5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim Terakhir

Erling Haaland borong dua gol

Erling Haaland berhasil menjadi pencetak gol pertama English Premier League (EPL) 2023/2024. Pemain asal Norwegia tersebut memborong dua gol dalam kemenangan Manchester City atas Burnley (3-0), Sabtu (12/8/2023). Dengan hasil ini, Erling Haaland makin membuktikan dirinya sebagai salah satu predator terbaik di dunia.

Mencetak gol pembuka di EPL memang sesuatu yang mengesankan, terutama jika mampu membawa timnya meraih kemenangan. Gol tersebut juga bisa menjadi pemicu gol-gol berikutnya bagi sang pemain. Berikut lima pencetak gol pembuka Premier League dalam 5 musim terakhir.

1. Grant Hanley mencetak gol ke gawang sendiri pada 2019/2020

5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim TerakhirGrant Hanley (premierleague.com)

Laga baru berjalan 7 menit, Grant Hanley sudah mengubah papan skor pada pertandingan Norwich City melawan Liverpool. Sayang, gol tersebut justru bersarang ke gawangnya sendiri. Pada akhir pertandingan, Norwich City harus bertekuk lutut di hadapan Liverpool dengan skor telak 1-4.

Grant Hanley menjadi pencetak gol pembuka Premier League kedua yang menyarangkan bola ke gawangnya sendiri. Ini pernah dilakukan Kyle Walker pada 2015/2016 ketika Tottenham Hotspur melawan Manchester United. Hanley sendiri saat ini masih berseragam The Canaries dan merupakan kapten bagi timnya.

2. Alexandre Lacazette jadi pembuka keran gol pada 2020/2021

5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim TerakhirAlexandre Lacazette (premierleague.com)

Alexandre Lacazette menjadi pembuka keran gol pada 2020/2021. Pada pekan pertama melawan Fulham, ia membawa Arsenal unggul ketika laga baru berjalan 8 menit. Sumbangan masing-masing satu gol dari Gabriel Magalhaes dan Pierre-Emerick Aubameyang membawa Arsenal menang dengan skor 3-0.

Penyerang asal Prancis tersebut menjadi pemain pertama yang mencetak gol pembuka dalam 2 musim berbeda. Lacazette juga mencatatkan raihan serupa pada 2017/2018. Saat ini, Lacazette telah meninggalkan Arsenal untuk bergabung bersama Olympique Lyon.

Baca Juga: Manchester City Permalukan Burnley di Kandangnya

3. Gol Sergi Canos kejutkan Arsenal pada 2021/2022

5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim TerakhirSergi Canos (premierleague.com)

Berstatus sebagai tim promosi tak membuat Brentford gentar saat menghadapi Arsenal. Mereka langsung menggebrak dengan gol pembuka yang dicetak Sergi Canos. The Bees makin nyaman ketika Christian Norgaard menggandakan keunggulan pada menit ke-73.

Hingga akhir laga, Arsenal tak mampu membalas gol yang membuat mereka tersungkur di tangan tim promosi. Canos menjadi pemain Spanyol kedua yang menjadi pencetak gol pembuka Premier League setelah Michu pada 2012/2013. Gol tersebut merupakan 1 dari 3 gol Canos di EPL musim itu.

4. Gabriel Martinelli menjadi pencetak gol pertama pada 2022/2023

5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim TerakhirGabriel Martinelli (premierleague.com)

Gabriel Martinelli bersanding dengan Martin Odegaard sebagai top skor Arsenal di Premier League 2022/2023 dengan 15 gol. Penampilannya yang memukau sepanjang musim juga hampir membawa Arsenal menjadi juara. Penyerang asal Brasil tersebut menjadi pembuka keran gol Arsenal ketika timnya melawan Crystal Palace.

Dalam laga yang dihelat di Selhurst Park, markas Crystal Palace, Martinelli berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-20. Tim tuan rumah yang mencoba menyamakan kedudukan justru semakin tertinggal ketika Marc Guehi mencetak gol bunuh diri. Kemenangan ini menjadi modal Arsenal yang sempat cukup lama menjadi pemuncak Premier League musim itu.

5. Erling Haaland borong dua gol pada laga pembuka Premier League 2023/2024

5 Pencetak Gol Pembuka Premier League dalam 5 Musim TerakhirErling Haaland (premierleague.com)

Pada musim pertamanya di Premier League, Erling Haaland sudah membuktikan ketajamannya dengan menjadi top skor. Pada musim keduanya, Haaland tak butuh waktu lama untuk mengukir namanya di papan skor. Bertandang ke Burnley, Haaland membuka keunggulan Manchester City pada menit keempat.

Penyerang asal Norwegia tersebut kembali mencetak gol pada menit ke-36 untuk menggandakan keunggulan Manchester City. Gol Rodri pada babak kedua melengkapi kemenangan 3-0 bagi sang juara bertahan. Koleksi dua gol ini menjadi modal penting bagi Haaland yang ingin mempertahankan gelarnya sebagai top skor EPL.

Menjadi pencetak gol pembuka memang sesuatu yang mengesankan untuk dilakukan, terutama di ajang sekelas Englis Premier League. Mampukah Haaland mempertahankan gelar top skornya pada akhir musim? Kita lihat saja berapa gol yang mampu ia cetak musim ini!

Baca Juga: Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi Haaland

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya