Comscore Tracker

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

Ada Paul Pogba juga

Manchester United dan Manchester City merupakan dua klub papan atas dari Manchester, Inggris. Dua klub tersebut bersaing dalam memperebutkan juara English Premier League (EPL) selama beberapa tahun terakhir.

Untuk bersaing di jajaran klub elite, mereka mengandalkan pemain-pemain papan atas. Beberapa di antaranya adalah pemain muslim.

1. Paul Pogba

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester CityPaul Pogba saat membela Manchester United di Liga Premier Inggris. (instagram.com/paulpogba)

Nama Pogba boleh jadi sudah tidak asing lagi di telinga penggemar sepak bola. Ia merupakan pemain berkebangsaan Prancis. Pemain dengan tinggi 191 cm itu memiliki posisi sebagai gelandang tengah.

Pogba saat ini merupakan pemain termahal di Liga Inggris. Ia didatangkan dari Juventus dengan mahar 89,3 juta pound sterling (sekitar Rp1,6 miliar). Sebagai pemain yang bertugas mengatur ritme permainan, Pogba sudah mencatatkan 1 gol dan 9 assist dari 25 pertandingan pada 2021/2022.

2. Amad Diallo

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester CityAmad Diallo saat latihan bersama Manchester United. (instagram.com/amaddiallo19)

Amad Diallo merupakan pemain muda potensial yang didatangkan dari Atalanta pada 2019. Pemain berusia 19 tahun itu diproyeksikan sebagai bintang masa depan Manchester United. Ia berposisi sebagai gelandang sayap.

Untuk menambah jam terbang, saat ini Diallo dipinjamkan ke klub Skotlandia, Rangers FC. Meskipun masih muda, ia sudah menjadi pemain inti tim nasional Pantai Gading. Kecepatan dan kelincahannya menjadi andalan saat bermain.

Baca Juga: Deretan Pemain Top Muslim yang Bermain di LaLiga Musim 2021/2022

3. Riyad Mahrez

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester CityMahrez saat merayakan gol di Liga Premier Inggris. (instagram.com/mancity)

Riyad Mahrez bermain sebagai gelandang serang, sayap kanan, dan sayap kiri. Ia cukup aktif berkontribusi menciptakan peluang hingga mencetak gol. Pemain dengan nomor punggung 26 itu sudah melesatkan sepuluh gol ke jala lawan di Premier League 2021/2022. 

Mahrez merupakan pemain yang dibesarkan di keluarga Islam. Berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar, kini pemain berkebangsaan Aljazair itu tak tergantikan di Manchester City.

4. Benjamin Mendy

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester CityMendy saat latihan bersama Manchester City. (instagram.com/benmendyyy)

Benjamin Mendy merupakan pemain berkebangsaan Prancis. Ia berposisi sebagai bek kiri yang kuat dalam menyerang maupun bertahan. Pemain bernomor punggung 23 itu didatangkan dari klub AS Monaco pada 2017 lalu.

Mendy sebenarnya seorang bek kiri potensial. Namun, pemain berkaki kidal itu sering didera cedera. Ia bolak-balik ke ruang perawatan sehingga menit bermain yang ia bukukan tidak banyak.

5. Ilkay Gundogan

5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester CityGundogan saat membela Manchester City di Liga Premier Inggris. (instagram.com/mancity)

Ilkay Gundogan biasa tampil sebagai gelandang tengah. Ia dikenal sebagai gelandang yang tenang ketika menguasai bola. Tak ayal ia menjadi pilihan utama Pep Guardiola untuk mengisi lini tengah Manchester City.

Pemain yang memiliki nomor punggung 8 itu sudah mencatatkan enam gol untuk Manchester City pada 2021/2022. Ia juga kerap membela timnas Jerman di level internasional. Gundogan sendiri merupakan muslim taat yang mewarisi darah Turki meski berkewarganegaraan Jerman.

Selain kelima pemain di atas, masih banyak muslim yang bermain di Premier League. Siapa yang bisa kamu ingat?

Baca Juga: 12 Pemain Muslim yang Pernah Menjuarai Premier League, Sudah Tahu?

Khanif Irsyad Fahmi Photo Verified Writer Khanif Irsyad Fahmi

Mahasiswa yang Suka Ngomongin Pertanian, Sepakbola, dan Kepemimpinan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya