Comscore Tracker

Liga 2 Pakai Sistem Degradasi, 4 Tim Bakal Turun Kasta

Putaran pertama Liga 2 digelar di empat tempat

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kompetisi Liga 2 2021 bakal menerapkan sistem degradasi. Mereka menyebut akan ada empat klub yang bakal terdegradasi di akhir musim.

Sebelumnya, PT LIB merencanakan kompetisi kasta kedua Indonesia ini bakal dimulai pada 26 September 2021. Sebanyak 24 kontestan yang dipastikan ikut dalam ajang ini nantinya dibagi dalam empat grup, masing-masing berisi enam klub. 

Pada babak penyisihan ini, klub akan menjalani pertandingan dalam dua putaran dengan sistem double round robin, layaknya kompetisi Eropa. Dua tim teratas dari masing-masing grup nantinya berhak melaju ke fase selanjutnya. 

1. Empat tim terbawah dari masing-masing grup di babak penyisihan akan terdegradasi

Liga 2 Pakai Sistem Degradasi, 4 Tim Bakal Turun KastaTangkapan layar acara manager meeting PT LIB dan klub Liga 2. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Usai babak penyisihan berakhir, klub yang berada di peringkat buncit dari masing-masing grup dipastikan bakal turun kasta ke Liga 3. Hal itu dipastikan oleh Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam manager meeting yang digelar pada Kamis (16/9/2021).

“Iya empat tim. Masing-masing tim yang berada di posisi terakhir setiap grup akan terdegradasi. Itu sudah ditentukan Exco. Semua sudah ke ranah federasi,” kata Sudjarno kepada awak media. 

Alhasil, kompetisi pun diprediksi berjalan ketat. Setiap tim yang ada di masing-masing grup, tentu tak mau melepaskan setiap pertandingan di babak penyisihan. Sebab, sekali saja terpeleset, risiko turun kasta semakin besar. 

Baca Juga: PT LIB: Liga 2 Digelar Tiga Pekan Usai Liga 1 Berjalan

2. Sebanyak empat tim dipilih jadi tuan rumah putaran pertama

Liga 2 Pakai Sistem Degradasi, 4 Tim Bakal Turun KastaANTARA FOTO/Maulana Surya

PT LIB sudah memutuskan empat tim yang bakal menjadi tuan rumah pada putaran pertama babak penyisihan Liga 2 musim ini. Laga di Grup A bakal dihelat di kandang Sriwijaya FC, Stadion Gelora Jakabaring, Palembang.

Sementara, pertandingan Grup B bakal dilangsungkan di kandang Martapura Dewa United, Stadion Madya, Jakarta. 

Untuk pertandingan Grup C, semua laga bakal dihelat di markas Persis, Stadion Manahan, Solo. Sedangkan duel di Grup D, bakal dilaksanakan di markas Kalteng Putra, Stadion Tuah Pahoe.

3. PT LIB belum tentukan tuan rumah putaran kedua

Liga 2 Pakai Sistem Degradasi, 4 Tim Bakal Turun KastaDirektur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Namun, status tuan rumah empat klub tersebut hanya berlaku pada putaran pertama saja. PT LIB bakal kembali memilih tuan rumah pada putaran dua usai merampungkan babak penyisihan putaran pertama. 

“Untuk tuan rumah putaran kedua, kami sangat mengikuti terkait perkembangan wilayah yang terjadi, terutama perkembangan PPKM di wilayah setempat. Keputusannya baru kami tentukan kembali usai putaran pertama selesai,” ujar Sudjarno.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya