5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!

Para pemain ini masih menjadi andalan The Reds

Liverpool telah menunjukkan kebangkitan sejak dilatih oleh Juergen Klopp. Hal itu tidak terlepas dari peran penting para pemain di dalam skuad. Mereka merupakan garda terdepan untuk membuat The Reds kembali kompetitif di berbagai ajang dan kembali meraih kejayaan.

Setiap musimnya, para pemain akan ada yang datang dan pergi. Namun, terdapat juga pemain yang memiliki loyalitas tinggi. Mereka mampu bermain dengan performa apik di atas lapangan sehingga bisa bertahan lama. Para pemain ini masih menjadi andalan berkat konsistensi yang ditunjukkan.

Siapa saja mereka? Berikut lima pemain Liverpool dengan masa bakti terlama saat ini.

1. Joe Gomez sudah bergabung dengan Liverpool sejak 2015

5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!Joe Gomez (liverpoolfc.com)

Joe Gomez direkrut Liverpool dari Charlton Athletic pada musim panas 2015. Ia datang ke Anfield sebagai bek muda potensial. Usianya masih 18 tahun ketika bergabung bersama The Reds. Musim 2023/2024 merupakan tahun kesembilannya berseragam Liverpool.

Awal karier Gomez di Liverpool sempat terhambat akibat cedera anterior cruciate ligament (ACL). Cedera itu dialaminya saat membela Inggris U-21 di ajang internasional pada Oktober 2015. Hal itu membuatnya absen selama 17 bulan untuk menjalani pemulihan. Ia baru bermain kembali pada Januari 2017.

Setelah cedera itu, Gomez menunjukkan peningkatan kualitas secara signifikan pada periode 2017–2020. Duetnya bersama Virgil van Dijk menjadi tembok kokoh dengan torehan gelar juara Liga Champions Eropa dan English Premier League. Sempat menepi lagi akibat cedera lutut pada November 2020 hingga Juni 2021, ia kini kembali tersedia dalam skuad. Sejauh ini, ia sudah bermain sebanyak 182 pertandingan di semua ajang.

2. Joel Matip datang secara gratis dan menjadi salah satu bek senior

5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!Joel Matip (liverpoolfc.com)

Joel Matip merupakan salah satu pemain senior yang dimiliki Liverpool. Ia bergabung pada musim panas 2016 secara gratis usai kontraknya habis bersama Schalke 04. Bek asal Kamerun ini disebut Juergen Klopp sebagai penandatanganan bebas transfer terbaik di era kepelatihannya.

Bek kelahiran 8 Agustus 1991 ini menjadi sosok senior dalam skuad Liverpool saat ini. Usianya kini sudah menginjak 32 tahun. Matip telah membela The Reds selama delapan tahun. Sosoknya sebagai pemain berkualitas mampu menghadirkan banyak gelar bergengsi ke Anfield.

Sejauh ini, Matip telah mentas dalam 194 laga dengan sumbangsih 11 gol dan 6 assist. Salah satu momen ikonisnya adalah memberi assist kepada gol Divock Origi pada final Liga Champions 2018/2019 antara Liverpool kontra Tottenham Hotspur. Gol tersebut sekaligus menyegel kemenangan 2-0 dan membawa The Reds meraih titel keenam Si Kuping Besar.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 32 sebelum Joel Matip

3. Trent Alexander-Arnold adalah didikan akademi Liverpool yang menjadi bek kanan kelas dunia

5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!Trent Alexander-Arnold (liverpoolfc.com)

Trent Alexander-Arnold merupakan pemain yang diorbitkan Juergen Klopp dari akademi Liverpool. Debutnya di skuad utama terjadi saat Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur pada 25 Oktober 2016 di putaran keempat Piala Liga Inggris. Ia kemudian berkembang menjadi salah satu bek kanan kreatif hingga saat ini. 

Musim kedelapan Alexander-Arnold pada 2023/2024 ditandai dengan peran baru. Ia diberi kepercayaan menjadi wakil kapten untuk mendampingi Virgil van Dijk sebagai kapten utama. Sebagai pemuda asli Liverpool, hal tersebut menjadi impian yang terwujud untuk memimpin klub di usianya yang masih 25 tahun.

Pemain bertinggi 180 cm ini reguler menjadi andalan di sisi kanan pertahanan Liverpool. Kemampuan ofensifnya terlihat menonjol dengan catatan 16 gol dan 73 assist dari 280 penampilan. Alexander-Arnold juga dikenal piawai melakukan umpan lambung terukur dan menjadi salah satu yang terbaik saat ini.

4. Mohamed Salah merupakan andalan lini serang sekaligus mesin gol Liverpool

5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!Mohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah menunjukkan statusnya sebagai pemain kelas dunia bersama Liverpool. Diboyong dari AS Roma pada musim panas 2017, ia berkembang menjadi pemain haus gol. Ia telah memasuki musim ketujuh berseragam The Reds pada 2023/2024 kali ini. 

Catatan 192 gol dan 83 assist dari 295 pertandingan menjadi bukti ketajaman Salah di lini serang Liverpool. Pemain asal Mesir ini pernah membentuk trio legendaris bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane. Ketiganya aktif menjadi keran gol The Reds pada periode 2017–2022.

Winger berusia 31 tahun ini masih terikat kontrak hingga 2025 mendatang. Namun, potensinya untuk bertahan lebih lama lagi di Anfield terbuka lebar. Peran pentingnya di dalam skuad dan keinginannya untuk pensiun di Liverpool menjadi bukti loyalitasnya.

5. Andrew Robertson berkembang menjadi bek kiri top sejak bergabung dengan Liverpool

5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!Andrew Robertson (liverpoolfc.com)

Andrew Robertson datang bukan sebagai pemain top pada musim panas 2017. Liverpool merekrutnya dari Hull City yang kala itu degradasi dari Premier League 2016/2017. Kondisi tim saat itu yang sedang krisis bek kiri dianggap tidak cermat dalam membeli pemain.

Seiring waktu, Robertson bekerja keras untuk mendapatkan tempat utama. Ia perlahan menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Liverpool. Kontribusinya dalam bertahan dan menyerang yang sama baiknya membuatnya berkembang menjadi pemain top.

Musim 2023/2024 merupakan tahun ketujuhnya bersama Liverpool. Sejauh ini, ia sudah bermain dalam 275 pertandingan di semua ajang. Ia berkontribusi secara produktif melalui 6 gol dan 63 assist. Kini, ia merupakan sosok sulit tergantikan di skuad utama. 

Para pemain di atas hingga saat ini masih menjadi andalan di skuad Liverpool. Loyalitas mereka ditunjukkan dengan performa apik di atas lapangan. Hal itu yang membuat mereka bisa bertahan lama di Anfield dan sukses menghadirkan deretan trofi bergengsi untuk The Reds.

Baca Juga: Hakim Garis yang Sikut Andrew Robertson Ditepikan Sementara 

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya