Laga Pembuka Piala Dunia 2018: Rusia Pesta 5 Gol ke Gawang Arab Saudi

#WorldCup2018 Sukses tuan rumah nih

Jakarta, IDN Times - Rusia nampaknya benar-benar memanfaatkan status sebagai tuan rumah. Bermain menghadapi Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Igor Akinfeev dan kolega mampu menang dengan skor 5-0.

Yuri Gazinsky, Dennis Cheryshev (dua gol), Artem Dzyuba dan Aleksandr Golovin menjadi aktor dibalik kemenangan sang tuan rumah atas tamunya.

Berikut jalannya pertandingan Rusia kontra Arab Saudi.

1. Rusia mendominasi babak pertama

Laga Pembuka Piala Dunia 2018: Rusia Pesta 5 Gol ke Gawang Arab SaudiTwitter/@FIFAWorldCup

Rusia nampaknya benar-benar memanfaatkan status sebagai tuan rumah. Buktinya, pertandingan baru berjalan 11 menit mereka sudah unggul berkat gol yang dicetak Yuri Gazinsky melalui sundulan berkat umpan Aleksandr Golovin dari sisi kanan pertahanan Arab Saudi. Gol tersebut juga menjadi yang pertama di Piala Dunia 2018.

Tiga menit berselang, Rusia nyaris menambah keunggulan melalui Alan Dzagoev. Namun, masih bisa digagalkan oleh kiper Arab, Abdullah Al-Mayouf.

Nasib sial kembali menerpa Dzagoev. Ia tak bisa menutupi kesedihan di wajahnya begitu mengetahui jika dirinya harus diganti oleh Denis Cheryshev pada menit ke-24.

Cheryshev pun membuktikan bahwa sang pelatih tak salah memilihnya masuk sebagai pengganti Dzagoev. Dua menit jelang berakhirnya waktu normal babak pertama, dirinya mampu memperbesar keunggulan setelah melewati dua orang di dalam kotak pinalti Arab. Gol tersebut membuat Rusia unggul dua gol tanpa balas pada babak pertama. Pada babak kedua Rusia semakin dominan dan menambah tiga gol.

2. Tampil mendominasi

Laga Pembuka Piala Dunia 2018: Rusia Pesta 5 Gol ke Gawang Arab SaudiTwitter/@FIFAWorldCup

Sudah unggul dua gol, Rusia mulai mengendurkan serangan. Alhasil Arab Saudi pun bisa menguasai bola di wilayah pertahanan Rusia. Sayangnya, mereka masih kesulitan membobol gawang Rusia yang dijaga Akinfeev.

Meski tempo pertandingan melambat, Rusia kembali mampu memperbesar keunggulan berkat gol yang dicetak oleh Artem Dzyuba pada menit ke-71 setelah menerima umpan dari Golovin. Hebatnya, Dzyuba baru masuk pada menit ke-70 menggantikan Fyodor Smolov. Gol tersebut membuat Golovin menjadi pencetak assists terbanyak dengan total dua assists. Selain itu, ada fakta menarik yang menunjukan bahwa dua dari lima gol Rusia ke gawang Arab dicetak oleh pemain pengganti yang berbeda.

Formasi Rusia vs Arab Saudi

Laga Pembuka Piala Dunia 2018: Rusia Pesta 5 Gol ke Gawang Arab SaudiTwitter/@Sports_NDTV

Rusia

Akinfeev; Fernandes, Kutepov, Ignashevich, Zhirkov; Samedov, Dzagoev, Gazinskiy, Golovin, Zobnin, Smolov

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Arab Saudi

Abdullah; Alburayk, Osama, Omar, Yasser; Salem, Taiseer, Yahia, Otayf, Al Faraj; Alsahlawi

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

 

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya