5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023

Ambil kesempatan bermain di liga top Eropa

Redbull Salzburg, klub raksasa Austria, dikenal sebagai salah satu klub yang piawai dalam pencarian dan pengembangan talenta muda berbakat. Tak heran reputasi tersebut membuat RB Salzburg sering dipantau klub-klub top Eropa yang sedang mencari pemain baru. Alhasil, hampir selalu ada pemain andalan mereka yang hengkang dari Red Bull Arena tiap musimnya.

Pada musim panas 2023, ada beberapa pemain andalan RB Salzburg yang memutuskan hengkang. Hasil penjualan mereka tentunya membawa keuntungan bagi klub. Sementara, dari sisi pemain, itu menjadi kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya. Lantas, siapa saja pemain andalan RB Salzburg yang hengkang pada bursa transfer musim panas 2023 ini? Simak daftar namanya berikut ini!

1. Benjamin Sesko (RB Leipzig)

5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023Benjamin Sesko menambah daya serang RB Leipzig untuk 2023/2024. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Benjamin Sesko diboyong RB Salzburg dari klub Slovenia, NK Domzale, pada Juli 2019. Bersama mereka, Sesko mulai menunjukkan ketajamannya sebagai seorang striker. Pemain berusia 20 tahun ini tampil dalam 79 laga dan mampu menorehkan 29 gol serta 11 assist dalam 3 musim. Tak ayal sosok Sesko pun digadang sebagai penerus Erling Haaland, mantan striker andalan Salzburg beberapa tahun silam.

Penampilan mengesankan Sesko membuat sister-club RB Salzburg di Jerman, RB Leipzig, kepincut kepadanya. Pada Agustus 2022, Salzburg dan Leipzig mengumumkan kesepakatan transfer Sesko dengan biaya 24 juta euro atau Rp399 miliar, tetapi Sesko baru akan bergabung pada Juli 2023. Kehadiran Sesko sendiri akan menambah daya gedor Leipzig bersama Andre Silva, Timo Werner, serta rekrutan termahal Leipzig, Lois Openda.

2. Nicolas Seiwald (RB Leipzig)

5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023Nicolas Seiwald siap mengawal lini tengah RB Leipzig pada 2023/2024. (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Nicolas Seiwald merupakan pemain didikan akademi RB Salzburg. Dirinya mendapat debut profesionalnya pada November 2020, lalu mulai dipercaya sebagai gelandang andalan klub. Selama membela Salzburg, Seiwald tampil dalam total 108 laga dan mampu mengemas 5 gol serta 15 assist. Pada 2022/2023, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik RB Salzburg berkat performa gemilangnya.

Pada Juli 2023, RB Leipzig resmi mendatangkan Seiwald ke Red Bull Arena. Biaya transfer mencapai 20 juta euro atau Rp333 miliar mesti digelontorkan Die Rotten Bullen untuk memboyong penggawa Timnas Austria itu. Sosok Seiwald sendiri diproyeksikan sebagai pengganti Konrad Laimer—yang juga merupakan kompatriotnya di Timnas Austria—karena kontraknya telah berakhir pada musim panas 2023 ini.

Baca Juga: 7 Pemain RB Salzburg yang Pindah ke Serie A, Noah Okafor Terbaru

3. Noah Okafor (AC Milan)

5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023Noah Okafor bergabung dengan AC Milan pada musim panas 2023. (instagram.com/noah.arinze)

Pada Januari 2020, Noah Okafor memutuskan hengkang dari FC Basel untuk bergabung dengan RB Salzburg. Okafor pun lantas menjadi salah satu pemain andalan Salzburg. Selama 4 musim membela Salzburg, Okafor dipercaya untuk tampil dalam 110 laga. Dari penampilannya, ia mampu menorehkan 34 gol serta 23 assist. Selain posisi striker, Okafor dapat bermain di posisi sayap kanan maupun kiri.

Setelah menikmati kariernya di Austria, Okafor memutuskan hijrah ke Italia usai direkrut AC Milan pada Juli 2023. Okafor didatangkan ke San Siro dengan biaya mencapai 14 juta euro atau Rp233 miliar. Penggawa Timnas Swiss ini menyepakati kontrak selama 5 tahun bersama AC Milan dan akan menggunakan nomor punggung 17.

4. Philipp Kohn (AS Monaco)

5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023Philipp Kohn diproyeksikan sebagai kiper utama AS Monaco. (asmonaco.com)

Philipp Kohn mencoba peruntungannya di Austria bersama RB Salzburg pada Juli 2018 setelah malang melintang di Jerman. Dirinya mulai mendapat kepercayaan di bawah mistar gawang Salzburg setelah sempat dipinjamkan ke Swiss pada 2020/2021. Kohn kemudian menjadi andalan Salzburg dalam 83 laga mulai pada 2021/2022. Dari penampilannya, ia kebobolan sebanyak 68 kali dengan catatan 35 clean sheet.

Pada musim panas 2023, Kohn memutuskan Ligue 1 Prancis sebagai destinasi karier selanjutnya. Dirinya direkrut AS Monaco dengan biaya 10 juta euro atau Rp166 miliar untuk menggantikan posisi Alexander Nubel yang berakhir masa peminjamannya dari Bayern Munich. Bersama Monaco, Kohn menyepakati kontrak hingga 2028.

5. Junior Adamu (SC Freiburg)

5 Pemain Andalan RB Salzburg yang Hengkang pada Musim Panas 2023Kedatangan Junior Adamu menambah opsi striker Freiburg pada 2023/2024. (instagram.com/jr.adamu)

Nama Junior Adamu menambah daftar panjang pemain muda berbakat yang pernah dibina RB Salzburg. Sempat dipinjamkan ke St Gallen di Swiss pada 2020/2021, Adamu mulai tampil reguler bersama Salzburg setelahnya. Berposisi sebagai striker, Adamu mampu mencetak 23 gol serta 11 assist dalam 84 laga.

Statistik Adamu yang cukup mengesankan diam-diam menarik perhatian klub Bundesliga Jerman, SC Freiburg. Mereka memutuskan memboyong Adamu pada Juli 2023 dengan biaya 6 juta euro atau Rp100 miliar. Kehadiran Adamu diharapkan dapat memperbanyak opsi striker Freiburg usai ditinggalkan Kevin Schade yang hengkang ke Brentford dan Nils Pietersen yang memutuskan pensiun.

Mengingat bursa transfer musim panas 2023 masih berlangsung, besar kemungkinan ada nama lain dari pemain andalan RB Salzurg yang akan hengkang. Namun, ini bukan masalah berarti bagi Salzburg mengingat mereka selalu bisa mencari penggantinya. Selain itu, klub Liga Austria tersebut masih memiliki pemain-pemain muda yang siap diorbitkan ke skuad utama.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan RB Salzburg yang Menjuarai Premier League

Gilang Rama W. Photo Verified Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya