakangan rumor transfer mengatakan jika Sporting CP juga ikut berburu tanda tangan CR7 yang kabarnya mulai tak betah berada di Manchester United.

4. William Carvalho

5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!William Carvalho (twitter.com/Ekremkonur)

William Carvalho adalah pemain asal Portugal yang kini berusia 30 tahun. Karier sepak bolanya dimulai di akademi Sporting CP pada 1 Juli 2007. Ia dipromosikan ke tim senior sejak 1 Juli 2011.

Pemain berposisi gelandang bertahan dengan 73 caps dan 5 gol bersama Timnas Portugal ini memulai kiprahnya di LaLiga kala membela Real Betis sejak 13 Juli 2018 lalu. William sendiri masih terikat kontrak dengan Betis hingga 30 Juni 2023 mendatang. 

5. Luis Maximiano

5 Jebolan Akademi Sporting CP yang Pernah Bermain di LaLiga, Ada CR7!Luis Maximiano (sempreinter.com)

Luis Maximiano menjadi pemain termuda dalam daftar ini, 23 tahun. Sang kiper sempat menimba ilmu di akademi Sporting CP mulai 1 Juli 2012. Luis Maximiano promosi ke tim senior sejak 1 Juli 2018.

Sepak terjangnya di LaLiga berlangsung dengan Granada sejak 17 Agustus 2021. Sayangnya, klub yang masih diperkuat Luis tersebut harus terdegradasi ke LaLiga 2 lantaran hanya finis di peringkat ke-18 klasemen LaLiga musim 2021/2022.

Selain para pemain di atas, masih ada beberapa jebolan akademi Sporting CP yang cukup lama berkarier di LaLiga. Nama-nama tersebut antara lain, Jorge Mendonca, Miguel, Paulo Futre, dan banyak lainnya. Apakah kita semua sepakat jika Cristiano Ronaldo adalah sosok paling sukses dari daftar ini?

Baca Juga: Sporting CP Ikut-Ikutan Memburu Cristiano Ronaldo

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya