Comscore Tracker

Shin Tae-yong Mau Liga 1 dan Liga 2 Bergulir Lagi

TC Timnas U-19 di Kroasia segera berakhir

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengungkapkan keinginannya agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 segera digulirkan. Dia ingin skuat Garuda Muda bisa tampil dalam kompetisi resmi pascamenjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Timnas U-19 hampir menyelesaikan program TC di Kroasia yang sudah berjalan sejak 30 Agustus 2020. Mereka bakal kembali ke tanah air pada 27 Oktober 2020, kemudian dibubarkan untuk kembali ke klub masing-masing.

"Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat Timnas U-20. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2, bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

1. Ini alasan Shin Tae-yong ingin kompetisi kembali bergulir

Shin Tae-yong Mau Liga 1 dan Liga 2 Bergulir LagiPemain PSM Makassar, Hasyim Kipuw (tiga dari kiri), berusaha mendang bola di dalam kotak penalti Persib Bandung, pada pertandingan pekan terakhir Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (Instagram.com/psm_makassar)

Shin Tae-yong ngotot ingin lanjutan kompetisi kasta pertama dan kedua itu segera ditentukan. Dia mau para pemain yang sudah menjalankan programnya terus bisa mengasah diri di klub, melalui kompetisi.

"Ujung sebuah kompetisi itu timnas, karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Itu akan beda, lantaran Timnas U-19 hanya menjalani training camp dan uji coba dengan negara lain atau klub," ujar pelatih berusia 51 tahun itu.

"Jadi tak bisa menunda-nunda kompetisi, karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus," lanjut dia.

Baca Juga: Debut Bersama Timnas U-19, Ini Kata Dua Pemain Keturunan Jerman

2. Kepolisian belum berikan izin keramaian

Shin Tae-yong Mau Liga 1 dan Liga 2 Bergulir LagiPersib Bandung (IDN Times/Galih Persiana)

Sejauh ini pihak kepolisian belum memberikan izin lanjutan Liga 1 dan Liga 2. Tapi, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belum menyerah dan terus melakukan lobi agar bisa menjalankan kembali roda kompetisi.

Mabes Polri, melalui, Kepala Divisi (Kadiv) Humas-nya, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihak keamanan belum mengizinkan sepak mula Liga 1 2020 digelar 1 Oktober 2020. Argo menilai kasus COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat.

3. Tim pelatih bakal evaluasi individu pemain

Shin Tae-yong Mau Liga 1 dan Liga 2 Bergulir LagiTimnas U-19 saat menang atas Makedonia Utara 4-1 pada laga uji coba, Minggu (11/10/2020) (Dok. PSSI)

Usai menjalani TC dan rangkaian uji coba, Shin Tae-yong mengatakan tim pelatih sudah dapat mengevaluasi individu pemain. Hal itu memberikan peluang bagi pemain yang sebelumnya tak sempat mendapat kesempatan seleksi dengan Timnas U-19.

"Siapa yang punya kualitas bagus tentunya akan dipertahankan. Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan Timnas," beber Shin Tae-yong.

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya