5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier League

Selalu suguhkan duel sengit!

Salah satu laga sarat gengsi akan tersaji pada pekan ke-36 English Premier League 2023/2024. Tottenham Hotspur mesti berkunjung ke markas Liverpool. Duel ini berlangsung di Anfield pada Minggu (5/5/2024) pukul 22:30 WIB.

Jika melihat penampilan belakangan, kedua tim sama-sama mengalami penurunan performa jelang akhir musim. Bagi Liverpool sendiri, potensi juara Premier League terlepas begitu saja. Sementara itu, Tottenham gagal menembus zona Liga Champions Eropa musim depan akibat inkonsistensi. Pertemuan ini bisa menjadi momentum kebangkitan keduanya.

Pertemuan kedua tim selalu menyuguhkan permainan yang sengit. Jelang bentrokan mereka, berikut lima pertandingan terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier League.

1. Liverpool dan Tottenham bermain imbang 2-2 pada 2021/2022

5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier LeagueTottenham Hotspur melawan Liverpool di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Liverpool berkunjung ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ke-18 Premier League 2021/2022. Duel ini berjalan dengan sengit dan saling jual beli serangan bagi kedua tim. Laga ini berakhir sama kuat dengan skor imbang 2-2.

Bertindak sebagai tuan rumah, Tottenham mampu mencetak gol terlebih dahulu melalui Harry Kane pada menit ke-13. Tak berselang lama, Diogo Jota membawa Liverpool menyamakan skor. Tim tamu berbalik unggul usai Andrew Robertson membuat gol pada menit ke-69. Namun, 5 menit kemudian, Son Heung Min menciptakan gol untuk memaksakan laga berakhir imbang. 

2. Pada pertemuan kedua 2021/2022, Liverpool dan Tottenham kembali bermain seri

5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier LeagueLiverpool melawan Tottenham Hotspur di Premier League 2021/2022. (premierleague.com)

Liverpool dan Tottenham Hotspur kembali bersua pada pekan ke-36 Premier League 2021/2022. Kali ini, duel dihelat di Anfield dan pertarungan berakhir antiklimaks. Kedua tim kembali berbagi satu poin usai laga yang berkesudahan dengan hasil imbang 1-1.

Sejak awal laga, Liverpool mendominasi jalannya permainan. Namun, mereka mengalami kebuntuan untuk mencetak gol. Tottenham justru mampu mencuri gol dahulu melalui Son Heung Min pada menit ke-56. Liverpool yang tertinggal berusaha menekan lebih gencar. Gol penyama baru hadir melalui Luis Diaz pada menit ke-74 dan skor ini bertahan hingga akhir laga. 

Baca Juga: 5 Manajer Top yang Pernah Menolak Liverpool, Klopp Salah Satunya!

3. Brace Mohamed Salah membawa Liverpool menang di markas Tottenham Hotspur pada 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier LeagueTottenham Hotspur melawan Liverpool di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Pertemuan ketat kembali tersaji pada musim baru Premier League 2022/2023. Bertemu pada pekan ke-15, Liverpool dan Tottenham Hotspur bermain sengit. Mentas di Tottenham Hotspur Stadium, tim besutan Juergen Klopp mencatatkan kemenangan 2-1. 

Laga ini sejatinya berjalan seimbang bagi kedua tim. Namun, Mohamed Salah tampil menjadi pembeda di laga ini. Ia mencetak dua gol untuk membantu Liverpool mencuri tiga poin. Sementara itu, Tottenham hanya bisa menciptakan satu gol melalui Harry Kane.

4. Hujan gol tercipta saat Liverpool menumbangkan Tottenham pada pertemuan kedua 2022/2023

5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier LeagueSelebrasi para pemain Liverpool usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di Premier League 2022/2023. (premierleague.com)

Pertandingan intensitas tinggi dengan kejar-kejaran gol terjadi saat Liverpool menjamu Tottenham Hotspur di Anfield. Duel pertemuan pekan ke-34 Premier League 2022/2023 ini berjalan sengit. Pertarungan dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor akhir 4-3. 

Liverpool tampil menggebrak pada 15 menit awal berjalannya laga. Mereka mencetak tiga gol cepat melalui Curtis Jones, Luis Diaz, dan Mohamed Salah. Tottenham merespons melalui gol Harry Kane pada menit ke-40. Son Heung Min lalu memperpendak jarak skor dengan mencetak gol pada menit ke-70. Asa Tottenham membawa pulang poin sempat terbuka saat Richarlison membuat gol pada menit ke-90+3. Namun, Liverpool berhasil memastikan kemenangan dramatis berkat lesakan Diogo Jota pada menit ke-90+5.

5. Pada pertemuan perdana 2023/2024, Tottenham menang kontroversial atas Liverpool

5 Pertemuan Terakhir Liverpool dan Tottenham Hotspur di Premier LeagueTottenham Hotspur melawan Liverpool di Premier League 2023/2024. (premierleague.com)

Laga kontroversial terjadi ketika Liverpool bertandang ke markas Tottenham Hotspur pada pekan ketujuh Premier League 2023/2024. Duel ini berlangsung ketat dengan intensitas panas. Tim besutan Ange Posteceglou meraih kemenangan atas Liverpool dengan skor 2-1. 

Pertarungan berjalan sengit pada awal laga. Liverpool harus bermain dengan sepuluh orang setelah keputusan kontroversial wasit yang memberi kartu merah kepada Curtis Jones pada menit ke-26. Luis Diaz sempat mencetak gol, tetapi VAR menganulir karena dianggap offside. Namun, jika dilihat dari tayangan ulang, maka Diaz onside. Keputusan ini menjadi kontroversial, tetapi gol tetap tidak disahkan untuk Liverpool. Tottenham lalu mencetak gol melalui Son Heung Min pada menit ke-36. Liverpool kemudian membalas melalui Cody Gakpo jelang turun minum. 

Selepas jeda babak, Liverpool bermain ngotot. Sayangnya, keadaan tidak menguntungkan pasukan Juergen Klopp. Diogo Jota mendapatkan kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-69. Liverpool kemudian bermain dengan sembilan orang. Tottenham yang unggul jumlah pemain terus menekan. Kesialan tampak tak berhenti menimpa Liverpool. Sudah mati-matian menjaga pertahanan untuk tidak kebobolan, gol bunuh diri Joel Matip pada menit ke-90+4 membuat Liverpool mengalami kekalahan. 

Dari 5 pertemuan di atas, Liverpool lebih unggul dengan catatan 2 kemenangan. Tottenham hanya menang sekali, sedangkan sisanya berakhir sama kuat. Laga kali ini berpotensi kembali menghadirkan pertarungan sengit. Kemenangan menjadi momentum kebangkitan setelah inkonsistensi permainan. Menurutmu, siapa yang akan jadi pemenang?

Baca Juga: 5 Pemain Tottenham yang Bikin Gol Bunuh Diri di North London Derby

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Ad meliora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya