Jelang Leg 2 Semifinal Liga Champions, Ini Kondisi Liverpool

Liverpool bakal kehilangan pemain andalannya

Kabar kurang baik menimpa Liverpool. Pasalnya winger andalan The Reds , Mo Salah mengalami cedera yang cukup parah di bagian kepala ketika menghadapi Newcastle United dalam matchday 37 Premier League.

Hal ini tentunya akan memengaruhi penampilan Liverpool di leg kedua semifinal Liga Champions menghadapi Barcelona. Ini beberapa fakta menjelang pertandingan leg kedua Liverpool vs Barcelona.

1. Gegenpressing ala Jurgen Klopp harus ditekankan kembali

Jelang Leg 2 Semifinal Liga Champions, Ini Kondisi LiverpoolSky Sports

Pada leg pertama taktik pressing tinggi ala Jurgen Klopp tidak efektif. Tentunya hal ini akan lebih dievaluasi oleh sang manajer untuk digunakan ketika bermain di Anfield. Kesempatan ini semakin tinggi dikarenakan Anfield musim ini sangat angker bagi tim tamu dan Jurgen Klopp mampu membuat anak asuhnya tampil dominan ketika pertandingan kandang. Strategi ini akan menekan barisan pertahanan Barcelona menuju terkurasnya ball possesion khas tiki taka mereka.

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Suka dan Duka Pecinta Sepak Bola, Bener Gak?

2. Sadio Mane memegang peran sentral

Jelang Leg 2 Semifinal Liga Champions, Ini Kondisi LiverpoolLiputan 6

Jika Mo Salah absen tentu Sadio Mane yang akan memegang peran kunci dalam permainan sayap Liverpool. Jika disandingkan dengan Xherdan Shaqiri akan menjadi lebih mengerikan dikarenakan kedua pemain ini sama-sama memiliki kecepatan serta long shots yang sangat mengesankan. Hilangnya Mo Salah sangat berpengaruh namun dapat diminimalisir apabila kedua winger tersebut dapat tampil maksimal dan menjalankan strategi sesuai keinginan Jurgen Klopp.

3. Kunci poros serangan Messi dan Suarez

Jelang Leg 2 Semifinal Liga Champions, Ini Kondisi LiverpoolSport Rush

Tidak dapat dipungkiri kedua pemain ini bisa bergerak sesuka mereka pada leg 1 di Camp Nou. Apabila kedua pemain ini dapat dikunci oleh Virgil van Dijk dan Alexander Arnold tentunya akan berakibat mandeknya serangan Blaugrana. Jika taktik Gegenpressing yang diterapkan berjalan dengan baik tidak menutup kemungkinan kedua pemain ini akan tampil redup di Anfield. Pasalnya Suarez dan Coutinho akan mendapatkan teror 90 menit oleh publik Anfield dikarenakan mereka adalah eks pemain Liverpool di musim yang lalu.

Baca Juga: Liverpool Ditekuk Barcelona 0-3, Begini Reaksi Jurgen Klopp

Indra Cahya Setia Photo Writer Indra Cahya Setia

Be a unreal person...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya