Comscore Tracker

Prancis Juara Piala Dunia 2018 Tak Lepas Dari Peran La Liga Spanyol

#WorldCup2018 Liga terbaik dunia!

Prancis telah dinobatkan menjadi jawara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) raihan ini menjadi gelar Piala Dunia kedua mereka setelah trofi world cup 1998.

Ada sebuah fakta menarik dibalik keberhasilan tim Ayam Jantan di turnamen 4 tahunan ini. Peran La Liga nyatanya ikut berkontribusi besar dalam kesuksesan mereka, dilansir dari Laliga.es dan Vanguardngr.com. Lho kok bisa?

1. La Liga bersinar di final Piala Dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018 Tak Lepas Dari Peran La Liga Spanyollaliga.es

Laga final Prancis melawan Kroasia di Piala Dunia memang banyak meninggalkan cerita yang sangat menarik. Tak hanya tentang sejarah pertemuan kedua klub, tetapi juga banyaknya pemain asal La Liga yang bermain di laga tersebut.

Ada 11 pemain La Liga yang tercatat bermain untuk kedua tim. Kroasia diisi oleh nama Luka Luka Modric dan Kovacic yang bermain untuk Real Madrid. Sime Vrsljko dan Ivan Rakitic yang bermain untuk Atletico Madrid dan Barcelona.

Sedangkan di tubuh Prancis terdapat 7 pemain yang bermain di Spanyol. Antoine Griezmann, Lucas Hernandez (Atletico Madrid) Ousmane Dembele, Umtiti (Barcelona) Varane (Real Madrid) N'Zonzi (Sevilla) dan satu pendatang baru Thomas Lemar yang baru bergabung dengan Atletico Madrid.

Hal ini menjadi gambaran jika La Liga merupakan Liga terbaik dunia yang dihuni oleh pemain-pemain top dunia.

2. Catatan apik pemain La Liga bagi timnas Prancis

Prancis Juara Piala Dunia 2018 Tak Lepas Dari Peran La Liga Spanyoltwitter.com/equipedefrance

Sepanjang turnamen Piala Dunia 2018, para pemain La Liga mencatatkan hal yang menarik. 24 pemain dari sepuluh klub La Liga mampu mencetak 40 gol secara keseluruhan. Selain itu pula 21 pemain mereka mampu menjadi MVP dari 64 pertandingan yang dihelat.

Catatan lebih mentereng mampu diukir pemain La Liga yang bermain untuk tim Ayam Jantan. Antoine Griezmann menjadi yang paling bersinar. Dia mampu mencetak 4 gol dan menjadi inspirasi kemenangan Prancis di final.

Para pemain bertahan mereka pun tak kalah mentereng. Duet Samuel Umtiti dan Varane mampu menjadi tembok kokoh Les Blues. Mereka juga menjadi kunci kemenangan setelah berhasi mencetak gol di laga knock out. Lucas Hernandez yang bermain bagi Atleti pun tak kalah hebat. Dia mampu mencatatkan dua assist di turnamen 4 tahunan ini.

Meskipun Luka Modric harus kalah di laga final, performanya sepanjang turnamen memang sangatlah luar biasa. Dengan catatan dua golnya dan berhasil mencatat sejarah baru bagi Kroasia, Modric di dapuk sebagai peraih Golden Ball World Cup 2018.

3. La Liga jadi yang terbaik di dunia

Prancis Juara Piala Dunia 2018 Tak Lepas Dari Peran La Liga SpanyolReuters

Beberapa musim terakhir, klub-klub La Liga selalu menguasai Eropa. Real Madrid dan Atletico Madrid mampu menjadi juara Liga Champions dan Liga Eropa musim lalu. Lebih hebat lagi, Real Madrid menjadi juara Liga Champions sebanyak 4 kali dari 5 tahun terakhir.

El Real kini menjadi klub terbanyak yang menjuarai Liga Champions dengan 13 gelar. Sedangkan Liga Eropa dikuasai Sevilla yang telah meraih 5 trofi.

La Liga musim depan akan kehilangan salah satu pemain terbaik dunianya, Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus. Kita akan kehilangan duel Messi Vs Ronaldo di laga El Classico. Namun hal ini bukan berarti La Liga akan kehilangan kepopulerannya. La Liga masih menjadi tempat bagi pemain-pemain top dunia.

Nama-nama pemain hebat seperti Courtois, Kante, Hazard dan Neymar dikabarkan akan menjadi pemain baru yang bergabung di La Liga di musim depan.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

jangan kenal. nanti sayang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You