Prancis Penjagal Tim-tim Amerika Selatan di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Pasti fans tim-tim Amerika Selatan kesal ya?

Prancis langsung memiliki reputasi baru di Piala Dunia 2018 Rusia. Pasalnya, sejak babak penyisikan hingga lolos ke semifinal, tim besutan Didier Deschamps ini berhasil membunuh tiga tim Amerika Selatan. Tak ayal, kini mereka dijuluki tim spesialis pembunuh Amerika Selatan.

Dirilis dari OptaJoe, keperkasan Les Blues ini merupakan kali kedua yang bisa dicatatkan oleh tim-tim Eropa selama berlangsungnya Piala Dunia. Terakhir kali hal ini dilakukan oleh Belanda yang menorehkannya pada Piala Dunia 1974.

Hanya, potensi kedigdayaan kala bersua tim Amerika Selatan tak bisa diperpanjang. Lantaran, Brasil yang diprediksi bakal jadi lawan mereka di semifinal, harus menyerah dari Belgia. Mereka pun harus mengubur mimpinya untuk membuat rekor jadi tim Eropa pertama yang berhasil menumpas empat tim zona Conmebol di Piala Dunia.

Itu tak masalah, setidaknya Prancis bisa samai torehan Belanda kali ini. Siapa saja yang mereka? Berikut adalah tiga tim Amerika Selatan yang jadi korban.

1. Tumbangkan Peru di babak penyisihan

Prancis Penjagal Tim-tim Amerika Selatan di Piala Dunia 2018fifa.com

Peru menjadi korban pertama tim Amerika Selatan yang berhasi ditumbangkan Prancis. La Blanquirroja harsus menyerah dengan skor 1-0 pada laga kedua penyisihan Grup C, Kamis (21/6) di Stadion Sentral, Yekaterinburg. Kemenangan ini juga membuat Prancis memastikan tiket ke babak 16 besar dan membuat Peru harus angkat kaki dari Rusia.

2. Kalahan Argentina di babak 16 besar

Prancis Penjagal Tim-tim Amerika Selatan di Piala Dunia 2018fifa.com

Timnas Prancis untuk kali kedua berhasil membuat tim zona Conmebol gigit jari. Tak tanggung-tanggung, tim favorit juara, Argentina yang jadi korban. Tim Tango yang diperkuat pemain terbaik dunia, Lionel Messi harus terhenti perjalanannya karena ulah Kylian Mbappe yang tampil gemilang di laga itu.

3. Hentikan perlawanan Uruguay di perempat final

Prancis Penjagal Tim-tim Amerika Selatan di Piala Dunia 2018fifa.com

Kontestan Amerika Selatan lainnya, Uruguay juga harus mengalami hal serupa. Los Carruas harus tertuduk lesu karena dikalahkan oleh Prancis dengan skor 2-0, Jumat (6/7). Varane dan Griezmann jadi mimpi buruk yang mematahkan perjuangan Uruguay di babak delapan besar.

Catatan yang luas biasa yah, yang bisa dicatatkan Les Blues di Piala Dunia kali ini.

Info tambahan, Prancis juga sudah tak terkalahkan dalam sepuluh laganya di Piala Dunia terakhir kala bertemu tim Amerika Selatan. Hasil pahit terakhirnya terjadi 40 tahun silam saat ditaklukan Argentina 2-1 (PD 1978). Hasil itu membuat mereka kini sejajar dengan Italia yang memiliki rekor serupa di Piala Dunia (1982-2010).

Ilyas Listianto Mujib Photo Verified Writer Ilyas Listianto Mujib

Buruh pena yang sedang menggeluti jurnalisme olahraga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya