5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPL

Ada Anthony Martial hingga Andy Cole

Nomor 9 menjadi salah satu nomor yang paling sering digunakan para penyerang, termasuk pemain Manchester United. Nomor ini kini tak bertuan setelah Anthony Martial dipinjamkan ke Sevilla dan sepertinya tak akan kembali ke Old Trafford.

Nomor punggung ini sendiri menjadi salah satu yang keramat bagi The Red Devils, selain nomor 7 dan 10. Banyak pemain hebat yang pernah menggunakannya. Sedikitnya ada lima pemain terbaik Manchester United era English Premier League (EPL) yang pernah memakai nomor punggung 9.

1. Anthony Martial

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPLAnthony Martial (skysports.com)

Anthony Martial yang kini menjadi pemain pinjaman Sevilla sudah akrab dengan nomor 9 sejak kedatangannya ke Manchester United pada 2015. Awalnya, ia sempat digadang-gadang menjadi striker masa depan Setan Merah.

Kendati begitu, permainannya tak banyak mengalami kemajuan dan cenderung tak konsisten. Kini, bersama Sevilla, Martial bahkan tak mencetak sebiji gol pun dari sembilan kali turun di LaLiga 2021/2022. Hal ini membuat peluangnya untuk kembali ke Old Trafford cukup sulit.

2. Romelu Lukaku

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPLRomelu Lukaku (skysports.com)

Romelu Lukaku tampil menjanjikan pada awal kedatangannya ke Old Trafford dengan mencetak 10 gol dari 9 pertandingan pertamanya. Penyerang asal Belgia tersebut juga membukukan 27 gol pada musim pertamanya di semua kompetisi.

Sayangnya, ketajamannya yang perlahan menurun ditambah faktor kebugaran membuatnya bertahan 2 musim saja bersama Manchester United. Lukaku kemudian tampil menawan ketika menerima pinangan Inter Milan, sebelum kembali ke Premier League bersama Chelsea.

Baca Juga: 5 Bintang Manchester United yang Minim Kontribusi pada 2021/2022

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPLZlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Datang ke Manchester United pada 2016, Zlatan Ibrahimovic bisa dibilang mencuri nomor punggung 9 dari Anthony Martial. Ibrahimovic yang kala itu berusia 34 tahun tampil produktif dengan torehan 28 gol di semua kompetisi.

Malang tak bisa dihindari, ia harus mengalami cedera lutut parah yang membuat perannya digantikan Romelu Lukaku. Meskipun singkat, kiprahnya di Premier League patut mendapat apresiasi, terlebih usianya sudah tak muda lagi saat itu.

4. Dimitar Berbatov

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPLDimitar Berbatov (skysports.com)

Meskipun dikenal sebagai striker pemalas, jangan pernah meragukan ketajaman seorang Dimitar Berbatov di depan gawang lawan. Bersama Wayne Rooney, ia menjadi ujung tombak andalan Sir Alex Ferguson.

Berbatov bahkan pernah mendapat Golden Boot pada 2010/2011 ketika menyarangkan dua puluh gol di English Premier League. Penyerang asal Bulgaria tersebut juga membantu The Red Devils meraih dua gelar EPL.

5. Andy Cole

5 Pemilik Nomor Punggung 9 Terbaik Manchester United Era EPLAndy Cole (manutd.com)

Gelar pemain dengan nomor punggung 9 terbaik di Manchester United sepertinya masih menjadi milik Andy Cole. Bagaimana tidak, ia mampu mencetak 121 gol dari 275 pertandingan bersama Setan Merah.

Duetnya di lini depan bersama Dwight Yorke merupakan salah satu yang paling mematikan saat itu. Cole turut membawa Manchester United membawa pulang 5 gelar Premier League, 2 Piala FA, serta 1 trofi Liga Champions.

Nomor punggung 9 kini tanpa pemilik semenjak ditinggal Anthony Martial yang dipinjamkan ke Sevilla. Lantas, siapakah nantinya yang akan mewarisi nomor keramat tersebut di Manchester United?

Baca Juga: 5 Bintang EPL dengan nomor punggung 29, Nomor 1 Pemain Chelsa

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya