Comscore Tracker

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPL

Foden dan Sterling paling mentereng!

Melalui drama 20 menit akhir pertandingan, Manchester City sukses merengkuh gelar juara English Premier League 2021/2022. Terdapat banyak pemain yang menonjol di skuad tim asal kota Manchester ini.

Jika dilihat secara rinci, pemain asing lebih mondominasi skuad Manchester City musim ini. Hanya ada 6 dari 7 pemain lokal berkebangsaan Inggris yang mencatatkan penampilan dan punya andil untuk membawa Manchester City jadi juara. Siapa saja mereka?

1. Raheem Sterling

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLRaheem Sterling (skysports.com)

Meskipun hanya tampil 30 kali dari 38 penampilan yang dijalani Manchester City di English Premier League, Raheem Sterling tampil cukup impresif. Winger kiri kelahiran Jamaika ini sukses mencatatkan 13 gol dan 6 assist.

Sterling tampil hebat meski sering mengalami rotasi. Torehan gol yang dicatatkan Sterling musim ini menjadi catatan gol kedua terbanyak yang dicetak oleh pemain Manchester City di Premier League.

2. Kyle Walker

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLKyle Walker (skysports.com)

Kyle Walker pernah menjadi andalan Pep Guardiola di Manchester City dalam beberapa musim. Akan tetapi, posisinya saat ini telah digeser Joao Cancelo yang lebih sering dimainkan ketimbang dirinya.

Bek berusia 32 tahun ini hanya mencatatkan 20 penampilan dengan rincian 1.755 menit dan sumbangan 2 assist. Catatan ini sangat menurun ketimbang performanya pada 2 musim lalu.

3. John Stones

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLJohn Stones (skysports.com)

Sama seperti Kyle Walker, John Stones juga pernah jadi pemain andalan Pep Guardiola di Manchester City. Pada musim ini, Pep Guardiola lebih sering memainkan duet Aymeric Laporte dan Ruben Dias di pos tengah pertahanan The Cityzens.

Oleh karena itu, Stones hanya mencatatkan 14 penampilan dengan rincian 1.118 menit bermain. Meski berposisi asli sebagai bek tengah, Stones pernah dimainkan sebagai bek kanan sebanyak empat kali musim ini.

Baca Juga: 10 Fakta Raheem Sterling, Winger Lincah Milik Manchester City

4. Jack Grealish

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLJack Grealish (skysports.com)

Didatangkan dengan banderol sebesar 117 juta euro atau setara dengan Rp1,8 triliun dari Aston Villa pada awal musim ini, Jack Grealish tampil tak terlalu memuaskan. Winger berusia 26 tahun ini hanya mencetak 3 gol dan 3 assist dari 26 pertandingan.

Catatan tersebut sangat jauh dari torehannya saat masih berseragam Aston Villa. Rotasi pemain dan kalah saing dari pemain lain di posisi yang sama jadi alasan Jack Grealish kurang berhasil menunjukkan performa terbaiknya musim ini.

5. Phil Foden

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLPhil Foden (skysports.com)

Berstatus sebagai pemain muda terbaik Premier League dalam 2 musim terakhir, Phil Foden tampil sangat gemilang musim ini. Sebagai seorang gelandang pengatur serangan, Foden bermain dalam 28 laga.

Dari laga tersebut, Foden sukses mencatatkan 9 gol dan 5 assist. Torehan gol tersebut membuatnya jadi pemain nomor empat yang paling banyak mencetak gol di skuad Manchester City musim ini.

6. Cole Palmer

6 Pemain Inggris yang Punya Andil Membawa Manchester City Juara EPLCole Palmer (skysports.com)

Salah satu pemain akademi yang mendapatkan kesempatan promosi musim ini adalah Cole Palmer. Pria berusia 20 tahun ini telah menimba ilmu di akademi Manchester City selama 11 musim, sebelum akhirnya debut di Premier League pada pekan kedua.

Total ada empat laga yang dimainkan Palmer dengan rincian 121 menit musim ini. Palmer pernah menjadi starter pada pekan ke-12, ketika Manchester City menang telak atas Everton di Etihad Stadium.

Selain enam nama di atas, terdapat pemain Inggris lain yang terdaftar di skuad Manchester City di Premier League 2021/2022. Ia adalah Scott Carson, kiper ketiga Manchester City yang telah berusia 36 tahun. Sayangnya, ia tak tampil semenit pun di Premier League musim ini.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dilepas Aston Villa ke Man City sebelum Jack Grealish

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya