5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga Champions

Didominasi pemain legendaris, Filipo Inzaghi teratas

Dalam sejarahnya, Serie A Italia merupakan salah satu kompetisi paling elit di Eropa. Prestasi klub-klub Italia di panggung Liga Champions pun sangat luar biasa. AC Milan menjadi kolektor gelar terbanyak Liga Champions kedua dengan tujuh trofi. Sedangkan Inter Milan meraih tiga gelar, dan Juventus mengoleksi dua trofi.

Tidak hanya itu, urusan mencetak gol pun, para pemain asal Italia pernah merajai Liga Champions pada masanya. Berikut ini lima pemain asal Italia dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

1. Filipo Inzaghi - 46 gol

5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsFilippo Inzaghi (uefa.com)

Pada era 2000-an Filipo Inzaghi pernah menjadi top skor sepanjang masa Liga Champions sebelum hadirnya era Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Inzaghi mengoleksi 46 gol dari 81 laga bersama dua klub raksasa Italia, Juventus dan AC Milan. Masa keemasannya terjadi ketika berkostum Rossonerri. Ia sukses meraih dua gelar Liga Champions selama sebelas musim di San Siro.

Inzaghi kemudian gantung sepatu di tahun 2012 bersama Milan, dan sempat menjadi pelatih klub. Saat ini ia menangani klub Serie B, Brescia usai meninggalkan Benevento karena terdegradasi di musim lalu.

2. Alessandro Del Piero - 42 gol

5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsAlessandro Del Piero (juventus.com)

Posisi kedua diisi oleh legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Ia mengoleksi 42 gol dari 89 laga Liga Champions, dan itu semua ia jalani dengan berkostum Bianconerri. Del Piero membela Juventus selama 15 musim dengan torehan satu Liga Champions pada musim1995/96. Ia juga persembahkan enam Scudetto dan satu Piala Winners.

Setelah kontraknya habis di Juventus pada 2012, ia bermain di luar Eropa dengan membela Sydney FC di Australia dan Delhi Dynamos di India sebelum gantung sepatu pada 2015 lalu. Pasca pensiun, saat ini sang legenda aktif sebagai pandit.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar Italia

3. Marco Simone - 24 gol

5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsMarco Simone (twitter.com/acmilan)

Marco Simone adalah bintang AC Milan di era 90-an. Dia membela Rossonerri selama sembilan musim dengan dua periode. Selama itu juga, ia menjadi bagian penting klub ketika menjuarai Liga Champions pada musim 1989/90 dan 1993/94. Dia menjadi pemain ketiga Italia dengan gol terbanyak di Liga Champions lewat 24 golnya. Ia tampil di ajang ini dengan tiga klub berbeda, AS Monaco, AC Milan dan Paris Saint-Germain.

Simone juga mempersembahkan empat Scudetto untuk AC Milan, dan satu trofi Ligue 1 untuk AS Monaco. Ia gantung sepatu pada 2006 bersama Legano. Saat ini ia berstatus manajer dari klub divisi dua Liga Prancis, Châteauroux.

4. Jose Altafini - 24 gol 

5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsJose Altafini (juventus.com)

Jose Altafini adalah sosok yang unik. Ia merupakan pemain kelahiran Brasil yang memiliki kewarganegaraan Italia. Sepanjang kariernya, ia pernah membela dua negara tersebut. Sedangkan di level klub, ia juga pernah membela dua tim besar Italia, AC Milan dan Juventus di era 60 dan 70-an. Sepanjang kariernya di Liga Champions, ia mengoleksi 24 gol dari 83 laga.

Ia adalah bagian penting skuad Rossonerri ketika menjuarai Liga Champions musim 1962/63. Dia juga merasakan empat gelar Scudetto, dimana dua  masing-masing ia persembahkan untuk AC Milan dan Juventus.

5. Francesco Totti - 17 gol

5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsFrancesco Totti (uefa.com)

Legenda AS Roma, Francesco Totti menjadi pemain Italia kelima dengan gol terbanyak di Liga Champions. Sang Raja Roma mengoleksi 17 gol dari 57 pertandingan. Totti menghabiskan seluruh kariernya bersama Gialorossi selama 24 tahun. Sayang, tak ada prestasi menonjol yang ia mampu berikan di Liga Champions untuk klubnya. Namun, ia berhasil meraih satu gelar Scudetto pada musim 2000/01.

Usai gantung sepatu pada 2017, Francesco Totti kembali ke klubnya sebagai Direktur Teknik. Sayang, ia hanya bertahan dua tahun saja usai mengundurkan diri pada Juni 2019. Hal ini ia lakukan karena disinyalir kurang dilibatkan manajemen dalam mengambil keputusan besar klub.

Italia merupakan negara dengan budaya sepak bola kuat di dunia, dan memiliki kompetisi top di Eropa. Tidak mengherankan jika pemain-pemain mereka masuk sejarah berbagai kompetisi, temasuk di Liga Champions.

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya