Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami Baik

PSSI tak menyetujui rencana Shin Tae-yong gelar TC di Korsel

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan kritikan cukup pedas kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal itu langsung ditanggapi oleh federasi sepak bola tertinggi Tanah Air yang menyebut jika pernyataan itu belum tentu keluar dari mulut pelatih berusia 51 tahun tersebut.

"Di Indonesia muncul seribu kasus baru virus corona setiap hari, tapi PSSI meminta saya kembali memimpin latihan. Sikap PSSI berubah, padahal awalnya menjanjikan dukungan penuh kepada saya," kata Shin Tae-yong kepada News Join.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong merasa kecewa karena sikap PSSI yang berubah-ubah sehingga selalu ada pergantian kebijakan dan pengurus baru.

Kejadian tersebut bermula saat Shin Tae-yong membeberkan keinginannya kepada salah satu media domestik untuk membawa Timnas U-19 menyiapkan pemusatan latihan di Korea Selatan. Hanya saja, PSSI belum memberikan kejelasan terkait hal itu dan membuat dirinya merasa tak didukung.

1. Shin Tae-yong sebut PSSI sering gonta-ganti kebijakan dan pengurus

Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami BaikPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Dia juga menyebut jika PSSI sering gonta-ganti pengurus dan kebijakan. Dia menganggap hal itu sedikit aneh, karena negara-negara yang maju sepak bolanya, masyarakat tahu federasi secara transparan.

Bahkan, dia pun menyinggung terkait keluarnya Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

"Sekjen, (Ratu) Tisha yang punya banyak kemampuan besar dan sangat disukai oleh masyarakat pun keluar secara tiba-tiba pada April lalu," kata mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2020.

Baca Juga: Shin Tae-yong Akui Sudah Digaji PSSI, tapi Dipotong 50 Persen

2. PSSI menilai jika sejauh ini dalam komunikasinya dengan Shin Tae-yong masih baik

Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami BaikSatgas Timnas bersama pengurus PSSI. Dok PSSI

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi kaget mendengar kabar yang menyeruak dari salah satu media Korsel. Namun, dirinya menyebut pernyataan Shin Tae-yong di media Korea Selatan itu bukan langsung darinya.

"Karena sejauh ini komunikasi yang kami bangun dengan Shin Tae-yong tidak ada statement seperti itu," kata Yunus Nusi.

"Kami juga sudah tanyakan dan konfirmasi ke Shin Tae-yong apakah buat statement seperti itu. Kita kan juga tidak tahu media Korea Selatan seperti apa. Jadi kami tunggu Shin Tae-yong saja," kata Yunus.

"Kami tidak akan bicara selama belum ada komunikasi langsung dari Shin Tae-yong," lanjut Yunus Nusi.

3. Belum ada kejelasan kapan Shin Tae-yong kembali ke Indonesia

Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami BaikPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin Timnas U-19 melakukan seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti CIkarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Shin Tae-yong sejauh ini belum menampakkan batang hidungnya di Indonesia karena masih berada di kampung halamannya. Namun, dia diminta secepatnya kembali ke Tanah Air untuk menyiapkan Timnas U-19 tampil di Piala Asia pada Oktober 2020 dan Piala Dunia U-20 tahun depan.

Usai bersitegang akibat pernyataannya ke media Korsel, sampai saat ini, belum ada kepastian kapan Shin Tae-yong datang kembali ke Indonesia. Terlebih, virus corona jadi kendala utama kepulangan Shin Tae-yong ke Indonesia, padahal dia merupakan sosok yang begitu penting untuk mengemban tugas pengembangan pemain di lapangan.

Baca Juga: PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya