3 Pemain Prancis yang Membela Royal Antwerp pada 2023/2024

Ada yang masih berusia 17 tahun!

Prancis memiliki reputasi sebagai negara penghasil pemain sepak bola hebat. Sudah banyak pemain asal Prancis yang namanya melambung di liga elite Eropa. Sebut saja Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), dan Aurelien Tchouameni (Real Madrid).

Sudah banyak klub mancanegara yang menggunakan tenaga dari pemain Prancis, tak terkecuali Royal Antwerp yang berkompetisi di Jupiler Pro League Belgia. Pada 2023/2024, ada sedikitnya tiga pemain Prancis yang mengenakan jersey Royal Antwerp. Salah satunya adalah George Ilenikhena yang baru berusia 17 tahun.

Termasuk Ilenikhena, inilah tiga pemain Prancis yang membela Royal Antwerp pada 2023/2024.

1. Jean Butez sedang menepi lantaran cedera tangan

3 Pemain Prancis yang Membela Royal Antwerp pada 2023/2024Jean Butez (instagram.com/jeanbutez)

Jean Butez adalah pemain kelahiran Lille, Prancis, yang kini berusia 28 tahun. Pemain yang dibekali postur 189 sentimeter ini berposisi sebagai kiper. Sepak terjang Butez bersama Royal Antwerp dimulai pada musim panas 2020. Saat itu, dia dibeli oleh Royal Antwerp dari sesama klub Belgia bernama Mouscron.

Demi mendapatkan jasa Butez, Royal Antwerp rela mengeluarkan biaya transfer senilai 17 miliar rupiah. Saat ini, Butez masih memiliki sisa kontrak dengan klub hingga musim panas 2026. Keputusan Royal Antwerp mendatangkan Butez terbilang tepat. Pasalnya, dia berhasil menjadi kiper andalan klub.

Sayang, Butez kini sedang menepi sementara lantaran cedera tangan. Dia diperkirakan baru kembali merumput bersama Royal Antwerp pada 30 Juni 2024. Kehilangan Butez tentu merupakan pukulan telak bagi Royal Antwerp lantaran dirinya adalah sosok sentral dalam mengawal gawang Royal Antwerp.

Pada 2023/2024, Butez sudah turun dalam 39 pertandingan di berbagai ajang bersama Royal Antwerp per 11 April 2024. Statistiknya berupa 45 kali kebobolan dan 13 kali clean sheet.  Jika tidak cedera, Butez mungkin akan memberi kontribusi lebih maksimal bagi Royal Antwerp.

Baca Juga: 4 Pemain Prancis yang Menghuni Skuad Crystal Palace pada 2023/2024

2. Soumaila Coulibaly menjadi pelapis di lini belakang

3 Pemain Prancis yang Membela Royal Antwerp pada 2023/2024Soumaila Coulibaly (instagram.com/scoulibaly_)

Berikutnya, ada pemain berposisi bek tengah bernama Soumaila Coulibaly. Pemain berusia 20 tahun ini bermain di Royal Antwerp sebagai pinjaman dari Borussia Dortmund. Masa peminjaman Coulibaly dimulai pada musim panas 2023 hingga musim panas 2024.

Bermain untuk Royal Antwerp menjadi kali pertama Coulibaly berkesempatan mencicipi atmosfer Liga Belgia. Sebelumnya, dia belum pernah membela klub Belgia lainnya. Sayang, Coulibaly yang memiliki postur 191 sentimeter lebih sering memulai laga dari bangku cadangan di Royal Antwerp.

Coulibaly agaknya kesulitan bersaing dengan bek-bek lain di Royal Antwerp. Apalagi, dia masih terbilang relatif muda dari segi usia. Pada 2023/2024, Coulibaly telah melakoni sedikitnya 30 pertandingan di berbagai ajang bersama Royal Antwerp. Pemain yang tergabung dalam Tim Prancis U-20 ini belum menorehkan gol ataupun assist  per 11 April 2024 bersama klub.

3. George Ilenikhena jadi penyerang andalan meski masih muda

3 Pemain Prancis yang Membela Royal Antwerp pada 2023/2024George Ilenikhena (instagram.com/g.ilenikhena9)

George Ilenikhena menjadi pemain termuda dalam daftar ini. Pemain asal Prancis/Nigeria ini baru berusia 17 tahun. Meski masih muda, Ilenikhena yang berposisi utama sebagai penyerang sudah berhasil merebut tempat di skuad utama Royal Antwerp. Dirinya digaet oleh Royal Antwerp dari klub Prancis bernama Amiens SC pada musim panas 2023.

Demi mendapatkan tanda tangan pemain setinggi 185 sentimeter ini, Royal Antwerp rela mengucurkan dana sebesar 103 miliar rupiah. Ilenikhena kemudian diamankan dengan kontrak hingga musim panas 2027. Royal Antwerp sepertinya cukup yakin atas potensi sang pemain ke depannya.

Pada 2023/2024, Ilenikhena sudah menjalani total 42 pertandingan bersama Royal Antwerp. Performanya terbilang cukup apik dengan torehan 14 gol dan 1 assist per 11 April 2024. Statistik tersebut merupakan awalan bagus untuk pemain muda seperti Ilenikhena yang notabene masih minim pengalaman di Liga Belgia.

Tiga nama di atas adalah para penggawa Royal Antwerp yang berasal dari Prancis. George Ilenikhena menjadi yang paling muda dengan usia yang baru 17 tahun. Jika terus mengasah kemampuannya, dia bisa menjadi aset investasi menjanjikan bagi Royal Antwerp pada masa depan.

Baca Juga: 4 Pemain Prancis yang Memperkuat Sevilla pada 2023/2024, Jadi Andalan?

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya