Comscore Tracker

Pelatih Ansan Greeners Titipkan Asnawi ke Shin Tae Yong 

Asnawi melakukan debut bagus di Ansan musim lalu

Jakarta, IDN Times - Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook, menitipkan Asnawi Mangkualam Bahar kepada Shin Tae Yong untuk diurus dengan baik di Timnas Indonesia. 

Hal itu diungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu dalam sebuah wawancara di youtube SPORTS-G, Kamis (20/1/2022).

“Shin Tae-yong? Anaknya (Shin Jae-hyuk) sedang saya sandera di sini (Ansan). Saya sedang memberikan pelatihan khusus. Jadi saya juga minta dia melakukan itu untuk Asnawi (di Timnas Indonesia),” kata Cho sambil berkelakar.

1. Cho Min-kook memproyeksikan Asnawi jadi andalan Ansan Greeners musim depan

Pelatih Ansan Greeners Titipkan Asnawi ke Shin Tae Yong Tangkapan layar Pelatih Ansan Greeners, Cho Min-kook, saat berbicara di kanal YouTube Sports-G untuk meminta Shin Tae Yong menjaga Asnawi dengan baik di Timnas Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Cho memang punya permintaan khusus kepada Shin untuk bisa membuat pemain Ansan itu lebih berkembang. Terlebih, Asnawi diproyeksikan jadi pemain andalan di K-League 2 dan dimaksimalkan untuk membantu Ansan promosi ke kompetisi kasta tertinggi di Korsel.

Sebaliknya, ia juga siap membuat anak Shin yang saat ini berada di Ansan untuk terus naik level hingga menjadi pemain hebat. 

“Shin, saya mengurus anak Anda dengan baik di sini. Anda harus membalas budi untuk itu. Saya bercanda,” kata pelatih berusia 58 tahun itu sambil bercanda.

Baca Juga: Ribut Shin Tae Yong Vs Haruna Soemitro, PSSI Buka Suara

2. Asnawi masih terkendala bahasa

Pelatih Ansan Greeners Titipkan Asnawi ke Shin Tae Yong Asnawi Mangkualam berseragam Ansan Greener (twitter.com/kleague)

Walau bakal jadi andalan di Ansan musim depan, Cho tak menampik jika Asnawi harus bisa terus mengembangkan diri. Dia menilai, pemain asal Makassar ini masih memiliki kekurangan, terutama di sektor non-tenis. Itu dinilai bisa menghambat kemajuan sang pemain di Korsel.

“Asnawi masih belum berani berbicara dengan bahas Korea. Hal itu menimbulkan masalah komunikasi yang tak baik. Sehingga, itu bisa membuat berbahaya [jika dalam permainan;” ujar Cho.

3. Tampil baik bersama Ansan dan Timnas Indonesia

Pelatih Ansan Greeners Titipkan Asnawi ke Shin Tae Yong Asnawi Mangkualam saat tampil bersama Ansan Greeners di ajang K.League 2 musim 2021. (Instagram/@theafchub).

Cho memang tak mengelak potensi Asnawi bersama Ansan. Musim lalu saja, ia dinilai memberikan penampilan yang cukup baik dalam debutnya. Ia tercatat tampil 14 kali dan membuat satu assist bagi timnya. Hal itu cukup baik bagi pemain yang baru pertama kali berkarier di luar negeri.

Bisa saja ia melakukan lebih dari itu. Hanya saja, panggilan Timnas Indonesia dan beberapa kali dibekap cedera, membuat pemain berusia 22 tahun itu harus menepi dan absen membela klub di kompetisi domestik.

Teranyar, ia membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Tampil sebagai kapten, Asnawi ternyata mampu menunjukkan jika dirinya punya kemampuan yang bisa diandalkan Ansan Greeners untuk bisa meraih prestasi di K-League 2.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya