Dibungkam Girona di Santiago Bernabeu, Solari: Madrid Masih Bisa Juara

Posisinya turun ke urutan tiga

Di luar dugaan Real Madrid harus mengalami nasib buruk di pekan ke-24 La Liga pada Minggu malam (17/02). Bermain di Santiago Bernabeu, El Real menyerah dari tim papan bawah, Girona dengan skor 1-2.

Real Madrid unggul terlebih dahulu melalui gol Casemeiro (25'), namun bencana hadir di babak kedua saat Girona berhasil mencetak dua gol dalam sepuluh menit melalui tendangan penalti Christian Stuani (65') dan tendangan Portu (75').

Kekalahan ini membuat posisi mereka merosot ke posisi tiga klasemen La Liga sementara, dan tertinggal 9 poin dari Barcelona sebagai pemuncak klasemen. Meski begitu, pelatih El Real Santiago Solari tetap yakin anak asuhnya masih bisa keluar sebagai juara di akhir musim.

1. Unggul lebih dulu, Real Madrid alami mimpi buruk di babak kedua

Dibungkam Girona di Santiago Bernabeu, Solari: Madrid Masih Bisa Juaramarca.com

Catatan delapan laga tak terkalahkan El Real di semua kompetisi harus terhenti di tangan tim papan bawah La Liga, Girona. Secara mengejutkan El Real dipermalukan di hadapan publiknya sendiri.

El Real sebenarnya menguasai jalannya pertandingan hingga 57 persen dan melakukan 19 tendangan ke arah gawang lawan. Namun sang tamu pun tak kalah garang dengan melakukan 14 percobaan.

Real Madrid mampu unggul lebih dulu di babak pertama melalui sundulan Casemeiro usai menerima umpan dari Toni Kroos di menit ke-25. Tampil mendominasi, El mampu menggandakan kedudukan di menit ke-44 melalui Marcelo, sayangnya gol tersebut dianulir wasit melalui VAR karena sang pemain terjebak offside sebelumnya.

Di babak kedua, Madrid masih menguasai laga dengan serangan-serangan berbahaya Asensio-Benzema-Vazquez, namun tak ada satu pun gol tercipta. Tuan rumah justru alami nasib buruk di menit ke-65 usai diganjar tendangan penalti setelah Sergio Ramos menyentuh bola di kotak terlarang. Stuani berhasil mengeksekusi tendangan penalti dengan baik, skor pun menjadi 1-1.

Sepuluh menit kemudian mimpi buruk benar-benar menimpa El Real setelah Girona berbalik unggul melalui gol Portu yang memanfaatkan bola muntah hasil penyelamatan Courtois atas tembakan Anthony Lozano. Di sisa laga, Madrid gagal mencetak gol dan harus rela kalah di hadapan fansnya sendiri.

Baca Juga: Tak Terduga, Girona Tundukkan Real Madrid di Santiago Bernabeu!

2. Catatan hitam Sergio Ramos

Dibungkam Girona di Santiago Bernabeu, Solari: Madrid Masih Bisa Juaraindependent.co.uk

Sergio Ramos menjadi tokoh antagonis bagi klubnya dalam laga malam tadi. Selain menjadi penyebab hadiah penalti bagi lawan yang membuat mereka bangkit, Sergio Ramos juga harus keluar lapangan di menit ke-90 usai diganjar kartu merah akibat tendangan saltonya yang mengenai kepala lawan.

Akibat kartu meraih ini, Sergio Ramos hanya dilarang tampil dalam satu laga sehingga baru akan tampil saat laga El Clasico di Santiago Bernabeu pada pekan ke-26. Namun kartu merah ini melahirkan sebuah catatan buruk lainnya bagi Ramos.

Kini dia tercatat sebagai pemain dengan kartu merah terbanyak di Eropa dengan 25 kartu merah di semua kompetisi, 20 diantaranya dia dapatkan di ajang La Liga. Sebelumnya, Ramos sendiri dipastikan absen di leg kedua Liga Champions melawan Ajax setelah menerima akumulasi kartu kuning.

3. Santiago Solari masih percaya mampu juara

Dibungkam Girona di Santiago Bernabeu, Solari: Madrid Masih Bisa Juarathenewstribune.com

Akibat kekalahan yang diderita, posisi runner up Real Madrid harus digusur oleh Atletico Madrid yang raih kemenangan. Kini El Real berada di posisi ketiga dengan 45 poin, tertingga 9 angka dari Barcelona. Jarak ini tentunya sangatlah besar jika pesaingnya adalah Barcelona yang baru alami dua kekalahan.

Meski begitu, pelatih Real Madrid, Santiago Solari percaya jika peluangnya untuk menjadi juara masihlah terbuka. Kekalahan ini juga memutuskan rekor tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir di semua kompetisi.

"Sama sekali tidak," kata pelatih Solari kepada wartawan ketika ditanya apakah harapan untuk mengejar Barca sudah hilang. "Kami akan terus berjuang di tiga kompetisi yang masih terbuka."

"Minggu ini ada pertandingan untuk rival kami di Eropa dan mereka memiliki pertandingan yang sulit, semuanya melawan tim seperti Girona yang terbukti sangat serius. Kami harus terus maju dan kembali untuk menang."

Laga sangat penting akan digelar pada pekan ke-26 saat Madrid akan menjamu Barcelona di La Liga. Mereka wajib menang jika ingin membuka lebar kesempatan juara musim ini. Jika gagal menang, bisa saja kesempatan mereka untuk juara akan semakin tertutup.

Baca Juga: Kuasai Jalannya Pertandingan, Ajax Malah Kalah 1-2 dari Real Madrid

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya