Kalahkan Iran 3-0, Jepang Tatap Final Piala Asia 2019

Jepang punya tradisi selalu juara jika sudah lolos ke final

Semifinal pertama Piala Asia mempertemuan 2 tim terkuat Asia, Jepang dan Iran pada senin malam (28/01/2019). Tim yang sama-sama menjadi peserta Piala Dunia 2018 tersebut memiliki catatan pertandingan yang menarik dimana sama-sama belum merasakan kekalahan. Bahkan Jepang sukses menyapu bersih seluruh pertandingan.

Jepang yang memainkan skuad tenar seperti Yuya Osako, Nagatomo, dan Wataru Endo. Pertandingan sejak menit awal berlangsung ketat. Terbukti dengan tidak adanya gol yang tercipta. Pesta gol Jepang baru dimulai di menit 56 melalui sundulan Yuya Osako memanfaatkan umpan matang Minamino.

Osako kembali menambah menambah gol melalui titik penalti  setelah dijatuhkan oleh Biranvand dimenit ke 71. Kepastian Jepang lolos ke Final dicetak oleh Genki Haraguchi di menit 90+1 melalui tendangan keras terarah. Skor 3-0 menjadi milik Jepang dan berhak lolos ke babak final. 

1. Menunggu lawan di final antara Uni Emirat Arab atau Qatar

Kalahkan Iran 3-0, Jepang Tatap Final Piala Asia 2019the-afc.com

Jepang yang sudah memastikan diri lolos ke final tinggal menunggu lawan yang perlu dihadapi. 2 tim tersisa yaitu Qatar dan Uni Emirat Arab yang baru akan bermain selasa (29/01/2019). UEA selaku tuan rumah tentunya memiliki keuntungan dengan  dukungan tuan rumah.

Qatar sendiri yang di turnamen ini tampil sungguh sempurna. Selain menyapu bersih seluruh pertandingan, mereka juga belum pernah kebobolan 1 gol pun sejak awal turnamen bergulir. Catatan yang sungguh luar biasa. Apalagi fakta bahwa top skor saat ini Almoez Ali, juga merupakan pemain Qatar. Ali total sudah mencetak 7 gol dari 5 pertandingan yang sudah dimainkan.

Baca Juga: Gagal Bawa Cina ke Semifinal Piala Asia 2019, Marcelo Lippi Mundur

2. Jepang selalu juara saat lolos ke babak final

Kalahkan Iran 3-0, Jepang Tatap Final Piala Asia 2019the-afc.com

Salah satu fakta menarik lainnya adalah Jepang selalu juara ketika lolos ke final Piala Asia. Sebelumnya mereka sukses menjadi juara di tahun 1992, 2000, 2004 dan2011. Pada tahun 2011, dengan cukup dramatis mereka sukses menang 1-0 ketika melawan Australia. Ketika itu pahlawan kemenangan adalah Tadanari Lee.

Kini di final kelima mereka, apakah keberuntungan tersebut kembali hadir dengan menjuarai Piala Asia untuk kelima kalinya ?

3. Jepang akan bermain di final tanggal 1 Februari 2019.

Kalahkan Iran 3-0, Jepang Tatap Final Piala Asia 2019the-afc.com

Setelah menunggu lawan antara UEA ataukah Qatar, Jepang akan melakoni pertandingan terakhir. Stadium Syekh Zayed di Abu Dhabi akan menjadi saksi siapa yang berhak menjadi yang terbaik di Asia. Pemenang juga akan berkesempatan mewakili benua Asia pada Piala Konferedasi pada tahun 2021. Apakah jepang bisa menjadi juara lagi?

Baca Juga: Piala Asia 2019: Iran vs Jepang, Final Kepagian Sarat Ambisi

Dimas Ridody Photo Verified Writer Dimas Ridody

Mencoba dulu, hasil belakangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya