Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFA

Jadi sinyal baik bagi pemain sepak bola perempuan

Selama ini, pemain sepak bola perempuan tidak pernah mendapat perhatian yang sama dengan pemain sepak bola laki-laki. Sejarah partisipasi perempuan sebagai atlet sepak bola coba dirangkum Pappalardo dkk dalam jurnal berjudul "Explaining the Difference Between Men’s and Women’s Football".

Merujuk referensi tersebut, pertandingan sepak bola untuk perempuan pertama kali digelar di Inggris pada 1920-an. Saat itu, atlet perempuan menemui banyak tantangan hingga tak sedikit yang terpaksa mandek atau mundur.

Barulah sepak terjang atlet sepak bola perempuan kembali muncul pada 1960-an, terutama di negara-negara Eropa Barat dan Skandinavia. Cukup terlambat dibanding sepak bola laki-laki, kejuaraan Piala Dunia Sepak Bola Perempuan di bawah FIFA baru diadakan pertama kali pada 1991. 

Beruntung, sejak itu, sepak bola perempuan mulai mendapat tempat dan audiens. Beberapa tahun belakangan, kompetisi sepak bola perempuan mulai merambah ranah mainstream. Beberapa klub besar memperkenalkan dan membentuk tim perempuan mereka.

Salah satu yang mencuri perhatian beberapa waktu ini adalah Samantha Kerr, pemain sepak bola berkebangsaan Australia yang membela Chelsea dengan nomor punggung 20. Ia didapuk menjadi pemain sepak bola perempuan pertama yang tampil di sampul global game resmi FIFA 23.

Yuk, kenali Sam Kerr, pemain sepak bola perempuan pertama di sampul game FIFA!

1. EA sudah pernah memfitur atlet perempuan untuk sampul regional

Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFAsampul global game FIFA 23 (instagram.com/easportsfifa)

Sebelum Sam Kerr, game FIFA yang diproduksi EA sudah pernah memfitur Alex Morgan dari Amerika Serikat dan Christine Sinclair dari Kanada untuk tampil di sampul regional Amerika Utara. Begitu pula dengan Steph Catley yang difitur untuk sampul game FIFA yang rilis di Australia. 

Sam Kerr spesial karena gambarnya dipublikasikan untuk sampul FIFA 23 edisi global yang rilis di seluruh dunia. Ia bersanding dengan bintang Tim Nasional Prancis dan Paris Saint German, Kylian Mbappe.

2. Bergabung dengan Chelsea pada 2019 dan merengkuh Golden Boot 2021/2022

Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFASam Kerr (instagram.com/samanthakerr20)

Sejak bergabung dengan Chelsea Women, Sam Kerr tidak berhenti tampil memukau. Ia berkontribusi dalam kesuksesan timnya merengkuh juara Women's Super League (liga utama sepak bola perempuan di Inggris) tiga kali berturut-turut. Terakhir musim 2021/2022 lalu.

Pada musim lalu pula, Kerr merebut gelar Golden Boot atas raihan 20 gol dalam 20 pertandingan. Ia juga meraih gelar pemain terbaik menurut Football Writers' Association (FWA) dan Professional Footballers' Association (PFA).

Baca Juga: 5 Macam Permainan Bola Besar yang Penting Diketahui, Ada Sepak Bola

3. Capaian luar biasa Sam Kerr juga berlaku di Tim Nasional Australia

Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFASam Kerr (instagram.com/samanthakerr20)

Tidak hanya di level klub, Sam Kerr juga berjaya di Tim Nasional Australia. Melansir CNN, ia adalah pemain sepak bola perempuan Australia pertama yang mencetak hattrick di ajang Piala Dunia. Rekor itu ia pecahkan di Piala Dunia 2019 Prancis. 

Ia kembali memecahkan rekor di pertandingan Women’s Asian Cup 2022 melawan Indonesia. Kerr mencetak 5 gol dari total 18 gol yang dijebloskan Australia ke gawang Indonesia. Sejauh ini, Kerr sudah mencetak 56 gol dalam 108 pertandingan bersama Matildas, julukan tim nasional sepak bola perempuan Australia.

4. Tiga kali dinominasikan sebagai calon penerima Ballon d'Or

Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFASam Kerr (instagram.com/chelseafcw)

Prestasi Sam Kerr memang cukup mencolok. Ia tercatat tiga kali masuk ke dalam nominasi atlet sepak bola penerima Ballon d'Or. Terakhir pada akhir 2021 lalu.

Sayangnya, ia berakhir di posisi ketiga dan gelar pemenang jatuh pada pemain Barcelona, Alexia Putellas. Status ini membuat Kerr menjadi satu-satunya atlet Australia yang pernah dinominasikan dalam ajang Ballon d'Or. 

5. Terbuka dengan orientasi seksualnya

Sam Kerr, Pemain Sepak Bola Perempuan Pertama di Sampul Game FIFASam Kerr (instagram.com/samanthakerr20)

Sam Kerr tidak pernah menyatakan diri sebagai bagian dari LGBTQ+, tetapi ia cukup terbuka akan status hubungannya dengan sejumlah atlet perempuan. Ia pernah menjalin asmara dengan Nikki Stanton selama kurang lebih 7 tahun sebelum berpisah menjelang Olimpiade 2020 Tokyo.

Kerr kini menjalin hubungan serius dengan atlet sepak bola perempuan asal Amerika Serikat, Kristie Mewis. Beda dengan mayoritas atlet laki-laki yang memilih untuk tidak terbuka, banyak atlet perempuan yang tidak ragu mengungkap orientasi seksual mereka. Beberapa di antaranya pasangan Ashlyn Harris dan Ali Krieger serta Megan Rapinoe dan Sue Bird. 

Keputusan EA untuk menampilkan representasi atlet perempuan di sampul game sepak bola terpopuler di dunia layak diapresiasi. Ini adalah bukti bahwa dunia makin inklusif dan tingkat penerimaan pada keberagaman pun bisa meningkat.

Baca Juga: 7 Teknik Mengontrol Bola dalam Sepak Bola, Gas Kuasai Semua!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya