5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!

Setan Merah dapatkan trofi ke-13!

Manchester United berhasil mengukuhkan diri sebagai juara Piala FA 2023/2024. Hasil ini diperoleh usai mengalahkan Manchester City di partai final. Bertanding di Wembley Stadium, Sabtu (25/5/2024), Setan Merah menang dengan skor 2-1.

Keberhasilan Manchester United meraih gelar juara ini seperti kejutan tersendiri. Menjalani musim 2023/2024 dengan buruk di kompetisi domestik dan Eropa, Setan Merah akhirnya bernapas lega bisa mendapatkan Piala FA sebagai satu-satunya trofi. Hasil ini juga membuat mereka menambah koleksi trofi menjadi 13.

Dalam beberapa edisi terakhir, Piala FA selalu menyuguhkan partai final yang ketat. Hal ini juga yang membuat juara selalu berbeda. Termasuk Manchester United, berikut klub-klub yang memenangkan Piala FA dalam lima edisi terakhir.

1. Arsenal mengukuhkan diri sebagai raja Piala FA usai menjadi kampiun pada 2019/2020

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!Arsenal menjuarai Piala FA 2019/2020. (thefa.com)

Arsenal berhasil menjuarai Piala FA 2019/2020. Di partai final, mereka menghadapi Chelsea. Duel sesama tim asal London ini berjalan ketat. Namun, The Gunners sukses meraih kemenangan atas The Blues dengan skor 2-1.

Chelsea tampil menggebrak di awal laga. Christian Pulisic membawa tim unggul saat laga baru berjalan 5 menit. Arsenal yang tertinggal berhasil membalikkan keadaan melalui brace Pierre-Emerick Aubameyang. Hasil tersebut tidak berubah hingga laga berakhir. Arsenal sukses merengkuh titel juara ke-14 sekaligus mengukuhkan diri sebagai tim tersukses di Piala FA.

2. Leicester City menjuarai Piala FA pertama pada 2020/2021

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!Leicester City menjuarai Piala FA 2020/2021. (thefa.com)

Leicester City sukses mencatatkan pencapaian istimewa saat menjuarai Piala FA 2020/2021. Gelar juara ini merupakan yang pertama sepanjang sejarah. Hasil ini diperoleh usai mengalahkan Chelsea di partai final dengan skor tipis 1-0.

Sepanjang laga, Chelsea sejatinya lebih mendominasi permainan. The Blues berulang kali melancarkan serangan. Namun, solidnya pertahanan Leicester dan penampilan gemilang kiper Kasper Schmeichel menjadi pembeda. Satu-satunya gol di final ini tercipta berkat tendangan spektakluler Youri Tielemans dari luar kotak penalti.

Baca Juga: 4 Pemain Leicester City dengan Gol Terbanyak di Championship 2023/2024

3. Liverpool juara Piala FA dengan susah payah pada 2021/2022

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!Liverpool menjuarai Piala FA 2021/2022. (x.com/LFC)

Liverpool berhasil keluar sebagai juara Piala FA 2021/2022. Kesuksesan ini diperoleh dengan susah payah ketika menghadapi Chelsea di partai final. Bermain imbang tanpa gol pada waktu normal, tim besutan Juergen Klopp menang via adu penalti dengan dengan skor 6-5.

Solidnya pertahanan masing-masing tim membuat laga berjalan alot. Liverpool dan Chelsea saling melancarkan serangan, tetapi gol tidak kunjung tercipta. Adu penalti akhirnya menjadi penentu pemenang. Chelsea sempat gagal ketika tendangan Cesar Azpilicueta membentur tiang gawang.

Namun, lesakan Sadio Mane ditepis sehingga skor sama kuat. Alisson menjadi pahlawan dengan menepis sepakan Mason Mount. Kostas Tsimikas sebagai eksekutor terakhir sukses menyegel kemenangan sekaligus membawa Liverpool meraih trofi kedelapan.

4. Manchester City merengkuh trofi ketujuh setelah keluar sebagai juara pada 2022/2023

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!Manchester City menjuarai Piala FA 2022/2023. (x.com/ManCity)

Derbi Manchester menjadi suguhan panas pada partai final Piala FA 2022/2023. Manchester City saling bentrok dengan Manchester United di Wembley. Tim besutan Pep Guardiola berhasil meraih kemenangan dengan skor ketat 2-1.

Manchester City memberi kejutan dengan mencetak gol tercepat di Piala FA. Baru memasuki detik ke-12, Ilkay Guendogan sudah membawa tim unggul. Manchester United sempat menyamakan skor via penalti Bruno Fernandes. Namun, Guendogan mencetak gol keduanya sekaligus memasitkan Manchester City keluar sebagai juara untuk yang ketujuh kalinya.

5. Manchester United menjuarai Piala FA ke-13 usai menjadi kampiun pada 2023/2024

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Manchester United Terbaru!Manchester United menjuarai Piala FA 2023/2024. (manutd.com)

Final ulangan musim lalu terjadi di Piala FA 2023/2024. Derbi panas kota Manchester menjadi suguhan di partai puncak. Manchester City kembali ditantang Manchester United. Namun, jalan cerita pada final kali ini berbeda. Skuad asuhan Erik ten Hag sukses membalas kekalahan final sebelumnya dengan meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Manchester United sejatinya tidak diunggulkan di final ini. Inkonsistensi yang dialami sepanjang musim membuat mereka diprediksi kalah. Di luar dugaan, mereka justru tampil berbeda dengan mencetak dua gol dalam waktu berdekatan.

Alejandro Garnacho dan Koibee Mainoo mencatatkan namanya di papan skor sebelum jeda babak. Manchester City sempat membalas satu gol melalui Jeremy Doku. Namun, hal tersebut tidak cukup. Manchester United berhasil mempertahankan skor dan memastikan meraih gelar juara Piala FA.

Berkat menjuarai Piala FA, Manchester United kini sudah mengoleksi 13 trofi. Setan Merah menjadi klub kedua dengan trofi terbanyak kompetisi sepak bola tertua ini. Mereka hanya kalah dari Arsenal yang mempunyai 14 trofi. Namun, potensi untuk menyamai bisa saja terjadi dalam waktu dekat. Akankah hal tersebut dapat terjadi? Menarik dinantikan.

Baca Juga: 4 Manajer asal Belanda yang Pernah Menjuarai Piala FA

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya