Timnas U-19 Kalah Lagi, Ketum PSSI: Pemain Harus Kerja Keras

Timnas U-19 masih beruji coba di Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyebut, Timnas U-19 mendapatkan pelajaran berharga usai kalah dua kali dalam uji coba di Korea Selatan. Dia pun ingin skuad Garuda Nusantara bangkit dan lebih bekerja keras lagi menyongsong persiapan Piala Dunia U-20.

Maklum, Timnas U-19 kali ini harus dicukur habis Timnas Korsel U-19 dengan skor telak 7-0 dalam duel yang digelar Jumat (25/3/2022).

"Kami mendapatkan pelajaran berharga melawan Korea Selatan yang notabene kemampuan mereka di atas kita. Pemain harus lebih kerja keras, disiplin dan meningkatkan kemampuan selama pemusatan latihan di Korea Selatan," kata Iriawan dalam rilis resmi PSSI.

1. Shin Tae Yong punya gambaran tingkatkan kemampuan Timnas U-19

Timnas U-19 Kalah Lagi, Ketum PSSI: Pemain Harus Kerja KerasPelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong (berdiri, ketiga dari kiri) sedang memberikan arahan di sela-sela sesi pemusatan latihan Timnas U-19 di Stadion Madya GBK Jakarta pada Kamis (20/8/2020). (Dok. PSSI)

Kekalahan telak dari Korsel U-19 itu jadi kedua kalinya bagi Timnas U-19 diberondong banyak gol. Sebelumnya, skuad besutan Shin Tae Yong juga dibekuk 5-1 oleh Universitas Yeungnam tiga hari sebelum dipermalukan Korsel U-19.

Walau begitu, Iriawan menyiratkan jika ini bisa jadi acuan performa Timnas U-19 ke depan. Sehingga, dia harus terus mengembangkan penampilan anak asuhnya untuk bisa tampil menawan di Piala Dunia U-20 2023.

"Dengan hasil ini, pelatih Shin Tae Yong juga mendapatkan gambaran bahwa tim U-19 harus ditingkatkan lagi kemampuannya. Memang butuh waktu dan tim ini masih terus berproses," ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule itu.

Baca Juga: Timnas U-19 Kalah Telak dari Korea Selatan

2. Pemain terkendala cuaca dingin

Timnas U-19 Kalah Lagi, Ketum PSSI: Pemain Harus Kerja KerasTC Timnas U-19 di Korea Selatan. (pssi.org)

Pada kekalahan pertama lalu, pemain Timnas U-19 Ricky Pratama berujar, cuaca memengaruhi performa para pemain di laga uji coba. Para pemain belum beradaptasi dengan cuaca dingin di Korea Selatan. Namun, secara keseluruhan, dia melihat laga berjalan lancar.

"Alhamdulillah, pertandingan berjalan lancar meski kita kalah karena kita belum beradaptasi dengan cuaca yang dingin. Saya memang mencetak gol, tapi yang penting kemenangan tim dan kita selalu kompak dalam TC di Korea Selatan ini," ujar Ricky.

3. Jadwal uji coba Timnas U-19 di Korea Selatan

Timnas U-19 Kalah Lagi, Ketum PSSI: Pemain Harus Kerja KerasTimnas U-19 dibantai Korea Selatan U-19. (Dok. PSSI)

Selepas menjalani pertandingan melawa Korea Selatan, pemain Timnas U-19 akan bersua lawan-lawan berat selama menjalani latihan di Korea Selatan.

Berikut jadwal uji coba Timnas U-19 di Korea Selatan:
- Timnas U-19 vs Universitas Daegu (27 Maret, Daegu)
- Timnas U-19 vs Timnas U-19 Korea Selatan (29 Maret, Daegu)
- Timnas U-19 vs Kimcheon U-18 (5 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Pohang Steelers U-18 (6 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Daegu FC U-18 (7 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Pohang Steelers (9 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Daegu FC (13 April, Daegu)

Baca Juga: Timnas U-19 Kalah dari Yeungnam, Cuaca Dingin Jadi Penyebabnya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya