Comscore Tracker

Tandukan Super Alisson Becker yang Ciptakan Sejarah

Alisson jadi kiper ke-6 yang bisa cetak gol di Liga Inggris

Jakarta, IDN Times - Liverpool masih punya kans tampil di Liga Champions musim depan. Hal itu tak lepas dari peran kipernya, Alisson Becker, yang mencetak gol penentu kemenangan atas tuan rumah West Bromwich Albion (WBA) 1-2 di The Hawthorns Stadium, Minggu (16/5/2021).

Sempat tertinggal satu gol lewat aksi Hal Robson-Kanu, Mohamed Salah mampu menyamakan kedudukan 12 menit sebelum turun minum. Usai cetak gol penyeimbang, Liverpool membombardir pertahanan WBA.

Namun, Liverpool mengalami deadlock. Di masa kritis alias injury time babak kedua, Alisson memutuskan maju untuk membantu serangan. Tanpa diduga, Alisson mampu menceploskan bola ke gawang melalui tandukannya dan menentukan kemenangan Liverpool.

Tak hanya menghidupkan peluang Liverpool menembus empat besar, Alisson juga mencatatkan rekor pribadi untuknya. Dia kini jadi kiper keenam di Premier League yang mampu mencetak gol. 

Baca Juga: Tandukan Super Alisson Becker yang Lambungkan Liverpool

1. Sejajar dengan legenda Manchester United

Sebelum Alisson Becker, ada Peter Schmeichel (Aston Villa) yang mampu mencetak gol di Premier League dua dekade silam. Sayang, gol kiper asal Denmark kala itu tak dapat menyelamatkan timnya dari dari kekalahan 2-3 dari Everton.

Tiga tahun berselang, giliran kiper Blackburn Rovers, Brad Friedel, yang mampu membobol gawang lawan. Gol itu diciptakan kiper Amerika Serikat itu saat timnya kalah 2-3 dari Charlton Athletic.

Paul Robinson (Tottenham Hotspur) melakukan hal serupa pada 2007, Tim Howard (Everton) lima tahun setelahnya, dan Asmir Begovic (Stoke City) di 2013.

2. Gol bersejarah di Premier League

Menariknya, Alisson membuat sejarah baru dari gol yang diciptakannya ke gawang WBA. Dia satu-satunya kiper yang berhasil mencetak gol, sekaligus membawa timnya menang dalam sebuah pertandingan di Premier League.

Sebelumnya, tak ada kiper yang mampu melakukan hal itu. Rata-rata gol mereka tak bisa membawa timnya meraih kemenangan. Paling banter, Asmir Begovic yang golnya membuat Stoke City menahan imbang  Southampton.

3. Alisson Becker sempat jadi sorotan musim ini

Tandukan Super Alisson Becker yang Ciptakan SejarahTwitter.com/brfootball

Setelah musim lalu memberikan kontribusi maksimal saat Liverpool jadi kampiun Premier League, Alisson sempat jadi sorotan pada musim ini. Saat The Reds tampil inkonsisten, dia tampil buruk dalam beberapa laga, terutama saat big match melawan Manchester City.

Kiper berusia 28 tahun itu membuat blunder memalukan saat timnya kalah 1-3 di Anfield. Dua kali umpannya berhasil dipotong dan berbuah gol bagi lawan. Walhasil, Liverpool sempat diminta mencari kiper pengganti untuk menjadi suksesor Alisson.

Kini, kondisinya berubah. Alisson kembali dianggap sebagai pahlawan di Anfield. Dia bahkan membuat peluang Liverpool berada di empat besar Premier League dan meraih tiket ke Liga Champions musim depan terbuka lebar.

Baca Juga: Hasil Laga Sepak bola: Liverpool Menang, Barcelona Tumbang

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya