Loew Sibuk Serang Balik Klopp Jelang Inggris Vs Jerman

Loew dapat kritik keras dari Klopp

Jakarta, IDN Times - Pelatih Jerman, Joachim Loew, menanggapi santai kritikan Juergen Klopp. Dia mengatakan setiap pelatih memiliki gaya sendiri untuk mengemas timnya.

Sebelumnya, Klopp dengan keras mengkritik Loew yang menggunakan formasi tiga bek pada babak penyisihan Piala Eropa 2020.

"Setiap pelatih, dalam hal ini menanggapi Juergen Klopp, mereka memikirkan apa yang terbaik dan paling penting dalam penempatan posisi di timnya, demi meramu pertahanan dan lini serang," kata Loew di tengah konferensi pers jelang laga Jerman vs Inggris, dilansir Liverpool Offside, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Strategi Jerman Bocor Jelang Lawan Inggris

1. Tak ada paksaan dalam bermain

Loew Sibuk Serang Balik Klopp Jelang Inggris Vs JermanTwitter/EURO2020

Baca Juga: Jerman Punya Jimat Antisipasi Adu Penalti Lawan Inggris

Loew menegaskan pelatih menentukan strategi permainan dengan melihat karakter skuadnya. Setiap keputusan pelatih, dijelaskan Loew, tentu merupakan upaya terbaik bagi tim.

Dia pun membantah tudingan memaksa anak asuhnya bermain di titik yang tak disukai.

"Setiap pelatih tahu apa yang terbaik untuk timnya. Tidak ada pelatih yang akan memaksa pemainnya bermain dalam sistem, mungkin, tidak mereka sukai atau kurang meyakinkan," tegasnya.

2. Bukan formasi yang tentukan kemenangan

Loew Sibuk Serang Balik Klopp Jelang Inggris Vs JermanPortugal harus mengakui keunggulan Jerman 4-2 dalam laga keduanya di Piala Eropa 2020, Sabtu (19/6/2021). (Twitter/@EURO2020).

Dalam setiap pertandingan, Loew beranggapan kemenangan bukan ditentukan hanya karena formasi. Namun, ada faktor lain yang membuat tim menang atau kalah.

"Saya pikir ini perlu dikatakan dengan jelas. Ada faktor dan hal-hal lain yang menentukan tentang menang dan kalah dalam pertandingan, bukan soal bermain dengan tiga atau empat bek," ujar Loew.

Duel maut Jerman versus Inggris di Wembley pada Selasa (29/6/2021) malam WIB sepertinya akan menjadi pembuktian bagi Loew apakah kritik Klopp itu tepat atau tidak.

3. Kritikan Klopp untuk Low

Loew Sibuk Serang Balik Klopp Jelang Inggris Vs Jermantwitter/liverpoolfc

Pekan lalu, Klopp memberikan kritikan atas pola permainan yang diterapkan Loew pada Jerman di Piala Eropa 2020. Meski dia merasa sebenarnya kurang nyaman memberikan kritikan kepada sesama pelatih.

Dia mengatakan tidak suka dengan formasi tiga bek. Jika menjadi pelatih Der Panzer, dia akan memainkan empat bek untuk memperkuat pertahanan.

"Saya tidak terlalu menyukai formasi (back-three). Saya bisa membayangkan lini tengah dengan Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan dan Toni Kroos dengan sangat baik. Semua orang akan berada dalam posisi di mana mereka merasa nyaman," ujar Klopp dalam sebuah wawancara di Magenta TV.

Baca Juga: Persembahan Terakhir Joachim Low untuk Timnas Jerman

Baca Juga: Duel Inggris vs Jerman, Dibayangi Memori Gol Hantu Lampard

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya