Butuh Kerja Keras, 3 Fakta Sulitnya Tim Taeguk Menumbangkan Meksiko

#WorldCup2018 Waduh jangan sampai wakil Asia ini tersingkir

Laga antara Meksiko melawan Korea Selatan yang digelar di Rostov Arena, Sabtu (23/6/2018) akan menjadi pertandingan cukup menarik untuk ditonton. Apalagi Korea Selatan membutuhkan tripoin untuk menjaga asa lolos ke babak gugur.

Hanya saja, laga kali ini diprediksi tak akan berjalan dengan mudah bagi Korsel. Sebab, Meksiko punya modal bagus setelah mampu mengejutkan dengan mempermalukan sang juara bertahan, Jerman. Tim berjuluk El Tri ini pun pasti akan tampil serius di laga keduanya ini untuk mengejar poin penuh guna memastikan lolos ke babak 16 besar.

1. Bayangan pahit Korsel 20 tahun silam

Butuh Kerja Keras, 3 Fakta Sulitnya Tim Taeguk Menumbangkan Meksikofifa.com

Pastinya, tim besutan Shin Tae-yong harus menemukan formula lain untuk bisa mencuri kemenangan atas Meksiko. Apalagi, jika menilik pertemuan terakhir keduanya, tim Negeri Ginseng mampu digunduli 4-0.

Selain itu, kekalahan menyakitkan dari El Tri dua puluh tahun silam tentunya masih membekas bagi Korsel. Pada Piala Dunia 1998, Meksiko berhasil menundukan Korsel dengan skor 3-1 sekaligus memastikan mereka tersingkir di babak penyisihan grup.

Alhasil, bayangan hasil pahit kala itu seolah akan menjadi de javu bagi Son Heung-min dan kolega dalam laga kali ini. Mereka dihadapkan dalam situasi yang serupa, jika hasilnya sama seperti di Prancis, Meksiko akan kembali jadi mimpi buruk yang membuat Korsel angkat koper.

2. El Tri selalu menang lawan negara Asia jika bertemu di Piala Dunia

Butuh Kerja Keras, 3 Fakta Sulitnya Tim Taeguk Menumbangkan Meksikofifa.com

Ditambah lagi, yang harus dihadapi oleh penggawa Korsel adalah rekor Meksiko yang selalu menang kala bertemu wakil Asia di Piala Dunia (PD). Pertama kali meksiko mengalahkan Irak (Piala Dunia 1986), Korsel (Piala Dunia 1998), dan Iran (Piala Dunia 2006). Setidaknya catatan minor itu sedikit mengganggu psiklogis pemain Korsel.

Masalah lainnya, dalam tiga aksi terakhir Korsel di PD, tak sekalipun mereka mampu meraih kemenangan. Empat tahun lalu mereka dikalahkan Al Jazair (dengan skor 2-4) dan dijungkalkan Belgia (0-1), serta terakhir kalah menyakitkan dari Swedia (1-0) di PD kali ini. Tentu itu bisa harus bisa dihentikan oleh skuat Korsel di PD edisi kali ini.

3. Meksiko punya catatan kurang apik setelah menang

Butuh Kerja Keras, 3 Fakta Sulitnya Tim Taeguk Menumbangkan Meksikofifa.com

Walau begitu, kemenangan atas Meksiko bukan hal yang mustahil bagi Korsel. Pasalnya, Meksiko memiliki rekor kurang baik juga. Mereka selalu gagal meraih kemenangan secara beruntun selama manggung di PD.

Oleh karena itu, Korsel harus bisa memanfaatkan celah itu dengan baik. Wakil Asia yang paling sering tampil di Piala Dunia itu harus berjuang memberi perlawanan sengit dengan mengandalkan Son di lini depan untuk memaksakan kemenangan atas Meksiko.

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya