3 Alasan Kroasia Mampu Menjadi Juara Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Siap ukir sejarah baru!

Kisah Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 bak sebuah dongeng. Kroasia baru merdeka pada tahun 1991, setelah memisahkan diri dari Yugoslavia. Kroasia sendiri merupakan negara kecil yang hanya memiliki 4,2 juta penduduk, dan liga sepak bolanya pun tidaklah begitu bagus.

Para pemain mereka bahkan mayoritasnya bermain di luar negeri. Meskipun begitu, prestasi Kroasia di Piala Dunia kali ini sangatlah mengejutkan. Mereka mampu menunjukan kepada dunia bahwa untuk menjadi juara tak selalu tentang kebesaran sebuah tim.

Kini, tak sedikit juga yang meyakini jika Kroasia mampu mengalahkan Prancis di final, untuk mencetak sejarah sebagai juara baru Piala Dunia. Inilah alasannya.

1. Sepak bola merupakan passion dan patriotisme pemain Kroasia

3 Alasan Kroasia Mampu Menjadi Juara Piala Dunia 2018twitter.com/FIFAWorldCup

Sekitar 17 tahun yang lalu, rakyat Kroasia dilanda perang demi berjuang untuk melepaskan diri dari Yugoslavia. Para Punggawa Kroasia saat ini merupakan bagian dari kisah kelam tersebut. Sehingga mereka sangat tahu apa artinya sebuah perjuangan.

Fighting spirit inilah yang menjadi ciri khas Kroasia di Piala Dunia kali ini. Mereka mampu tampil sangat luar biasa sejak di babak grup dengan mengalahkan Argentina dengan skor telak 3-0 dan tampil menjadi juara grup.

Di fase knock out, Kroasia tampil semakin beringas. Mereka mampu melakukan comeback dalam tiga laga saat mengalahkan Denmark, Rusia dan Inggris. Hebatnya, mereka tampil tanpa mengenal lelah karena bermain 120 menit di tiga laga tersebut. Di laga final pun, permainan spartan pasti akan mereka tampilkan lagi.

Bagi rakyat Kroasia yang hanya diisi oleh 4.5 juta penduduk, sepak bola adalah passion dan bentuk patriotisme mereka. Niko Kovac yang merupakan legenda Kroasia pun membenarkannya.

"Olahraga ada dalam darah kami, Kroasia suka untuk bersaing menjadi lebih baik dari yang lainnya"
"Sejak kami tidak memiliki ekonomi yang kuat, olahraga menjadi cara kami mencari uang, meskipun harus mencari kebahagiaanmu di luar negeri"

2. Bermain tanpa beban

3 Alasan Kroasia Mampu Menjadi Juara Piala Dunia 2018twitter.com/FIFAWorldCup

Pendekatan pelatih Zlatco Dalic dalam permainan Kroasia dianggap menjadi kunci keberhasilan Kroasia hingga bisa lolos ke final. Dia mampu membuat para pemainnya bermain dengan rileks dan memilih waktu yang tepat untuk mengambil kontrol permainan.

Strategi tersebut mampu membuat mereka mengenali kelemahan lawan dan kemudian melakukan sebuah penyerangan yang sesuai. Kroasia mampu tampil tak kenal takut dan pantang menyerah. Hal itu karena mereka mampu bermain lepas tanpa beban. Tak ada tekanan dari media dan fans yang mengganggu konsentrasi mereka.

Disisi lain Prancis akan tampil dengan penuh tekanan. Apalagi mereka sebelumnya gagal di final Euro 2016 dan Piala Dunia 2006. Para pemain hebatnya seperti Kylan Mbappe, Antoine Griezmann dan Giroud pun tak lepas dari kritikan media yang bisa mengganggu fokus mereka nanti.

Hal ini tentunya menjad modal penting bagi Kroasia unuk bisa mengalahkan Prancis di babak final. Terkadang mental bermain bisa menjadi penentu dalam sebuah pertandingan besar, apalagi sekelas Piala Dunia.

3. Faktor keberuntungan berpihak kepada Kroasia

3 Alasan Kroasia Mampu Menjadi Juara Piala Dunia 2018twitter.com/HNS_CFF

Ada sebuah fakta unik di dalam sejarah pagelaran Piala Dunia. Setiap 20 tahun sejak Piala Dunia 1958 selalu mampu melahirkan juara baru. Jika Brazil merengkuh gelar perdananya pada 1958, maka Argentina menjadi negara selanjutnya yang meraih gelar pertamanya pada tahun 1978.

Tahun 1998, Piala Dunia kembali melahirkan juara baru dan sang tuan rumahlah yang keluar sebagai juara, Prancis. Kini 20 tahun kemudian, sejarah seolah terulang kembali. Kroasia mampu lolos ke babak final untuk berhadapan dengan Prancis. Jika melihat fakta ini, maka Kroasia bisa saja menjadi juara baru selanjutnya di Piala Dunia 2018.

Akankah hal ini kembali menjadi fakta Piala Dunia atau justru hanya mitos belaka?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya