Lawan Pelecehan Rasial, Guardiola Dukung Permain ManCity Walk-Out 

Pemain Man City diizinkan untuk meninggalkan pertandingan

Jakarta, IDN Times - Manajer Manchester City, Josep Guardiola, mendukung para pemainnya jika melakukan walk-out dalam sebuah pertandingan sebagai bentuk protes terhadap pelecehan rasial.

"Tentu saja. Saya mendukung para pemain saya, saya mendukung inisiatif ini," kata Guardiola pada konferensi pers dikutip dari Antara, Rabu (25/12). 

Pelecehan rasial memang kerap terjadi di Liga Inggris. Kasus terakhir menimpa bek Chelsea, Antonio Ruediger, saat timnya tampil menghadapi tuan rumah Tottenham Hotspurs.

1. Pelecehan rasial sudah terjadi sejak lama di sepak bola

Lawan Pelecehan Rasial, Guardiola Dukung Permain ManCity Walk-Out Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengutuk aksi rasial terhadap pemain di lapangan hijau. Man City.Com

Pelecehan rasial di dalam sepak bola memang bukan barang baru. Hal tersebut sudah terjadi cukup lama. Menurutnya, kejadian itu sudah acap kali berlangsung sejak beberapa dekade lalu.

Bahkan, terjadi berabad-abad di dunia sepak bola dalam penglihatan setiap pertandingan, setiap minggu, setiap hari, yang banyak mempertontonkan tindakan itu terjadi.

"Itu sudah terjadi sejak lama. Kita harus bertarung, lagi dan lagi. Ini adalah pertempuran orang-orang setiap hari. Tentu saja, semua inisiatif (walk-out) itu bisa dilakukan para pemain dan federasi, kami akan mendukung," ujar mantan pelatih Barcelona tersebut.

2. Butuh banyak waktu untuk menghilangkan pelecehan rasial di sepak bola

Lawan Pelecehan Rasial, Guardiola Dukung Permain ManCity Walk-Out Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengutuk aksi rasial terhadap pemain di lapangan hijau. The Guardian

Oleh sebab itu, tindakan rasial merupakan masalah yang harus diperangi setiap hari, di sekolah, keluarga-keluarga di rumah. Sehingga, hal itu bisa membuat masyarakat bersosialisasi lebih baik di masa depan dan untuk menyelamatkan generasi berikutnya.

"Saya tidak berpikir itu akan sepenuhnya diberantas. Kita harus berjuang tetapi kita akan membutuhkan banyak waktu untuk memberantasnya," tutur dia.

3. Gardiola berkomitmen menghilangkan pelecehan rasial di sepak bola

Lawan Pelecehan Rasial, Guardiola Dukung Permain ManCity Walk-Out Poster anti-rasisme Serie A. twitter.com/grimanditweets

Guardiola yang secara blak-blakan mendukung anti-rasisme percaya, masalah tersebut jauh melampaui batas sepak bola karena urusan kemanusiaan. Mungkin, tak mudah bagi siapa pun untuk bisa menghapus tindakan rasialis atau sulit jika masalah itu sepenuhnya hilang.

Tak pelak, Guardiola pun siap membantu untuk menghilangkan masalah rasial, terutama di sepak bola. Bersama penggawa Manchester City, Guardiola bakal terus memerangi masalah tersebut setiap waktu hingga tak ada lagi permasalahan semacam itu.

Baca Juga: Ozil Tanggung Biaya Operasi 219 Anak, Pemain Chelsea: Mashallah!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya