6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris

#WorldCup2018 Geser Joe Hart dari timnas Inggris

Meskipun diliputi banyak keberuntungan, Inggris tetap harus berterima kasih pada Jordan Pickford yang berhasil membaca arah tendangan Carlos Bacca. Inggris pun melaju ke babak perempat final pertama mereka setelah Piala Dunia 2002.

Bukan sosok yang diunggulkan sebelumnya, dibandingkan dengan kiper Colombia, Ospina yang sudah beberapa kali tampil di turnamen besar. Kiper muda ini berhasil mengejutkan dunia. Simak beberapa fakta menariknya berikut.

1. Menjadi kiper Inggris kedua yang berhasil melakukan penyelamatan saat adu penalti setelah David Seaman

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris Instagram.com/jpickford1

Inggris terkenal dengan kutukan selalu gagal dalam adu penalti. Mereka tidak pernah mendapatkan kiper yang mampu menggagalkan penalti lawan.

Momen pertama terjadi di tahun 1998 oleh David Seaman. Di Piala Dunia 2006 dan Euro 2012, Inggris tercatat selalu gagal dalam adu penalti.

2. Sempat dikritik Thibaut Courtois saat laga lawan Belgia 

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris Instagram.com/jpickford1

Saat laga lawan Belgia, Pickford mendapat kritik pedas dari Thibaut Courtois yang menganggapnya sibuk sendiri saat akan menepis tendangan Januzaj. Ia juga menyinggung tinggi badan Pickford yang kurang ideal untuk posisi kiper saat ia akan melakukan penyelamatan dengan mengangkat kakinya.

Setelah kemenangan Inggris di adu penalti dini hari tadi (4/7), Pickford berkata "Saya memang bukan kiper terbaik dunia, tetapi saya hadapi apa yang ada di depan saya dan melakukan penyelamatan." Jawaban ini seperti respon terhadap kritikan Courtois.

3. Jadi kiper termahal di Inggris saat transfer dari Sunderland ke Everton

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris Instagram.com/jpickford1

Meskipun tak pernah disebut kiper terbaik di liga Inggris sekalipun, Pickford memecahkan transfer kiper termahal saat pindah dari Sunderland ke Everton, yaitu sebesar £30 juta atau setara Rp 569,34 miliar.

4. Berasal dari keluarga kelas pekerja 

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris skysports.com

Pickford lahir pada 7 Maret 1994 di Washington, sebuah wilayah di kota Sunderland, Inggris yang dihuni para kelas pekerja. Ayahnya bekerja di konstruksi bangunan. Kakaknya juga seorang pesepak bola profesional yang kini bermain di liga Swedia.

5. Dikenal punya mentalitas kuat, tetapi juga orang yang mudah bergaul

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris Instagram.com/jpickford1

Dilansir dari Daily Mail, menurut beberapa mantan pelatihnya Pickford dikenal sebagai seorang yang tidak mudah dipengaruhi, bermental kuat dan agresif. Berkali-kali dikritik oleh pelatih, bahkan teman setim, tak membuatnya gentar sekalipun. Justru ia jadikan motivasi.

Di luar lapangan, Pickford dikenal sebagai orang yang suka bergaul dan tidak mudah tersinggung. Sangat santai dan antusias.

6. Southgate buktikan ia tak salah memilih Pickford dibanding Joe Hart 

6 Fakta Jordan Pickford yang Kini Jadi Kiper Nomor Satu Inggris Instagram.com/jpickford1

Pelatih Inggris Gareth Southgate dihadapkan pada keputusan sulit saat harus memilih Pickford yang belum punya banyak pengalaman internasional, seiring menurunnya performa Joe Hart di klubnya saat ini. Namun, dengan penampilan epiknya saat adu penalti, bukan tak mungkin ia akan menjadi kiper pilihan pertama Inggris beberapa tahun ke depan.

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya