5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Champions

Nama Sadio Mane dan Edouard Mendy jadi yang teranyar

Piala Afrika merupakan ajang sepak bola paling bergengsi bagi negara-negara di Benua Afrika. Tahun ini, gelar tersebut pun jatuh ke tangan Senegal yang banyak dihuni oleh sederet pemain bintang. Sebut saja Sadio Mane di sektor penyerangan dan tembok kokoh bernama Edouard Mendy yang siap menjaga gawang Senegal tetap suci.

Uniknya, kedua pemain tersebut juga pernah merasakan manisnya juara Liga Champions yang merupakan trofi paling bergengsi bagi klub-klub sepak bola di Benua Eropa. Maka tak heran pencapaian mereka kali ini terbilang luar biasa.

Termasuk Sadio Mane dan Edouard Mendy, berikut lima pemain top yang pernah mengangkat trofi Piala Afrika dan Liga Champions selama berkarier.

1. John Obi Mikel

5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Championspotret John Obi Mikel (twitter.com/mikel_john_obi)

John Obi Mikel merupakan salah satu pemain kunci Chelsea kala mereka menjuarai Liga Champions di tahun 2012. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Mikel merupakan orang pertama yang bertugas memotong arus serangan lawan. Hal itu pun terbukti saat anak asuhan Roberto Di Matteo memboyong trofi Liga Champions ke Stamford Bridge usai mengalahkan Bayern Munchen di kandangnya sendiri. 

Penampilan gemilang John Obi Mikel tak berhenti sampai di situ saja. Sebab, semusim berselang, ia mampu membawa Nigeria menjuarai Piala Afrika 2013. Penampilan gemilangnya saat itu bahkan membuatnya menjadi runner up pemain Afrika terbaik di tahun yang sama.

2. Edouard Mendy

5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Championspotret Edouard Mendy (twitter.com/ChampionsLeague)

Edouard Mendy tampil luar biasa di musim debutnya bersama Chelsea. Berkat penampilan solidnya di bawah mistar, ia selalu menjadi pilihan utama Thomas Tuchel. Reflek dan antisipasinya yang begitu menawan sukses membawa Chelsea merengkuh gelar Liga Champions musim 2020/2021. 

Melihat penampilan mantan pemain Rennes tersebut, Senegal jelas mempercayakan gawang mereka pada Mendy di Piala Afrika 2021. Kepercayaan itu mampu dibayar dengan baik oleh Mendy dengan menjadi pahlawan pada babak adu penalti kontra Mesir di partai puncak. Maka tak heran, FIFA memberikan gelar kiper terbaik dunia 2021 kepadanya.

Baca Juga: Edouard Mendy: Berkelana dari Prancis, Sukses Besar di Inggris

3. Yaya Toure

5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Championspotret Yaya Toure (skysports.com)

Yaya Toure memang begitu bersinar ketika membela Manchester City. Namun, Toure justru mendapat gelar Liga Champions ketika masih berkostum Barcelona. Bahkan, Toure turut membantu anak asuhan Pep Guardiola kala itu meraih treble winner di musim 2008/2009.

Toure kemudian menjadi andalan Pantai Gading di Piala Afrika 2015. Kala itu pergerakannya di lini tengah yang begitu indah bikin The Elephants sukses merengkuh gelar juara. Namanya bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika di tahun yang sama.

4. Samuel Eto'o

5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Championspotret Samuel Eto'o (skysports.com)

Samuel Eto'o merupakan salah satu pesepak bola terhebat yang pernah lahir di tanah Afrika. Sebab, ia punya koleksi tiga gelar Liga Champions yang ia rengkuh saat bersama Barcelona dan Inter Milan. Bahkan, Eto'o pernah meraih treble winner secara back to back untuk kedua tim tersebut.

Penampilannya kala membela Timnas Kamerun pun tak kalah gemilang. Eto'o sukses membawa The Indomitable Lions menjadi jawara Piala Afrika pada 2000 dan 2002. Bahkan, total 18 gol yang ia buat menorehkan namanya sebagai top skor sepanjang masa Piala Afrika hingga saat ini.

5. Sadio Mane

5 Pemain Top yang Kawinkan Trofi Piala Afrika dan Liga Championspotret Sadio Mane (twitter.com/ChampionsLeague)

Selain Edouard Mendy, salah satu punggawa Senegal yang berjasa besar mengantar negaranya juara Piala Afrika 2021 adalah Sadio Mane. Sepanjang turnamen ia tampil tajam dengan sumbangan empat gol. Mane juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen edisi kali ini.

Mane memang merupakan pemain yang sangat penting bagi Liverpool. Bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino, ketiganya merupakan trio penyerang yang sangat ditakuti di kancah sepak bola Eropa dalam beberapa waktu belakangan. Terbukti Liverpool berhasil ia bawa menjuarai Liga Champions 2019 usai menundukkan Tottenham Hotspurs di partai final.

Mengawinkan gelar Liga Champions dan Piala Afrika memang bukan hal yang mudah untuk dicapai. Maka tak heran, prestasi sederet pemain tersebut layak menasbihkan nama mereka sebagai salah satu pemain terbaik Afrika.

Baca Juga: Sadio Mane Berpotensi Cabut dari Liverpool Demi Barcelona Atau Madrid

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya