4 Fakta Kenilworth Road, Markas Luton Town yang Berada di Permukiman

Stadion dengan kapasitas terkecil di Premier League

Penikmat sepak bola Inggris setiap tahunnya selalu disuguhkan pertandingan menarik di stadion yang megah. Namun, pada 2023/2024, terdapat salah satu stadion yang mencuri perhatian. Stadion tersebut adalah Kenilworth Road yang digunakan klub promosi, Luton Town.

Luton Town memang menarik atensi sebab pertama kali promosi ke English Premier League (EPL). Pasalnya, perjalanan klub berjulukan The Hatters dalam sedekade terakhir ini bak cerita dongeng. Mereka berjuang dari non-liga hingga bisa mentas di kasta teratas sepak bola Inggris. 

Salah satu keunikan yang dimiliki Kenilworth Road adalah letaknya yang berada di tengah permukiman warga. Lalu, apa saja fakta menarik dari stadion yang dihuni oleh Luton Town ini? Simak informasinya melalui ulasan di bawah ini!

1. Kenilworth Road mulai dibuka dan digunakan pada 1905

4 Fakta Kenilworth Road, Markas Luton Town yang Berada di PermukimanKenilworth Road (lutontown.co.uk)

Kenilworth Road merupakan stadion yang terletak di Bury Park, Luton, Bedfordshire, Inggris. Stadion ini sudah berdiri dan digunakan Luton Town sejak 1905 lalu. The Hatters berpindah dari markas yang mereka gunakan sebelumnya, yakni Dunstabel Road.

Stadion ini juga dikenal dengan sebutan The Kenny atau The Old Girl. Pertandingan pertama di Kenilworth Road berlangsung pada 4 September 1905. Saat itu, Luton Town bermain menghadapi Plymouth Argyle dengan laga yang berkesudahan imbang tanpa gol.

2. Stadion terkecil di Premier League yang berada di tengah-tengah permukiman warga

4 Fakta Kenilworth Road, Markas Luton Town yang Berada di PermukimanKenilworth Road (premierleague.com)

Kenilworth Road merupakan stadion dengan kapasitas terkecil berjumlah 10.356 kursi. Namun, pada awalnya kapasitas stadion ini cukup besar. Pada musim 1932/1933, markas ini dapat menampung hingga 25.000 penonton. Catatan rekor pada pada 25 April 1936 saat laga menghadapi Coventry City dengan kehadiran 23.142 penonton.

Setelah itu, renovasi dilakukan pada 1953–1954. Kapasitas stadion bertambah menjadi 30.000. Selepas itu, Luton Town mencatatkan rekor penonton terbanyak saat melawan Blackpool di Piala FA pada 4 Maret 1959. Sejumlah 30.069 penonton memadati Kenilworth Road di laga itu.

Seiring waktu, regulasi penonton di stadion berubah sehingga menyebabkan berkurangnya kapasitas Kenilworth Road. Dilarangnya tribun berdiri membuat renovasi dilakukan dengan memasang kursi. Mulai 2005, stadion ini memiliki kapasitas yang sama dengan jumlah saat ini.

Salah satu hal yang unik dari Kenilworth Road adalah letaknya yang berada di tengah-tengah permukiman warga. Namun, sejatinya stadion ini tidak demikian saat awal dibangun. Meningkatnya populasi di wilayah tersebut membuat stadion ini dikelilingi rumah-rumah warga.

3. Pintu masuk penonton away yang diapit rumah-rumah warga

4 Fakta Kenilworth Road, Markas Luton Town yang Berada di PermukimanOak Road Stand sebagai pintu masuk pendukung tim tamu di stadion Kenilworth Road. (premierleague.com)

Atensi lain kepada Kenilworth Road tertuju kepada pintu masuk bagi pendukung tim tamu. Pintu masuk di bagian ini bernama Oak Road Stand. Para pendukung yang datang akan disuguhkan keunikan dengan jalan masuk ke tribun penonton dengan melewati rumah-rumah.

Pasalnya, di Oak Road Stand dibangun di sekitar blok rumah. Bagian pintu masuk ini merupakan satu-satunya yang berada di bawah beberapa tempat tinggal. Para penonton juga bakal melewati taman belakang penduduk setempat untuk menuju tangga ke tribun stadion.

4. Pernah menggelar pertandingan final UEFA Women's EURO 1984

4 Fakta Kenilworth Road, Markas Luton Town yang Berada di PermukimanKenilworth Road (lutontown.co.uk)

Kenilworth Road pernah menggelar pertandingan internasional meski berkapasitas kecil. Pertandingan yang dihelat pun merupakan laga besar, yakni final leg kedua UEFA Women's EURO 1984. Saat itu, Inggris menghadapi Swedia pada partai puncak.

Pertandingan final ini berlangsung pada 27 Mei 1984. Sayangnya, Inggris gagal juara setelah mengalami kekalahan dari Swedia melalui adu penalti dengan skor 4-3. Pertandingan ini menjadi sejarah tersendiri bagi Kenilworth Road. Meski tak bisa menampung banyak penonton, adanya pertandingan internasional di stadionn ini merupakan hal yang spesial.

Promosinya Luton Town ke Premier League merupakan pencapaian hebat. Kenilworth Road juga menjadi salah satu bagian dari cerita manis tersebut. Kini, manajemen bersiap untuk membangun stadion baru yang lebih modern bernama Power Court. Kendati bakal pindah, stadion yang sudah dihuni sejak 1905 ini akan menjadi sejarah tak terlupakan bagi The Hatters.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Tom Lockyer, Pahlawan Luton Town

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya