Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Inggris Pemalukan Italia

Kane cetak gol ke 54 untuk Inggris

Jakarta, IDN Times - Inggris mampu mengunci kemenangan dalam aksi perdananya di babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2024. Bersuatuan rumah Italia di Stadion Diego Maradona, Naples pada Jumat (24/3/2023), skuad The Three Lions menang tipis 1-2.

Dua gol kemenangan Inggris dalam laga ini dicetak Declan Rice (13’) dan Harry Kane melalui titik putih (43’). Sementara, satu gol hiburan skuad Gli Azzurri melalui Mateo Retegui (56’).

1. Inggris unggul cepat lewat gol Declan Rice

Jalannya pertandingan berlangsung alot sejak duel dimulai. Namun, Inggris lebih dulu membuat ancaman melalui aksi Bukayo Saka saat laga belum berjalan delapan menit. Sayang, dia gagal mengkonversi peluang menjadi gol. 

tim besutan Gareth Southgate unggul cepat saat laga baru berjalan 13 menit. Declan Rice mampu mencatatkan namanya di papan skor pada laga ini. Dia mampu melepaskan sepakan keras ke gawang Italia yang tak bisa dibendung Gianluigi Donnarumma.

Baca Juga: 5 Negara Paling Sering Bersua Timnas Inggris, Bagaimana Hasilnya?

2. Italia kebobolan lagi jelang turun minum

Tertinggal satu gol, Italia tampil lebih menyerang. Mereka terlihat berusaha untuk bisa menyamakan skor. Anak asuh Roberto Mancini ini melakukan berbagai cara membongkar pertahanan Inggris yang tampil disiplin.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Italia justru harus dihukum penalti usai Di Lorenzo menyentuh bola dengan tangannya di kotal penalti saat terjadi sepak pojok. Harry Kane yang ditunjuk jadi eksekutor, dengan dingin bisa mengeksekusi bola mati itu jadi gol kedua Inggris.

Gol itu membuat catatan gol Kane untuk negaranya bertambah. Dia sudah membukukan 54 gol, sekaligus membuat rekor gol terbanyak untuk Timnas Inggris saat ini.

Italia berusaha untuk bisa mengubah keadaan di sisa waktu babak pertama ini. Walau bisa menciptakan beberapa acaman, mereka tak bisa melakukan apapun. Skor 0-2 untuk keunggulan Inggris bertahan sampai turun minum.

3. Italia bisa curi gol lewat aksi Retegui

Memasuki babak kedua, Inggris tampil lebih santai. Hal itu dimanfaatkan Italia untuk tampil lebih agresif. Mereka terus menekan pertahanan Inggris, mencari peluang untuk bisa mencuri satu gol memperpendek jarak ketertinggalan.

Mateo Retegui akhirnya bisa membobol gawang Inggris menit 56. Dia mampu memanfaatkan peluang jadi gol usai kiper Inggris, Jordan Pickford melakukan kesalahan. Skor berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan Timnas Inggris.

Kedua kesebelasan berusaha untuk mengubah keadaan di sisa waktu pertandingan. Hanya saja, kedua kesebelasan gagal mencetak gol. Hasil akhir laga babak kualifikasi Piala Eropa 2024 ini pun dimenangkan Inggris 1-2.

Baca Juga: 5 Momen Terakhir Timnas Inggris Bertarung di Piala Eropa, Gagal Juara!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya