Shin Tae Yong Mau Pemain Timnas Indonesia Tak Mudah Kena Kartu Kuning

Egy Maulana dipastikan absen dalam leg pertama Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, meminta anak asuhnya tampil lebih disiplin saat tampil dalam leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020. Ia ingin pemain yang tampil di lapangan menghindari kartu kuning selama babak semifinal ini dan jika lolos ke partai puncak.

Timnas Indonesia dijadwalkan bakal berhadapan dengan Singapura dalam laga yang bakal digelar di National Stadium pada Rabu (22/12/2021). Kedua tim diprediksi bakal bertarung sengit untuk bisa meraih kemenangan pertama di fase semifinal ini.

“Sebagai pelatih, saya menegaskan pada pemain untuk lebih hati-hati terhadap kartu kuning (dalam pertandingan nanti),” kata Shin dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Selasa (21/12/2021).

1. Delapan pemain Timnas Indonesia sudah kena kartu kuning

Shin Tae Yong Mau Pemain Timnas Indonesia Tak Mudah Kena Kartu KuningWinger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, di duel kontra Vietnam dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF / Dokumentasi PSSI

Sejauh ini, delapan pemain Timnas Indonesia sudah mengantongi kartu kuning di babak penyisihan. Mereka adalah Evan Dimas, Asnawi Mangkualam,  Ezra Walian, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, Ramai Rumakiek, Edo Febriansyah, dan Yabes Roni. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, hal itu terjadi di lapangan, karena pemain berusaha keras untuk memberikan yang terbaik. Hanya saja, ia meminta jika hal itu harus diminimalisasi. 

“Saya merasa akan diberikan pertanyaan seperti ini. Pemain bekerja keras di dalam lapangan, jadi karena itu bisa saja dapat kartu kuning. Kami harus lebih hati-hati karena ada keputusan (wasit) yang saya tidak puas, kami harus bisa mengatasi itu lebih baik,” ujar pelatih berusia 52 tahun itu.

Baca Juga: Petuah Shin Tae Yong yang Bikin Timnas Indonesia Menggila

2. Egy Mualana Vikri absen lawan Singapura

Shin Tae Yong Mau Pemain Timnas Indonesia Tak Mudah Kena Kartu KuningEgy Maulana Vikri dipastikan absen membela Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Singapura dalam laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 (pssi.org).

Telepas dari itu, Timnas Indonesia dipastikan siap tampil habis-habisan untuk bisa mencuri kemenangan dalam laga perdana melawan Singapura. Mereka akan berusaha meraih hasil maksimal untuk memudahkan langkah mereka dalam pertemuan leg kedua.

Hanya saja, Egy Maulana Vikri dipastikan tak akan tampil dalam pertandingan nanti. Shin menyebut Egy dijadwalkan tiba pada Selasa (21/12/2021), sehingga butuh waktu istirahat untuk mengembalikan kondisi fisikinya.

Ia pun akan memberikan waktu libur untuk Egy lebih dulu. Terlebih, sang pemain baru saja menghadapi jadwal padat bersama klubnya FK Senica di Liga Slovakia. Ia menyebut Egy baru bisa tampil membela Timnas Indonesia pada pertandingan leg kedua nanti.

3. Timnas Indonesia dan Singapura punya head to head seimbang di Piala AFF

Shin Tae Yong Mau Pemain Timnas Indonesia Tak Mudah Kena Kartu Kuningwww.fas.org.sg

Timnas Indonesia punya modal yang bagus menghadapi Singapura di Piala AFF 2020. Secara statistik, skuad Garuda unggul tipis dengan 39 kemenangan, 21 imbang dan 36 kali menderita kekalahan.

Sementara, dalam pertemuan kedua tim di Piala AFF, Timnas Indonesia dan Singapura punya statistik yang berimbang. Kedua tim sama-sama bisa meraih empat kemenangan dalam delapan pertemuan terakhir di ajang dua tahunan tersebut.

Baca Juga: Piala AFF: Timnas Indonesia Waspadai Singapura karena Tuan Rumah

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya