4 Topik Artikel Sepak Bola di Luar Teknis Pertandingan

Topik yang dipakai juga untuk kupas cabang olahraga lainnya

Ada banyak hal yang bisa dianalisis dan diobrolkan dari sepak bola. Olahraga secara umum tak terbatas pada performa dan statistik pemain, laporan pertandingan, dan analisa taktik. Ada setidaknya beberapa topik mengenai sepak bola di luar teknis pertandingan yang bisa kamu kembangkan sebagai penulis atau kolumnis.

Kunci untuk menemukannya adalah menggunakan pendekatan-pendekatan di luar kebiasaan. Bila penulis lain fokus pada statistik dan gaya bermain pemain, coba ulik hal lain yang melekat pada pemain. Seperti asal-usulnya negaranya atau bagaimana kariernya berproses dari waktu ke waktu. Jika sudah banyak artikel soal transfer pemain dan pergantian pelatih yang dilakukan sebuah tim, coba ulik sejarah atau strategi bisnis mereka. Intinya, ini soal kreativitas dan strategi mencari perspektif yang berbeda.

1. Ekonomi

4 Topik Artikel Sepak Bola di Luar Teknis PertandinganRB Salzburg, klub yang identik dengan salah satu jenama komersial. (instagram.com/fcredbullsalzburg)

Sadar atau tidak, sepak bola adalah demonstrasi mekanisme sistem ekonomi kapitalis terjelas. Sebagai salah satu sumber hiburan dengan audiensi yang besar, sepak bola sangat mudah dikomersialisasi. Sesuai dengan asas kapitalisme yang ekspansif dan berorientasi pada uang, tim-tim sepak bola adalah aktor kapitalis terbesar di dunia saat ini. Lewat mereka, kamu bisa melihat bagaimana komersialisasi siaran pertandingan dan kontestasi antar investor atau pemilik modal terjadi.

Bahkan perlakuan mereka pada pemain hingga gaya hidup pegiat-pegiatnya bisa jadi topik artikel yang menarik. Topik transfer pemain dan pergantian pelatih memang memikat. Namun, membahas strategi bisnis, asal-usul dana, serta bagaimana pemilik modal berebut pengaruh lewat sepak bola pun tak kalah seru.

2. Sosial

4 Topik Artikel Sepak Bola di Luar Teknis PertandinganVictor Osimhen mengunjungi almamaternya di Nigeria. (instagram.com/victorosimhen9)

Sepak bola juga mempertontonkan mekanisme piramida kelas sosial. Cerita-cerita soal anak imigran atau warga negara berkembang yang bisa keluar dari jurang kemiskinan dan meroket menjadi bagian dari kasta sosial teratas adalah contoh termudahnya. Dari situ saja, ada dua dua topik sosial sekaligus yang bisa dibahas, yakni kelas sosial dan isu imigrasi.

Masih banyak ide-ide topik sosial lain yang bisa dikupas dari sepak bola. Misalnya hubungan antara klub sepak bola dengan masyarakat lokal, dampak sosial dari satu tokoh atau tim, hingga nilai-nilai sosial yang dipegang dan disebar sebuah tim. Misalnya FC Nordsjaelland yang menciptakan sistem pendidikan pemain muda ala organisasi non-profit atau Celtic FC yang mempertahankan prinsip-prinsip inklusif karena sejarah pelik sebagai klub yang dihuni kaum minoritas.

Baca Juga: Kriteria Stadion Sepak Bola Standar FIFA, dari Rumput Hingga Tribun

3. Kultur dan identitas

4 Topik Artikel Sepak Bola di Luar Teknis Pertandingansuporter Newcastle United lekat dengan kelas pekerja Inggris Utara. (instagram.com/nufc)

Masih sejalan dengan topik sosial, kultur dan identitas bisa diusut dari latar belakang, karakter, dan demografi pemain, pelatih, sampai suporter. Selain fokus pada performa tim, pemain, dan pelatih di lapangan, tak ada yang salah untuk mencoba mendalami asal-usul mereka. Misalnya dengan memperhatikan status kewarganegaraan, etnis tas, atau bahkan letak geografis sebuah klub.

Untuk mengulik topik ini, kamu bisa menggunakan konsep-konsep etnografi dan antropologi sebagai alat analisis. Sebagai sebuah permainan kolektif, sepak bola merepresentasikan identitas tertentu. Tidak hanya soal kebangsaan, tetapi meliputi pula kelompok etnik minoritas, kelas sosial, dan lain sebagainya.

4. Politik

4 Topik Artikel Sepak Bola di Luar Teknis PertandinganRecep Tayyip Erdogan berpose dengan Arda Guler. (instagram.com/10ardaguler)

Politik atau hal-hal yang berkenaan dengan kebijakan dan kekuasaan, selalu hinggap di ranah-ranah yang punya audiensi besar, termasuk sepak bola. Tak hanya pemilik modal, pemerintah, negarawan, dan tokoh-tokoh politik cenderung turut ambil bagian dalam kegiatan olahraga dan menjadikannya sebagai platform mendulang popularitas bahkan suara saat pemilu. Ini adalah rahasia umum yang sering dihindari dan diingkari pelaku serta penikmat olahraga di dunia.

Meski begitu, peranan dan fenomena ini tidak terbantahkan. Tinggal bagaimana penulis bisa menyikapi dan mengambil sudut pandang yang netral alias tidak bias. Agar tak terkesan mempromosikan satu tokoh, sebagai penulis kamu bisa mengulik kebijakannya secara objektif. Bisa pula mencoba untuk membahas dampak dari konstelasi politik yang terjadi pada upaya transfer pemain dan lain sebagainya.

Intinya, jangan ragu juga untuk bereksperimen dengan sudut pandang yang berbeda dari biasanya. Tentunya, awali dulu dengan memperluas topik dan wawasan mengenai sepak bola di luar teknis pertandingan. Tips lainnya, coba sertakan dimensi manusia dan tokoh dalam tulisanmu, niscaya artikel sepak bola garapanmu akan terasa lebih hidup.

Baca Juga: Apa itu Fans Karbitan dalam Sepak Bola? Ini 6 Ciri-Cirinya

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya