Memphis Depay ke Barcelona, Berkah atau Musibah?

Ronald Koeman disebut-sebut jadikan Depay prioritas transfer

Jakarta, IDN Times - Kabar kepindahan Memphis Depay menuju Barcelona semakin gencar berembus. Meski belum ada penawaran resmi dari Blaugrana ke Olympique Lyon, klub pemilik Memphis, namun sang pemain sudah indikasikan tak akan bertahan lama di Les Gones.

Pasalnya, Memphis disebut-sebut kecewa dengan kegagalan Lyon menembus kompetisi Liga Champions musim depan. Selain itu, di usia masih 26 tahun, ia juga disebutkan ingin kembali berkarier bersama tim top Eropa setelah sempat gagal bareng Manchester United.

Nama Barcelona sendiri menjadi yang terdepan untuk menggaet Memphis Depay karena faktor sang pelatih baru, Ronald Koeman. Legenda El Barca itu bahkan disebut telah menjadikan Memphis sebagai prioritas transfer Blaugrana musim ini.

Akankah jadi berkah atau musibah?

1. Ronald Koeman ngebet dapatkan Memphis Depay

Memphis Depay ke Barcelona, Berkah atau Musibah?Memphis Depay beraksi bersama Timnas Belanda pada ajang UEFA Nations League. Twitter/@memphis

Dilaporkan jurnalis spesialis transfer, Fabrizio Romano, Memphis Depay jadi prioritas transfer Ronald Koeman musim panas ini. Bersama gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum, Koeman percaya diri keduanya "hanya" akan menghabiskan sekitar €50 juta saja.

Namun, sampai sejauh ini, Memphis dan Wijnaldum baru dihubungi via agen saja dan belum ada penawaran resmi kepada pihak Lyon dan Liverpool selaku pemilik pemain.

Baca Juga: Memphis Depay Jadi Rekrutan Pertama Liverpool di Musim Panas?

2. Jika Memphis Depay datang, bagaimana lini serang Barcelona?

Memphis Depay ke Barcelona, Berkah atau Musibah?Twitter.com/OnsOranje

Ketertarikan Ronald Koeman kepada Memphis Depay sendiri layak dimaklumi. Pasalnya, selama menukangi Timnas Belanda, Memphis jadi andalan utama Koeman di lini serang. Berposisi natural sebagai winger kiri atau gelandang serang, oleh Koeman, Memphis diandalkan sebagai penyerang tunggal di depan atau sebagai false nine.

Di posisi itu, Memphis Depay juga tak tampil mengecewakan. Di ajang Kualifikasi Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League misalnya, eks pemain PSV Eindhoven ini bisa mencetak 7 gol dan membawa Belanda lolos ke UEFA Nations League Final. Sayang, di final mereka kalah tipis dari Portugal.

Jika benar bergabung, Memphis akan memperkaya lini serang Barcelona. Fleksibilitas taktiknya membuat dia bisa ditempatkan di lini serang bersama Lionel Messi. Entah sebagai penyerang sayap atau striker tengah menggantikan peran Luis Suarez, Memphis Depay bisa jadi kartu AS baru yang mematikan bagi Blaugrana.

3. Tapi, Memphis Depay bisa jadi musibah bagi pemain muda Barcelona

Memphis Depay ke Barcelona, Berkah atau Musibah?https://www.instagram.com/ansufati

Namun di sisi lain, Memphis Depay bisa jadi musibah bagi pemain-pemain muda Barcelona. Sebagai contoh, Ansu Fati misalnya. Bocah berusia 17 tahun ini baru saja jadi bintang baru Timnas Spanyol. Jika Memphis benar tiba di Camp Nou, menit bermain sang wonderkid bisa terkikis.

Apalagi, masih ada Antoine Griezmann dan Ousmane Dembele di posisi yang sama dengannya. Sementara itu, satu slot sisa di lini serang sudah pasti jadi milik Messi dan gak akan mungkin direbut pemain lain.

Baca Juga: 10 Potret Glamor Memphis Depay, Bintang Lyon yang Kekar dan Sangar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya