Comscore Tracker

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Brasil Atas Swiss

Brasil memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Brasil susah payah merebut tiga poin dari Swiss dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2022. Mentas di Stadion 974, Senin (28/11) malam WIB, tim Selecao menang tipis 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan Brasil diciptakan gelandang Manchester United, Casemiro. Dia mencatatkan namanya di papan skor melalui sepakan cantik saat laga berlangsung 86 menit.

Kemenangan ini juga memastikan Brasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, sekaligus membuat tim besutan Tite mampu menjaga gawangnya tetap perawan hingga laga kedua Piala Dunia edisi kali ini berlangsung.

Selain itu, ada beberapa catatan unik yang lahir di balik duel Brasil melawan Swiss. Apa saja itu? Berikut IDN Times sajikan faktanya.

1. Casemiro sang pemecah kebuntuan

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Brasil Atas SwissCasemiro cetak gol untuk kemenangan Brasil 1-0 kontra Swiss di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Laga Brasil kontra Swiss berlangsung alot sejak babak pertama. Sempat alami deadlock, tak ada gol yang tercipta hingga 20 menit sisa waktu di babak kedua.

Brasil memecahkan kebuntuan lewat gol yang dicetak Casemiro (83'). Gol ini sekaligus memastikan kemenangan Brasil atas Swiss dengan skor 1-0.

Gol ini sebenarnya bisa saja jadi gol kedua Brasil. Di menit ke-64, Vincius Jr membobol gawang Yann Sommer. Namun, gol Vincius dianulir dan dinyatakan offside.

Menariknya, Casemiro membuat catatan manis usai mencetak gol. Dia kini menyamai catatan gol legenda Brasil, Kaka, mencetak satu gol di Piala Dunia. Torehan itu lebih spesial mengingat dia merupakan gelandang bertahan.

Baca Juga: Menang Tipis Atas Swiss, Brasil Lolos ke Babak 16 Besar

2. Brasil lolos ke 16 besar 2022

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Brasil Atas SwissTimnas Brasil memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai taklukkan Swiss dengan skor 1-0 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kemenangan tipis Brasil kontra Swiss memastikan Brasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Mereka menjadi negara kedua yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah Prancis.

Ya, sang juara bertahan memastikan diri memecah kutuk juara bertahan usai menaklukkan Australia (4-1) dan Denmark (2-1).

Kemenangan Brasil atas Swiss ini merupakan kemenangan kedua usai sebelumnya menaklukkan Serbia 2-0. Itu jadi rekor tersendiri, karena Brasil mampu memenangkan dua laga awal di ajang empat tahunan ini. Catatan serupa terakhir kali diraih pada 2010.

3. Belum kebobolan di Piala Dunia

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Brasil Atas SwissTimnas Brasil memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai taklukkan Swiss dengan skor 1-0 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Brasil menorehkan catatan manis di dua laga Piala Dunia 2022. Mereka masih jadi pemuncak di Grup D dan jadi satu-satunya tim yang melakukan cleansheet di Piala Dunia kali ini.

Pada laga matchday pertama, Brasil menang 2-0 melawan Serbia.

Opta juga mencatat, Brasil sebagai negara kedua yang tidak menghadapi shot on target di dua laga perdana mereka di gelaran Piala Dunia. Catatan manis yang sama sebelumnya diraih Prancis pada 1998 lalu.

Baca Juga: Permintaan Pelatih Brasil: Tolong Jangan Kasari Neymar!

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya